ganti-oli-bloger

Apakah Wacana “Pembekuan Kontrak” untuk Menyelamatkan Alex Marquez di Tim Pabrikan Honda ?

Diposting pada

duo marquez on honda rc213v-motogokil

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga Allah senantiasa menyelamatkan kita semua dari segala wabah penyakit dan berbagai mara bahaya, di manapun kita berada. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.

Beberapa hari yang lalu sempat marc marquez melontarkan wacana tentang pembekuan kontrak para pembalab yang sedianya akan berlaga di ajang balap motogp. Agak sedikit janggal karena marc marquez, adalah pembalap profesional dengan segudang prestasi pemecahan rekor. Dan lagi marquez sudah tanda tangan kontrak untuk bekerja sama dengan hrc selama 4 tahun lagi (sampai tahun 2024), jadi

” Ada apa dengan wacana pembekuan kontrak pembalap ?”

Ada kecurigaan, wahwa wacana tercebut terlontar karena marc marquez ingin menyelamatkan karir saudaranya yaitu alex marquez di tim repsol honda. Pasalnya alex marquez hanya menandatangani kontrak dengan hrc untuk tahun 2020 saja [artikel]. Sementara pagelaran motogp tahun 2020 ini kemungkinan besar akan dibatalkan, akibat wabah covid-19 yang menerpa negara-negara eropa, asia dan amerika [artikel].

Jadi jika menyesuaikan dengan tahun yang tertera dalam kontrak, maka kontrak alex marquez akan berakhir, tanpa balapan (jika motogp dibatalkan). Jika pun tidak dibatalkan (hanya beberapa race saja), maka itu juga agak merugikan pembalap. Karena pembalap tidak bisa menampilkan seluruh performa terbaiknya di seluruh sirkut yang seharusnya diadakan race.

Kondisi yang dialami pembalap sangat tidak menguntungkan. Terutama bagi pembalap yang kontraknya berakhir pada tahun 2020 ini. Hal ini disebakan oleh beberapa aspek yaitu :

  1. Kehilangan 1 tahun kontak
  2. Kehilangan penghasilan
  3. Kehilangan kesempatan melakukan pengemabangan motor

Dengan adanya beberapa kerugian-kerugian di atas marc marquez mengusulkan bahwa :

“Pada tahun 2020 dianggap tidak berkinerja dan bahwa kontrak pengendara tetap berlaku sampai 2021.”

Dan ternyata banyak juga pembalap yang bernasib sama dengan alex marquez, yang berlaga di moto2 dan moto3. Jika dorna dapat memberikan membekukan pengembangan sepeda motor (motor dan aerodinamika), maka tentu saja pembekuan kontrak juga dapat dilakukan dalam rangka mensiasati dampak pandemi covid-19 yang nyaris membatalkan pegelaran balap dunia motogp di tahun 2020 ini. Hal ini tinggal keinginan bersama antara dorna dan para manager tim serta sponsor untuk maju ke meja perundingan.

Prediksi iwf, wacana dan usulan marc marquez akan diterima oleh banyak fihak. Karena memang sangat realistis, meskipun pada akhirnya memberikan peluang adiknya (alex marquez) tetap berada di tim hrc pada tahun 2021. Dan kalau ternyata benar disetujui maka in sya Allah tahun 2021 kita akan melihat duo marquez berlaga di motogp.

duo marquez performaance-motogokil

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum warochmatullohi wa barokatuh