[Spark Ignition Engine] Up Grade Performa New Vixion Lightning : Perbaiki Sistem Intake

ymjet

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera bagi kita semua, semoga kita semua selamat di jalan.

Dari pembahasan di artikel yang lalu tentang posisi power maksimum dari NVL (New Vixion Lightning) yang terletak di rpm lebih rendah dari kompetitor (cb150r), yang membuatnya nyaman di rpm rendah tapi harus bertekuk lutut di rpm tinggi. Maka jika ditinjau dari sistem intake (inlet) nya, posisi power maks NVL bisa digeser dengan beberapa langkah, baik yang gampang maupun yang susah.

Perhatika persamaan berikut:

rpm fungsi gs

tabel gs

Kalau dilihat dari persamaan di atas, maka untuk menggeser posisi power max ke rpm yang lebih tinggi adalah dengan memperbesar gas speed dan/atau melebarkan klep intake. Melebarkan klep in/memperbesar diameter klep in, jelas susah, karena harus merubah struktur mesin, teknik ini kita obrolin aja lain kali. Nah yang kita obrolin sekarang adalah bagaimana meningkatkan gas speed tanpa memperlebar klep in. Sebenarnya kalo kita membicarakan gas speed, maka kita pasti akan menuju pada pencapaian efisiensi volumetrik dari mesin. Jika kita bisa meningkatkan gas speed, maka efisiensi volumetrik (EV) saat mesin berkitir pada rpm tinggi akan meningkat secara signifikan. Dengan demikian akan memperlebar band dari power max-nya sampai ke rpm yang lebih tiinggi.

Untuk meningkatkan gas speed, maka saluran masuk campuran udara-bbm harus diperlancar. Maka komponen2 yang terlibat di saluran intake harus di-upgrade, yaitu :

1. Bukaan klep in dan ex diatur ulang (susah karena butuh ketelitian), alias camshaft harus diganti dengan versi upgrade. Cara gampangnya ya beli camshaft racing, cara ini PnP tapi butuh dana. Mau yang ngirit? ya silahkan gerinda sendiri camshaft orinya, atau camshaft kw (beli di toko variasi, yg ori disimpen). Gerinda camshaft kw dengan menjiplak orinya, hanya saja dimodif sedikit, disektor :

a. liftnya, gerinda base circle sekitar 0,8-1mm, maka akan meningkatkan tinggi nose 0,8-1mm

b. durasinya, jadikan sekitar 280-290 derajad, overlap sedikit diperlebar (gampangnya copy aja camshaft racing NVL, kalo dah ada)

2. porting (susah karena harus bongkar head cylinder), gerinda bagian2 dari porting yang mengakibatkan hambatan laju masuknya campuran udara-bbm. jangan sampai licin karena akan mengakibatkan pengebunan pada bbm, sehingga menurunkan homogenitas campuran udara-bbm.

3. lebarkan diameter tb/throttle body (wah berat kalo harus ganti tb)

4. lancarkan aliran udara di box filter (nah ini yg gampang), kosongkan boxnya (filter disimpan), lebarkan lubang masuknya dan ganti dengan filter racing (untuk meminimalisir masuknya debu ke ruang bakar).

Lalu bagaimana dengan perbandingan udara dan bahan bakar (AFR), kalo udara yang masuk kebanyakan, karena langkah2 diatas?

Kalau peningkatan EV-nya tidak ekstrim, maka serahkan AFR pada MCU orinya, karena MCU akan menerima laporan dari sensor O2 yang ada di port exhaust (keluaran) di pangkal knalpot, bahwa AFR sekarang menjadi terlalu miskin, mudah2 an MCU-nya faham untuk segera men-set ulang pengapian dan menyemprotkan bbm lebih banyak.

Kalau peningkatan EV-nya ekstrim karena ikut mengaplikasikan turbo atau ram-air induction, ya terpaksa sensor O2 dimanipulasi. Caranya gampang :

1. periksa di datasheed sensor O2, hubungan antara tegangan keluaran sensor dengan konsentrasi O2. Pembakaran kurang sempurna,  konsentrasi O2 kecil, bensin terlalu kaya, O2 sudah habis terbakar sementara bbm belum habis. Kalo campuran miskin maka konsentrasi O2 besar.

2. kalo sudah tau langkah 1, maka kita harus bisa membangkitkan tegangan pengganti inputan dari sensor O2 (ini yang disebut O2 sensor manipulator), yang menginformasikan ke MCU seakan2 campuran udara-bbm dalam kondisi miskin terus, sehingga MCU akan memerintahkan injektor untuk menyemprotkan bbm lebih banyak.

Kira2 sampai disini dulu obrolan kita, ini hanyalah obrolan yang didasarkan atas teori2 yang dijabarkan oleh beberapa orang ahli yang telah mempraktekkannya.

Kesemuanya belum ane coba, jadi bagi yang lebih ahli, monggo dibetulkan kalo ada yang salah. Dan bagi yang dah pernah nyoba trik-tip seperti di atas, sudi kiranya untuk berbagi dengan kita2, agar bisa menjadi pencerahan dan pencerdasan otomotif bagi kita semua.

Mohon maaf kalo ada yang keliru, semoga bermanfaat

Advertisements

$where = 0;

45 responses to “[Spark Ignition Engine] Up Grade Performa New Vixion Lightning : Perbaiki Sistem Intake

  1. nyimak….om punya referensi bukunya gak? mo cari biar tambah ilmu.

  2. joss gan, masih kurang nampol ya mesinnya. orang tuh ga ada puasnya. tp josslah usahanya
    http://sarikurnia980.wordpress.com/

    • namanya juga orang dagang, mirip2 kaya orang jualan korma waktu puasa. luarnya bagus2, dalemnya bosok.
      makanya jadi konsumen harus pinter, biar nggak dikibulin.
      jadi fans boy juga harus pinter agar bisa kasih pencerahan buat konsumen, agar konsumen nggak nyesel setelah beli motor, karena telah mendapatkan pencerahan berupa kelebihan dan kekurangan produk/motor tersebut

  3. Kalo udah porting trus udah pake part racing tapi knalpot msh standar hasil ny bagus ga mas? Takut sm pak polisi kl pake knalpot racing

    • idealnya sih saluran exhaust yang terdiri dari klep ex, porting dan knalpot juga harus di-upgrade biar imbang, antara aliran masuk dan keluar.
      tapi kalo peningkatan EV nggak signifikan, misalnya dengan hanya menggunakan filter dan camshaft racing, maka ane rasa knalpot std masih bisa dipake.
      peningkatan power sdh terasa, tetapi kalo pake knalpot racing/free flow, maka tenaga akan lebih terasa lagi.
      mungkin di bawah ane, yg lebih pengalaman ada yang bisa nambahin.

  4. achmad grand pacul

    Sori mas bro klw menurut ane lbih mudah pke camshaft racing misal merk maxtreme durasi 280 drjt, harga 500 rbuan pnp dn sdh teruji d vixion lama power rpm atas di kisaran 10rbuan, yg mau contact aja vj racing speed d fb jg ada 🙂

    • bener juga ente bro achmad,
      tapi ya itu, harus beli, tapi untuk NVL kita jangan gegabah menganggap camshaft-nya sama dengan old vixion/oldV (soalnya ane belum tau, nih. kalo ada yg dah tau mohon di share). Jangan2 camshaft NVL dah mengalami upgrade dibandingkan oldV, jadi cam yg sekarang dah mirip2 cam racing-nya oldV.
      btw trimakasih dah mampir bro

    • Apakah aman saat overlife nya untuk motor harian atau harus ubah derajat klep in ex nya om?

      • ngga amanlah
        kan tujuannya memang bukan buat harian yang berumur panjang
        kalau dilakukan seperti ini malah jatuhnya boros bbm

        mengubah derajad klep kalau ngga ada perlunya mubadzir, mending standar

  5. kadang realita beda dengan teori

    • itu sudah pasti pak bro tarno. dalam dunia teknik sangat sering kita jumpai grafik teori dan realita (hasil pengukuran) yang berbeda. Penyebab yang paling umum adalah :
      1. pada saat merancang teori/rumusan ada variabel2 yang masih belum diikutsertakan, alias kurang komprehensif. jadi perlu diberikan faktor koreksi pada teori tersebut.
      2. terjadinya anomali pada salah satu/lebih variabel dalam teori tersebut yang sebelum tidak diperhitungkan
      3. biasanya rumus dibentuk dari hasil pengukuran yang membentuk statistik, yang kemudian diregresi. bisa saja saat dibandingkan dengan realita kebetulan terletak pada daerah yang deviasinya besar.

  6. Salam kenal om Bro….
    ane dah baca artikel2 ente semuanya,bingung juga coz ane dari tehnik mesin jahit wkwkwkwk…..

    ane lagi pusing dgn bunyi cam Cibi ane om,bila dibawa ke Beres suaranya malah ilang,kada pada saat lampu merah ada bunyikeluar,gimana kita claim om,kata SA bengkel kalo keluar suaranya baru datang lagi untuk diperiksa,tapi bila tiap deket Beres suara ilang ampe dites mekanik2 ga keluar2,jadi ga bisa diclaim

    makasih info2nya om bro

    • kalo menurut perkiraan ane nih, saat di lampu merah, ente dah jalan agak lama (mungkin) mesin dah panas banget, oli dah encer banget, suara mesin jadi lebih nyaring. Nah pas sampe bengkel, biasanya kan antri, mesin jadi agak adem, oli juga adem dan mulai mengental kembali, sehingga pas mesin dinyalakan pada saat itu suara lebih teredam/lebih senyap, karena diredam oleh kekentalan oli yg adem tsb.
      Seandainya, saat setelah manasin mesin pagi hari selama 2-3 menit, suara mesin nggak muncul, maka kesimpulan sementara mesin cb bro adibo ok2 aja.
      Saran ane, coba ganti oli yang lebih bagus, dan kalo trek harian ente selalu panas (siang dan macet) maka coba pake viskositas yg 20/50w.

  7. sangat menarik ulasannya menarik sangat ….. josssssss

  8. dari pada ganti komponen di areal mesin bukannya lebih gampang memaksimalkan setingan ECU nya aja dulu. itu klo pakai ECU yang unlock lo ya

    • menurut pengalaman2 tuner sih, ngoprek noken-as efeknya lebih besar daripada ngoprek ECU + Knalpot. Ntar deh ane buatin masalah ECU/CDI, kebetulan ane pernah penelitian bikin CDI terprogram menggunakan MK Atmel

  9. Wah ra mudeng. 16,5 ps dah cukup lah buatku, hehe..

  10. sip,mio karbu gmn???

    • kalo mio sih dah joss,nggak usah diapa2in. Ane sering ngeliat mio, akselerasinya mantep, tapi nggak tau topspeednya.
      Pada prinsipnya korek/oprek motor 4-tak untuk harian, sekedar street performance, sama saja, sekitar porting n polish, modif camshaft, naikin mainjet 1-2 step, lepas filter/ganti racing dan ganti knalpot free flow. Kalo masih ada duit, tambahin CDI, busi dan koil racing.

      • yamaha emang jual tampang doang..
        masa ukuran klep nvl 150 cc masih sama jupi mx 135cc.

      • Buat NVL, cara ningkatin VE itu apa bner dengan motong pipa/semacam pipa yg ada d dlam box filter udara? Apa harus copot box filter udaranya sekalian trus pasang filter corong yg biasanya kayak d karbu” gt om?
        Td ane udh potong d Beres, mekanik bilang klo RPM bakal naik, tp pas ane test d jalan (malem) gear 3 ttep mentok d 89kpj@10400.
        Nah kira” motongnya yg salah (g pke ukuran) atau gmna gt?

        Makasih infonya om 😀 anda keren

        • ya jelas bro, lha wong ecu nya masih standar limiternya ya di 10500
          coba ganti ecu racing dan limiternya di tinggikan

          • Jadi yg bgitu tu g nambahin speed pada batas tertentu kah om?
            Misal: std= 89kpj@10400
            Walaupun VE udh 100% dy speed ttep d 89kpj@10400?
            D ketahuinya apa cma bsa dr dynotest?

          • VE naik percuma jika tidak bisa diimbangi oleh ECU untuk menginstruksikan agar injector mengeluarkan bensin lebih banyak untuk mencapai afr yg diinginkan
            Misalnya dengan mengganti injector srp yang debitnya lebih besar, akhirnya bisa mengikuti kenaikan ve, selama limiternya masih std yang topspeednya tetap, hanya saja untuk mencapainya dibutuhkan waktu yang lebih singkat
            kalau topspeednya mau naik, ganti gir belakang dengan yang lebih kecil, atau gir depan dengan yang lebih besar

  11. mendingan ganti cdi racing,koil rcng,busi racing..dah aman buat harian bro

  12. ada info rekomendasi bengkel buat upgrade newvixion yang terbukti terpercaya gak ? ( ada garansi gitu )

  13. Kalau sampai EV berubah software MCU harus update, karena sudah melewati toleransi, dan O2 SENSOR sepedamotor NVL masih narrow band, cuma untuk kontrol emisi bukan untuk performance. Terimakasih untuk tulisannya, mantap.
    Salam,
    bengkelsepedamotor

  14. Pingback: New Vixion Lightning “Nggak” Keok Lagi, Siap Hadapi Tantangan CB150r, CBR150 atau P200NS (Ubahan Tahap 1) | motorgoodness

  15. Pingback: New Vixion Lightning “Nggak” Keok Lagi, Ubahan Tahap 2 | motorgoodness

  16. Pingback: New Vixion Lightning “Nggak” Keok Lagi, Ubahan Tahap 2 | Blog Otomotif iToday

  17. Pingback: Mesin dengan Karakter Over Bore, ….” Pasti !! “….Pilihan Rider yang Cinta Kecepatan (Speed Lover) | motorgoodness

  18. Ane dah pke 02 manipulator ceetah power(low-mid +6,mid-high+8),potong 1/4 cover box flter mantap agan2..

  19. MCU=Medical Cek Up ya???
    Atau maksudnya ECU??

  20. If you wish for to take a great deal from this article then you have to apply
    these methods to your won webpage.

  21. Waah, baru paham ane om 😀 ulasan menarik dg gaya bahasa oral. 😀 mkasih bnyak lampunya om, anda keren 😀

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan