Modifikasi Ajib Honda CS1 Berasa CBR150R

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga Allah menyelamatkan kita semua di perjalanan sampai ke tujuan.

Dulu saat di awal perilisannya, honda cs1 memang merupakan motor terkencang di kelasnya. Bahkan jika dibandingkan motor sejenis dari merek lainnya dengan kubikasi engine 135. Akan tetapi jika dibandingkan dengan motor bebek sport saat ini, jelas honda cs1 ketinggalan segalanya.

Untuk yang punya duit, tinggal pindah ke honda gtr150 atau sonic150 atau merek lainnya. Tapi kalau kantong cekak, mungkin gambar di atas bisa dijadikan acuan modifikasi, agar tetap sayang pada cs1. Jika dilihat dari penampakan gambar di atas, maka yang membuat cs1 jadi lebih ajib adalah :

  • Pastinya warna kuning scotchlite lah yang paling menonjol. Warna kuning ini bisa langsung bikin mata kaget, “wow” keren…motor apaan nih ?
  • Ubahan selanjutnya adalah engine yang digendong membengkak, dengan head yang tampak dramatis (keliatan gede banget ya untuk ukuran motor bebek). Engine seperti ini bisa menggunakan engine cbr150r (k45) atau yang baru k56 segelondong. Sepertinya karena sudah sangat banyak dipasaran, engine ini bisa didapatkan secara legal dan mudah.
  • Ban dan velg harus diganti untuk kepantasan dan kelayakan menyalurkan power dari engine yang sudah jauh lebih besar. Bisa aplikasi milik gtr atau sekalian cbr150.

Jika sudah tampil seperti ini, bukan saja tampak ajib, akan tetapi performanya bakalan sangat nendang. Karena bobot rangka cs1 sangatlah ringan jika dibandingkan cbr150. Jadi pwr dan akselerasinya tentu saja bisa mengalahkan cbr150r, bahkan mungkin bisa bejaban dengan motor sport 150cc lainnya yang powernya lebih besar.

Akan tetapi tetap saja, terkadang modifikasi seperti ini akan ada efek sampinya. Salah satunya adalah harus rajik ke pom bensin. Karena tanki bensin cs1 lumayan kecil, cuma 4,1 liter saja. Kalau menggunakan motornya agak liar, bisa-bisa setiap hari ke pom bensin, bakalan capek ngantrinya.

Satu kelebihan cs1 (standar) yang nggak bisa dilupakan adalah ergonominya yang nyaman untuk jalan jauh. Dan bantingannya saat melibas tikungan begitu stabil, apalagi pakai ban tipe soft compound yang lumayan lebar, lebih mantab lagi. Semoga bermanfaat, wassalamu’aaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Sumber gambar : Billy Avrizhal

1 Trackback / Pingback

  1. Acuan Modifikasi Motor Sport Bermesin Tidur - MOTOGOKIL

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan