Guru SMK Binaan Honda Jatim Memenangkan Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2021

Diposting pada

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

MPM Honda Jatim patut berbangga, karena guru SMK binaannya memenangkan Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2021 yang digelar PT Astra Honda Motor (AHM). Dengan hasil yang membanggakan, Hendri Nurcahyo dari SMK Negeri 1 Badegan, Ponorogo, Jawa Timur, menjadi pemenang ajang kontes Kreasi mengajar dari guru SMK binaan tersebut. Hendri Nurcahyo, pemenang pertama Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2021 mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian yang diraih dalam kontes ini. Ia pun berharap bahwa pencapaian ini dapat menjadi motivasi untuk terus berkarya melalui kreativitas mengajar yang dapat meningkatkan semangat siswa-siswanya.

“Sebenarnya yang saya lakukan hanya terus berupaya meningkatkan semangat belajar siswa meskipun belajar secara daring. Namun melalui kontes ini, saya dapat mengasah keterampilan mengajar yang saya miliki, hingga saya pun mendapatkan apresiasi,” Ujar Pak Hendri, yang merupakan guru Teknik Otomotif di SMK Negeri 1, Badegan, Ponorogo, Jawa Timur.

Ajang kreasi guru SMK ini memberikan inspirasi dalam mengelola materi ajar yang menarik dan efektif bagi siswa sehingga menghasilkan pendidikan vokasi yang berkualitas.

Hatmarto selaku HR & GA Division Head MPM Honda Jatim, mengatakan :

“Selamat kepada Pak Hendri atas prestasi yang diraih. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi guru – guru dan sekolah yang lainnya. Dan metode yang sudah diterapkan dapat membantu proses belajar mengajar. “

Ada dua tahapan seleksi yang harus dilalui oleh para guru SMK dalam lomba ini, yaitu :

  • Pada seleksi regional, kontes ini diikuti oleh 2.007 tenaga pengajar SMK yang menerapkan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di seluruh Indonesia selama periode Juni – Agustus 2021 dan minimal telah mengikuti pelatihan modul dasar. Ajang ini berhasil menyeleksi 27 guru terbaik perwakilan berbagai provinsi yang siap bersaing di level nasional. Dihelat pada 23-28 Agustus 2021 secara daring, terpilih 3 guru inspiratif dengan kreasi mengajar terbaik.
  • Menuju fase seleksi nasional, seluruh finalis mendapatkan pengayaan kompetensi pembelajaran secara daring dari tim Learning Center AHM. Saat memasuki seleksi nasional, penilaian melibatkan tim juri yang merupakan profresional trainer, tim technical AHM, tim Learning Center AHM serta juri dari kalangan profesional untuk melakukan penilaian video tutorial.
    Dalam menguji proses mengajar, para guru peserta kontes wajib melakukan :
    • membuat video bahan ajar berdurasi 30 menit dan
    • membawakan materi ajar yang sesuai kurikulum SMK TBSM.

Para peserta dinilai berdasarkan :

  • materi ajar yang dibuat,
  • cara membawakan materi, dan
  • kesesuaian materi ajar dengan kurikulum.

Untuk video tutorial terkait teknologi sepeda motor Honda, penilaian dilihat dari sisi :

  • kualitas,
  • konten video, dan
  • cara mempresentasikan materi ajar dengan durasi video 10 menit.

GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan ajang kreasi mengajar ini merupakan wujud komitmen perusahaan dalam mendukung pengembangan kompetensi guru di masa pandemi yang mengajar dengan metode daring. Transisi proses pembelajaran tatap muka yang saat ini mulai dilakukan secara bertahap pun tetap membutuhkan kompetensi guru yang mumpuni dalam mengombinasikan metode ajar daring dan tatap muka yang terbaik bagi siswa. Ia juga mengatakan :

“Kami ingin terlibat langsung menjaga semangat belajar di dunia vokasi dengan kompetisi ini. Kami berharap ajang ini dapat menjadi inspirasi bagi guru-guru yang lain dalam melakukan proses belajar mengajar yang efektif di masa pandemi,”

SMK Binaan yang Teruji

Program pengembangan pendidikan vokasi telah dilakukan AHM sejak tahun 2010 dengan mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum TBSM Astra Honda. Saat ini, AHM telah memiliki 694 SMK binaan Astra Honda yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia, dan tercatat 3.462 guru produktif di seluruh SMK TBSM Astra Honda. Selain itu, terdapat 60 Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang dapat dimanfaatkan oleh siswa SMK binaan Astra Honda yang ingin melakukan sertifikasi kompetensi. Siswa dari SMK mitra binaan AHM juga mendapatkan materi pembelajaran dalam bentuk teori, praktik, dan praktik kerja industri (Prakerin) langsung di jaringan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Muhibbuddin memberikan pernyataan penutup :

“Perkembangan dunia vokasi serta kebutuhan industri harus selalu seimbang, sehingga link and match dapat terwujud dengan sinergi yang telah kami lakukan sejak 2010,”

Ternyata cukup berat juga perjuangan para guru smk ini dalam mengikuti kontes ini. Akan tetapi semuanya akan menjadi pengalaman yang berharga dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di smk, khususnya di bidang otomotif. Kedepannya semoga hal ini ditindak lanjuti dengan pengenalan teknolgi yang lebih dalam terkait dengan metalurgi bahan mesin dan pengecoran logam.

Baca juga :

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan