Membangkitkan Aura CBR150R yang Sesungguhnya

ganti-oli-bloger

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga Allah senantiasa menyelamatkan kita semua dari segala macam wabah penyakit dan juga mara bahaya.

Kebetulan rilisnya all new cbr150r 2021 berbarengan dengan bangkitnya motor terberat ane cbr150r 2014 dari dalam kuburnya. Semenjak kedatangan satria fufi, cb150r dan gsx150r, cbr150r gambot ini memang agak terlupakan. Padahal ni motor masih lumayan kencang. Kalau jalanan ramai dan ada nyali bisalah tarik-tarikan dengan cbr250rr.

All new cbr150r 2021 memang sangat ganteng dan aura racingnya begitu kental. Tapi kalau urusan soul/jiwa, iwf masih lebih respek sama cbr150r 2014 ini. Kelebihannya adalah kalau ditarik gas sampai mentok, powernya baru terasa enak, gigi-6 berasa kurang.

Nah kebetulan akhir tahun 2020 kemarin, nih motor baru lulus s3. Dan pertengahan januari 2021 baruhidup lagi nih nomornya. Dari total pajak yang nunggak+denda dan ganti plat+bpkb habis lumayan banyak, lebih dari 2jt. Nggak apa-apa lah, karena ini termasuk motor impian iwf dulu, termotivasi dari ingin naik kelas dari cs1.

Jika dibandingkan gsx150r memang akselerasinya sedikit kurang garang. Maklum powernya rada kurang (lebih rendah 2 ps) sedangkan bobotnya lebih berat. Tapi kalau sudah diputaran tinggi, baru dah terasa enak, meskipun kencang tapi (karena bobotnya lebih berat), motor terasa lebih tenang dan lebih mudah dikendalikan.

Masih tampak standar, seperti dulu saat masih bersama nvl gold.

Nah ada beberapa hal yang ingin iwf garap nig pada cbr150r ini agar tidak malu-maluin bejaban sama gsx150r di belakangnya tuh.

  • Yang paling awal sih ganti oli dulu pakai oli anak bangsa enduro racing. Ada saran untuk oli lainnya ?
  • Lanjut ganti ban, ban motor cbr150r ini masih standarnya, umurnya dah lebih dari 6 tahun, sudah layak untuk ganti baru. Ada saran untuk ban yang rekomended tapi yang agak murah busa di oren gambot ini ?
  • Lanjut ganti rante+gir satu set, karena dah rada kendor nih.
  • Dan kalau ada kesempatan mau pasang ecu brt dual band, yang dulu sempat dibeli tapi nggak sempat ke pasang.

Karena masih punya cbr150r asli dohc overbore, makanya iwf nggak kepincut untuk meminang cbr150r versi square. Karena sejatinya cbr150r dibangun untuk menggantikan posisi nsr150 (2-tak), walaupun secara performa sih jauh. Semoga dengan kondisi yang masih amburadul ini, iwf benar-benar bisa menjadikan honda cbr150r gambot ini nggak malu-maluin di jalanan.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

One response to “Membangkitkan Aura CBR150R yang Sesungguhnya

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan