Honda All New PCX 160 Handir. Mampukah Menembus Batas ?

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh
Semoga Allah senantiasa menyelamatkan kita semua dari wabah penyakit dan mara bahaya di manapun kita berada.

Pandemi covid-19 yang masih melanda seluruh dunia termasuk Indonesia masih belum mereda. Meskipun demikian pabrikan honda masih tetap bersemangat untuk terus berkarya. Dan salah satu hasil terbaiknya di tahun 2021 ini adalah honda all new pcx 160 (versi engine dan e:hev) yang kemarin diluncurkan secara virtual di jakarta.

Mengusung kubikasi engine 160 cc jelas memberikan maksud dan tujuan yang jelas. Apalagi didukung dengan aplikasi 4 klep layaknya motor sport mamberikan arah yang jelas, bahwa honda ingin memberikan skutik premium yang lebih powerful. Dan menurut iwf (dan juga rider yang memiliki riding style seperti iwf), merasakan bahwa memang sektor inilah (performa) yang merupakan salah satu barrier yang coba ditembus oleh honda.

Engine honda all new pcx dengan kubikasi 160 cc (tepatnya 156,9 cc) memberikan peningkatan power dan torsi yang cukup signifikan. Powernya naik 1,3 ps (dari 14.7 ps menjadi 16 ps) di putaran engine yang sama yaitu 8500 rpm. Sedangkan torsinya naik 1,5 Nm (dari 13,3 Nm menjadi 14,7 Nm) juga di putaran engine yang sama 6500 rpm. Untuk tipe e:hev ada sedikit tambahan power dari motor elektrik, sehingga akselerasinya menjadi lebih kuat pada putaran 3000 rpm. Mari kita lihat perbandingan performa antara pcx 160, pcx 160 e:hev dan rivalnya yang masih belum terkalahkan.

Dengan spesifikasi ini, maka all new pcx 160 memiliki performa yang sedikit di atas rival abadinya yang memiliki power 15,4 ps dan torsi 13,9 Nm. Artinya untuk aspek performa, tiada halangan lagi bagi honda pcx untuk bersaing sengit dengan rivalnya ini. Tinggal bagaimana kemasan promosi dan penjualan serta pelayanan yang akan menjadi tolak ukur selanjutnya.

Beberapa upgrade yang diberikan honda (ahm) pada skutik premium terbarunya adalah :

  1. Tentu saja yang paling utama adalah engine yang benar-benar baru baik bore maupun stroke nya, dengan kapasitas 156,9 cc – 4 katub (klep)
  2. Penyematan fitur honda selectable torque control (hstc)
  3. Ada tambahan motor assist dan riding mode untuk tipe e:hev
  4. Perubahan disain menjadi terlihat lebih mewah sekaligus elegan

Untuk mengakomodasi selera konsumen, honda menghadirkan beberapa tipe pcx 160 dengan warna-warna yang mantab. Untuk tipe cbs dibandrol Rp. 30.350.000,- dengan tampilan 4 warna, berikut penampakannya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sedangkan tip abs dibandrol Rp. 33.950.000,- dengan 4 warna pilihan yang pastinya lebih ok, berikut penampakannya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Dan yang ketiga tipe hibrida, kombinasi tenaga penggerak mesin bakar (engine) dan motor listrik, yang sekarang dinamakan e:HEV. Tipe ini dibandrol Rp. 43.550.000,-, mantab banget nih hargnya. Dan warna pilihannya hanya satu yaitu horizon white, lihat penampakannya.

Pertanyaannya adalah, apakah dengan serbuan 3 tipe sekaligus, pcx 160 mampu menumbangkan hegemoni sang rival yang tidak terpatahkan hingga tahun ini ?

Harusnya dengan penanganan yang apik sih bisa, kerena honda pcx 150 ini sudah dibekali berbagai keunggulan yang bisa ditawarkan kepada calon konsumen. Salah satu handikap yang saat ini harus dihadapi adalah penurunnya daya beli masyarakat seiring dengan terpuruknya pertumbuhan ekonomi negara yang kita cintai ini. Ini menjadi tantangan yang cukup berat yang harus dihadapi oleh semua pabrikan sepeda motor, termasuk honda (ahm).

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum warochmatullohi wa barokatuh.

1 Komentar

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan