Akhirnya Duo Marquez Kangkangi Honda RC213V Tahum 2020. Paling Realistis, Tapi Aneh

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Semoga Allah menyelamatkan kita semua selama dalam perjalanan dan mensejahterakan kita semua saat sampai di tujuan

Malam tadi resmi sudah hrc (honda racing corporation) mengumumkan bahwa alex marquez akan menggantikan posisi jorge lorenzo di musim balap motogp 2020. Pilihan ini menurut hrc dan juga iwf paling logis, karena alex marquez termasuk kawakan di moto2. Karena ia sudah 5 tahun di moto2 dan di tahun 2019 ini ia berhasil meraih juara dunia.

Selain itu karena sponsor utama tim repsol honda adalah repsol dari spanyol, maka pemilihan alex marquez yang juga berasal dari spanyol terasa semakin klop alias pas. Pembalap lain yang juga merupakan kandidat untuk menggantikan lorenzo punya beberapa kendala, misalnya carl crutchlow terkendala oleh usia dan sponsor, johann zarco kemungkinan terkendala dengan kebangsaannya dan motovasinya (karena sempat putus asa saat di ktm). Sedangkan takaaki nakagami dipastikan masih membutuhkan waktu panjang untuk pemulihan cidera dan operasinya.

Alberto puig mengatakan terkait dengan pemilihan alex marquez menggantikan posisi lorenzo :

” Ia (alex marquez) adalah pembalap muda yang berstatus Juara moto2 dan dia hanya dikontrak 1 tahun percobaan, Alex akan menguji Motor 2019 “.

Meskipun demikian, banyak juga yang meragukan kemampuan alex marquez dalam menaklukkan honda rc213v. Pasalnya motor ini sangat kuat dan liar dan tidak sembarang pembalap mampu menaklukkannya. Sekelas dani pedrosa, jorge lorenzo, carl crutchlow saja harus berjuang keras untuk mengoptimumkan setingan yang sesuai style balapnya. Tentu saja alex marquez juga akan mengalaminya, bahkan lebih menderita dari mereka semua.

Menurut iwf, alex marquez akan merasa sangat kesulitan di awal perkenalannya dengan honda rc213v. Dan opini berdasarkan beberapa pertimbangan, yaitu :

  • Prestasi alex marquez di kelas moto2 tidak terlalu “wow”. Dapat dilihat dari perjalanan karirnya, di mana ia harus berjuang selama 5 tahun untuk menjadi juara dunia moto2. Jika dikomparasikan dengan marc marquez jauh sekali perbedaan produktifitasnya.

  • Alex memiliki postur tubuh yang bongsor, jauh lebih tinggi dibandingkan marc marquez, otomatis penyesuaian gaya balapnya akan cukup sulit, mengingat motor honda rc213v dibangun secara marc marquez centric
  • Tahun 2020 hrc masih akan fokus pada marc marquez, otomatis semua pembalap khususnya alex sebagai tandem dari marc, mau tidak mau harus berusaha keras memahami “tabiat” motor honda rc213v, dan tidak bisa terlalu berharap motor menyesuaikan pembalap.

Karena itu hrc tidak gegabah mengikat alex dengan kontrak 2 tahun. Cukup satu tahun saja menggantikan jorge lorenzo yang kontraknya tersisa  tahun. Dengan harapan dapat membantu marc marquez memperoleh poin untuk tim repsol honda. Ini artinya manajer tim repsol honda belum percaya dengan performa alex marquez di atas motor honda rc213v tahun depan.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan