Covid-19 Membuat Eropa Hancur dan Amerika Remuk. Sesuai Prediksi IWF Motogp 2020, Hampir Pasti Dibatalkan.

jadwal-motogp-2020-cancelled

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga Allah senantiasa menyelamatan kita semua beserta orang-orang yang kita cintai dari segala wabah penyakit juga dari mara bahaya lainnya di manapun kita berada, aamiin yaa robbal ‘aalamiin.

Pada akhirnya virus corona terbaru ini (wuhan virus) berhasil memporak-porandakan hampir seluruh kegiatan manusia di seluruh dunia. Per hari ini tanggal 5 april 2020, data yang berhasil dikumpulkan menunjukkan bahwa kondisi masyarakat di negara-negara eropa dan amerika serikat, benar-benar mencekam, dihantui kematian. Wabah covid-19 ini masuh terus meminta korban jiwa, bahkan untuk untuk amerika serikat saja kasus baru positif virus corona mencapai 34196 orang dengan penderita yang meninggal dunia mencapai 1331 orang hanya dalam satu hari saja.

Seperti yang pernah iwf sampaikan dalam artikel terdahalu [artikel], bahwa corona mulai menghantam negara italia dengan keras, dengan dampak kerusakan yang lebih parah dari china (episentrum covid-19). Dan kemudian peningkatan orang yang tertular dan yang tewas, juga mulai meningkat di negara eropa lainnya [artikel], menjadikan semua event olahraga yang melibatkan kerumunan orang batal diadakan di negara-negara eropa, termasuk motogp.

Dari data yang iwf dapatkan, kondisi wabah covid-19 di negara-negara yang ditunjuk untuk melaksanakan sesi balapan motogp sungguh sangat mengkhawatirkan. Garfik jumlah total orang yang tertular dan yang tewas, masih menunjukkan kenaikan yang sangat tinggi. Padahal dibutuhkan waktu yang cukup lama minimal 2 bulan (bahkan lebih) untuk dapat melandaikan kenaikkan jumlah penderita dan jumlah yang meninggal dunia.

Apalagi untuk memulihkan dampak dari covid-19 ini terhadap kehidupan dan ekonomi masyarakat di negara tersebut, khususnya yang berkaitan dengan otomotif [artikel], membutuhkan waktu yang lebih lama lagi. Sehingga wajar saja jika dorna pesimis dengan kelanjutan pelaksanaan jadwal motogp tahun 2020 ini. Gambar jadwal di atas, iwf memprediksi bahwa motogp 2020 akan batal diadakan (dicoret garis merah). Hal ini berdasarkan data kondisi terkini dan trend kenaikan jumlah orang yang tertular dan yang tewas akibat virus coron di negara-negara tersebut.

Kondi terkini (4 april 2020)  dampak virus corona di negara-negara penyelanggara motogp 2020.

motogp-2020 country covid19 effect

Bisa dilihat dari tabel di atas, amerika serikat dan negara-negara eropa benar-benar mengalami dampak yang luarbiasa dari pandemi covid-19 ini. Bahkan australia yang saat terjadinya covid-19 berada pada musim yang lebih baik (panas), juga merasakan dampak yang cukup berat dengan penderita total 5550 orang, dan yang tewas 30 orang. Negara asia yang ditunjuk sebegai penyelenggara motogp sudah mulai ekstra waspada dengan melakukan lockdown seperti malaysia, dan mungkin akan diikuti oleh thailand karena mulai terjadi kenaikan jumlah penderita.

Berikut ini grafik trend jumlah total penderita covid-19 dan yang tewas di negara tersebut. Silahkan prediksi sampai sajauh mana trend ini akan terus naik, melandai dan konstan mendatar (tidak terjadi penambahan orang yang tertular maupun yang tewas).

Amerika Serikat (US)
Khusus untuk amerika serikat iwf tampilkan grafik total maupun penambahan jumalh penderita dan jumlah yang tewas dalam setiap harinya.

motogp2020 US case covid 0404

US saat ini sangat mengkhawatirkan dengan jumlag orang yang tertular mencapai 34196 orang per hari di tanggal 4 maret 2020 kemarin. Dan yang tewas mencapai 1331 orang di seluruh wilayah US.

motogp2020 US deaths covid 0404

Spanyol
Spanyol sebagai penyelenggara motogp dengan jumlah sesi terbanyak, mengalami penderitaan yang sangat parah untuk negara dengan jumlah penduduk yang hanya sekitar 46.8 juta jiwa. Dari data yang ada menunjukkan bahwa total jumlah penderita orang yang tertular covid-19 adalah 2699 orang / 1 juta penduduk yang yang tewas 256 orang / 1 juta penduduk. Rasio ini sangat tinggi, bahkan jauh lebih tingi dibandingkan italia dan amerika serikat. Artinya suasana di sana sangat mencekam, masyarakat akan sengat sering melihat orang yang meninggal.

motogp2020 spain covid 0404

Italia
Italia sebagai negera kedua dengan jumlah balapan motogp terbanyak, juga mengalami penderitaan yang tidak kalah dibandingkan spanyol. Hanya saja italia merasakannya sedikit lebih dahulu ketimbang sebanyol. Dan saat ini tren kenaikan jumlah orang yang tertulas dan yang tewas di italia sedikit menurun.

motogp2020 italy covid 0404

Jerman
motogp2020 germany covid 0404

Perancis
motogp2020 france covid 0404

Inggris
motogp2020 UK covid 0404

Belanda
motogp2020 dutch covid 0404

Austria
motogp2020 austria covid 0404

Australia
motogp2020 australia covid 0404

Cekoslovakia
motogp2020 czech covid 0404

Malaysia
motogp2020 malaysia covid 0404

Jepang
motogp2020 japan covid 0404

Thailand
motogp2020 thailand covid 0404

Finlandia
motogp2020 finlandia covid 0404

Argentina
motogp2020 argentina covid 0404

San Marino
motogp2020 san marino covid 0404

Qatar
motogp2020 qatar covid 0404

Dari grafik semua negara penyelenggara balapan motogp di atas tidak satupun negara yang mempunyai grafi dengan trend mendatar (menuju mendatar). Semuanya masih dalam keadaan naik, bahkan ada beberapa yang rate-nya cukup tinggi, dengan ditandai kenaikan yang curam, seperti amerika serikat, perancis, inggris, finlandia, jepang dan qatar. Tentu saja negara-negara ini akan ekstra waspada terhadap semua variabel yang menyebabkan kenaikan jumlah penderita covid-19 di negaranya. Oleh karena itu mereka akan mencegah semua kegiatan yang berpotensi meningkatkan penularan covid-19, termasuk pagelaran motogp.

Salah satu negara yang bisa dijadikan pertimbangan untuk diselenggarakan motogp berdasarkan data tersebut adalah argentina dengan kasus positif covid19 yang rendah. Akan tetapi ternyata rendahnya angka tersebut belum bisa meninyimpulkan kondisi yang paling aman. Karena jumlah yang dites masih sangat sedikit, sehingga bisa jadi banyak penderita covid-19 yang berkeliaran yang tidak menyadari bahwa ia adalah pembawa dan berpotensi besar menjadi penyebar viris corono bagi orang-orang di sekitarnya.

Jadi kesimpulan iwf adalah, “saat ini” tidak ada satupun negara dijadwalkan menyelenggarakan sesi balapan motogp yag aman dari covid-19. Dan melihat trend dari grafik-grafik di atas, nampaknya wabah covid-19 masih akan membutuhkan waktu 2 bulan atau lebih untuk mencapai masa redanya. Dan pengembalian kestabilan kondisi sosial, ekonomi dan politik negara-negara tersebut akan membutuhkan tambahan waktu yang lebih lama lagi. Sehingga tampaknya motogp musin tahun 2020 ini akan batal untuk dilaksanakan.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Advertisements

$where = 0;

4 responses to “Covid-19 Membuat Eropa Hancur dan Amerika Remuk. Sesuai Prediksi IWF Motogp 2020, Hampir Pasti Dibatalkan.

  1. Klopun data set covid-19 di Argentina rendah, saya rasa mereka nggak bakalan ambil resiko juga min.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan