Sym VF3i 185 MY2020 Labih Kuat dari Motor Sport 150 CC. Berasal Dari Mana Tenaga Sebesar Itu ?

sym vf3i 185 motogokil

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga Allah senantiasa menyelamatkan kita semua dari segala wabah penyakit dan juga mara bahaya di manapaun kita berada, aamiin.

Kembali lagi kita ngobrolin motor, setelah sekian lama berkutat dengan vakum. Kali ini iwf coba bahas mengenai motor bebek yang powernya lebih gede (lebih besar) dibandingkan motor sport 150 cc di tanah air, dialah sym vf3i 185 le (limited edition). Bayangin saja, secara resmi dinyatakan bahwa powernya mencapai 19.7 hp, atau sekitar hampir 20 ps diputaran engine 9000 rpm. Artinya engine tidak perlu teriak terlalu tinggi untuk mendapatkan akeselrasi maksimal.

Bandingkan dengan suzuki gsxr 150 yang powernya hanya 19.2 ps dan yamaha r15 v3 yang hanya 19.3 ps, power sym vf3i berasa agak kegedean untuk sebuah motor bebek. Padahal bobotnya hanya 124 kg, jauh lebih rendah dibandingkan suzuki gsx r150 dan yamaha r15 v3. Hal ini pasti akan sangat berpengaruh terhadap pwr (power to weight ratio) dan akselerasinya, mari kita bandingkan besar pwr-nya…

 

sym vf3i comparison performance idn-motogokil

Perhatikan nilai pwr dari sym vf3i ini, paling besar, artinya akselerasi yang diberikannya juga akan paling besar. Apalagi baik power maupun torsi maksimumnya dicapai pada putaran engine yang cukup rendah. Sehingga jika motor bebek dengan power terbesar duel di lampu merah dengan 3 motor di atas, secara teknis bisa dipastikan akan menang jauh. Tinggal seberapa kuat saja putaran atasnya.

Oh ya, di tabel tersebut, juga iwf tampilkan sebuah motor bebek honda dan yamaha yang paling keren yaitu honda supra gtr 150 dan yamaha mx king 155. Karena melihat dari style sym vf3i yang mirip-mirip. Sepertinya rilisnya motor bebek bikinan sym ini ingin mengganggu pasar (khusunya) honda supra gtr karena dibuat sangat mirip.

Honda supra gtr 150 vs VF3i 185 2020

Dan sepertinya pangsa pasar yamaha mx king juga akan sedikit terganggu. Pasalnya performa sym vf3i menang cukup telak dibandingkan kedua bebek super merek pabrikan jepang ini. Apalagi sym vf3i sudah dibekali dengan transmisi 6-percepatan, lebih ngacir lagi.

Sekarang kita sudah tahu bahwa sym vf3i lebih digjaya (powerful) dibandingkan motor bebek super tanah air, bahkan dibandingkan motor sportnya. Pertanyaan selanjutnya adalah,

” Darimana datangnya power sebesar itu ?

Jawabannya sangat mudah yaitu dari kubikasinya yang 185 cc (tepatnya 183,122 cc). Seandainya sama-sama 150 cc, tentu saja powernya jaug berkurang. Dengan spesifikasi lainnya yang sama, jika dikurangi volume silindernya dari 185 cc menjadi 150 cc, maka powernya akan turun drastis menjadi 16.3 ps mirip dengan supra gtr 150.

Jadi engine sym vf3i itu laksana engine honda supra gtr 150 yang di-boreup. Kelebihannya adalah sym vf3i tinggal gas saja sudah terasa performanya mampu menandingin motor-motor yang “style” terlihat racing banget. Kalau sampai didatangkan ke Indonesia, tentu saja dengan harga yang lebih murah dibandingkan motor jepang, tentunya akan menjadi alternatif motor bebek yang cukup menarik perhatian.

” Motor bebek 20 ps bro…..paling kencang se dunia.”

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

One response to “Sym VF3i 185 MY2020 Labih Kuat dari Motor Sport 150 CC. Berasal Dari Mana Tenaga Sebesar Itu ?

  1. semoga masuk sini,,,

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan