[Kisah Kecelakaan Ku] Pentingnya Helm dan Kaca Spion


NC49241lg

Asslamu’alaikum wR wB,

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di jalan.


Kisah ini asli merupakan kecelakaan karena kelalaian, akan tetapi Tuhan YME, Allah SWT masih menyelamatkan dengan perantaraan helm yang ane pake.

Kisahnya terjadi sekitar tahun 1995-an, saat itu ane bersama temen yang kakinya patah, gara2 ngebut pake motor ane (grand black 93), berkendara santai dari tapak doro menuju gondang legi. Maklum jalan santai, naek motor sambil ngobrol2 mengenai kakinya yang patah tsb, kendaraan didepan juga nyantai. Sampai di perempatan pasar kebalen, malang, jl. gatot subroto, kendaraan padat merayap, jadi tambah nyantai. Kebetulan didepan ane truk sampah dengan bak besi jalannya pelan, membuat ane tambah lengah. Tiba2…..

“BRAAKKK…!!!!”

ban depan motor dah masuk kolong bak truk, motor nggloyor tanpa di rem. Untungnya motor masih tertahan 2 gagang besi-kaca spion yg nyangkut di bak truk. Rupanya ada sesuatu yg tiba2 menghalangi truk, sehingga sang supir ngrem mendadak. Dan karena ane dah sangat deket, nggak sadar kalo truk itu ngerem.

cost-327

 

Kira kejadiannya mirip kaya gini

Walaupu cukup pelan, tapi insiden itu tanpa pengereman sama sekali, sehingga akibat motor terganjel bak truk, maka body ane dan temen ane kelempar ke depan. Dan yang patut disyukuri adalah yang mencuim bak truk adalah muka ane yang kebetulan make helm fullface. Nggak ada luka sama sekali, cuma gagang kaca spion yang lecet, dan leher ane yg agak pegel nahan badan pake kepala.

Pelajaran yang bisa diambil dari kejadian ini adalah :

1. tetap waspada meskipun jalanan dalam kondisi pelan dan santai

2. tetap konsentrasi pada kerjaan utama kita saat itu, yaitu mengendari motor dengan benar.

3. berusahalah untuk mendapatkan pandangan yg jauh kedepan (jangan deket truk/kendaraan besar yg bisa menghalangi pandangan kita) .

4. gunakan helm, kalo bisa fullface, saat naik motor.

5. kaca spion standar punya keguanaan lain, yaitu menahan motor agar nggak masuk kolong truk.

tkp nabrak truk

 

Kejadiannya di jalan yang ane lingkarin merah

Demikan kisah lecelakaan ane, semoga tidak terulang baik bagi ane pribadi, maupun para pembaca.

Lebih kurangnya mohon maaf, Semoga bermanfaat, was Salamu’alaikum wR wB.

Advertisements

11 responses to “[Kisah Kecelakaan Ku] Pentingnya Helm dan Kaca Spion

  1. ya ga pakai helm dan spion mungkin dah sakti.
    lebih waspada di jalan gan
    http://sarikurnia980.wordpress.com/

    • bukan merasa dah saktisih mereka
      tapi menurut mereka kalau nggak pake helm atau nggak pasa spion tampang jadi keren
      anggapan ini yang harus diperbaiki

  2. Pernah jatuh dr motor dengan kondisi tengkurap untungnya pake helm full face, coba bayangkan pake helm open face.
    Pakelah helm full face lebih “safety”

    • ane juga pernah , jatoh dlosor yang kayak gitu. muka nggak apa, cuma gores dikit di dagu, tapi dengkul bengkak ketindian motor, 2 minggu nggak bisa bengkok dengan sempurna.

  3. Aku baru 2 bulan kemarin kecelakaan tunggal. Gara2nya ya kurang waspada berkendaraan. Selepas pintu kereta di lamongan karena jalan kosong saya geber megapro sampe mentok gas, lupa kalau di depan rs muhammadiyah lamongan ada jembatan mirip polisi tidur raksasa yg banyak orang nyebrang. Gara2 ngerem tiba2 waktu kecepatan tinnggi akibat ada motor nyebrang, motorku jadi oleng dan sedikit loncat kayaknya (maklum langsung semaput jadi gak ingat). Untungnya pake helm biar half face, pake jacket, gendong tas dan pake sepatu safety, jadinya yg rusak helm, sepatu, jacket dan paling parah tas sama motornya. Alhamdulillah oranngnya dikasih tambahan waktu hidup meski sempat dirawat 5 hari. Akibat kejadian itu sekarang kalau perjalanan jauh gak lupa pake helm fullface (lebih anan), sepatu safety dan jaket.

    • alkhamdulillah bro
      ane dulu juga pernah, mirip kaya gitu. sore2 maghrib ane dari pintu masuk UB jalan veteran menuju bunderan UB, jalanan kosong, gelap. Dalam pikiran ane kok bunderan nya nggak nyampe2..pas berenti mikir…bunderan dah didepan mata, ngerem sambil sliding. tapi nggak nutut, kecepatan dah terlajur tinggi, dalam kondisi miring motor menghantam buk trotoan, ane terbang terlempar ke trotoar, sementara motor ngguliing di jalan. badan sakitnya nggak karuan, tapi masih bisa diri sambil pincang2 menuju motor, ya….rusak deh motor ane. untung masih bisa jalan.

      • Alhamdulillah bro. Mudah2n setelah kejadian kayak gitu rasa syukur kita akan bertambah dan bisa ingat dan lebih dekat sama yg diatas.

  4. Pingback: [KKK] Kejeblos Lubang di Jalan | motorgoodness

  5. Pingback: [KKK] Kejeblos Lubang di Jalan – UratMalu

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting