Sekali Lihat Yamaha XSR155 Langsung Nyobain, Nendang Banget Akselerasinya

press release yamaha xsr155 cahaya malam

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wabaroaktuh
Semoga Allah senantiasa menyelamatkan kita semua, di manapun kita berada

Hari sabtu kemarin, tepatnya sore hari jam 15.00, alchamdulillah iwf masih diundang yamaha (STSJ-Surya Timur Sakti Jatim) untuk press conference yamaha xsr 155. Praktisnya sih molor lha wong hujan juga tepat waktu sholat ashar, banyak yang kehadirannya terhambat. Akan tetapi acara berlangsung lancar dan pasti seru, karena para blogger jawa timur berkesempatan test ride motor neo-retro terbaru persembahan yamaha ini.

Acara diawali dengan ngobrol renyah sambil menikmati snack yang sudah disediakan di java dancer cafe. Sambil menunggu beberapa blogger yang belum hadir, iwf sempat berkenalan dengan kontributor radar malang, yaitu mas afif yang ternyata alumni fakultas tetangga iwf, mipa ub.

press conference yamaha xsr155 blogger jatimSetelah jumlah blogger yang hadir “mencukupi kuota” barulah press release yamaha xsr 155 dimulai. Coba tebak iwf yang mana orangnya ?

Seperti biasa, pembahasan tentang motor baru diawali dengan target dan pangsa pasar serta target kuantitas penjualan. Kemudian dilanjutkan dengan pengetalan spesifikasi teknik dan fitur-fitur yang diusung yamaha xsr 155 yang memang top untuk ukuran motor retro 150 cc. Dan sesi yang terakhir yang ditunggu-tunggu adalah sesi test ride, yang suasana aspalnya tepat pas basah (hujan rintik-rintik) cocok dengan ban nya diapaki xsr 155 yang semi dual purpose.

Impresi awal naik yamaha xsr 155

  • Ergonomi : bobot iwf 75 kg dengan tinggi badan sekitar 165 cm
    • Posisi duduk enak, jok nyaman buat bokong alias empuk.
    • Kaki bisa napak kanan-kiri 25% dengan menggunakan sandal. Kalau menggunakan spatu dengan hak yang agak tebal, sepertinya akan lebih nyaman. Yang menyebabkan ini bukan hanya motor yang lumayan tinggi (jika dibandingkan gsx r150) akan tetapi jok bagian selangkangan yang cukup lebar, yang menjadikan kedua kaki jadi agak ngangkang.
    • Posisi stang pas, enak untuk jalan jauh, alias baplang dan nyaman di pundak, punggung dan pinggang. Pokoknya naik motor ini in sya Allah nggak bakalan cepat lelah.
    • Tapi dengan posisi stang seperti ini, bagi iwf yang terbiasa bawa gxr 150, terasa sulit untuk bermanuver, mungkin karena belum terbiasa.
    • Posisi switch electric starter rada unik, sempet cari-cari di mana switchnya. Rupanya switch di konsol kanan mirip buat geser lampu, digeser ke bawah….bruuummmm.
  • Performa : xsr 155 menggunakan basis engine all new r15 jadi mirip, tapi ada sedikit bedanya yaitu :
    • Akselerasi berasa langsung nendang, presisi dan responsif saat handle gas dipelintir, mirip dengan nvl (yang pernah iwf punya dulu) tapi lebih sadis. Maklum bobot mirip nvl 134 kg, tapi power lebih tinggi 3 ps, yang pasti maknyos akselerasinya.
    • Ketika digunakan untuk boncengan, akselerasinya masih terasa cukup mantab. Bahkan yang iwf rasakan dengan bobot rider 83 kg (rudisoul.com) dan iwf sendiri 75 kg, akselerasinya tidak terlalau jauh berkurang, masih sangat menyenangkan. Artinya ketika menggunakan motor ini untuk berboncengan, atau dengan membawa beban yang lumayan banyak, misalnya 2 sidebox dan 1 topbox, rider masih bisa bersenang-senang dengan akselerasi xsr 155 ini.

press release yamaha xsr155 boncengan

Untuk sementara itu yg iwf rasakan, dan menurut iwf itu sudah cukup informatif dari segi ergonomi dan performa. Mengenai fitur dan spesifikasi bisa dilihat di bawah ini.

Mesin
Tipe mesin Liquid cooled, 4-Stroke, SOHC, 4 Valves, VVA
Jumlah/posisi silinder Silinder tunggal
Diameter x Langkah 58,0 x 58,7 mm
Perbandingan kompresi 11,6 : 1
Daya maksimum 14.2 kW/ 10000 rpm
Torsi maksimum 14.7 Nm/ 8500 rpm
Sistem starter elektrik starter
Sistem pelumasan basah
Kapasitas oli mesin Total = 1,50 L ; Berkala = 0,85 L ; Ganti Filter oli = 0,95 L
Sistem bahan bakar Fuel Injection
Volume Silinder 155 cc
Tipe Kopling Wet Type Multi-Plate Clutch; Assist & Slipper Clutch
Tipe Transmisi Manual
Pola Pengoperasian Transmisi 1-N-2-3-4-5-6
Dimensi
P x L x T 2007 X 804 X 1080
Jarak sumbu roda 1330 mm
Jarak terendah ke tanah 170 mm
Tinggi tempat duduk 810 mm
Berat Isi 134 kg
Kapasitas tangki besin 10.4 Liter
Rangka
Tipe rangka Deltabox
SUSPENSI DEPAN Telescopic Form ( Inverted )
SUSPENSI BELAKANG Link Monoshock
BAN DEPAN 110/70-17M/C (54S)
BAN BELAKANG 140/70-17M/C (66S)
REM DEPAN Disc Brake
REM BELAKANG Disc Brake
Kelistrikan
Sistem pengapian CDI/Transistor
Battery YTZ4V
Tipe Busi MR8E9

Fitur-fitur utama

yamaha xsr155 fitur utama

Kalau mau informasi lengkapnya bisa lihat di situs resminya langsung di yamaha-motor.co.id. Dan yang terakhir yang bisa iwf sampaikan adalah harga resmi yamaha xsr 155 untuk wilayah jadim adalah Rp. 39.253.000,-

harga jatim yamaha xsr155 39325juta

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

2 responses to “Sekali Lihat Yamaha XSR155 Langsung Nyobain, Nendang Banget Akselerasinya

  1. Iwf yg lagi main hp sebelah baju putih di ujung..

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan