Yamaha Masukkan Quartaro ke Tim Pabrikan MotoGP Musim 2021-2022. Lalu Nasib Valentino Rossi Bagaimana ?

fq20 beat vr46

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga Allah senantiasa menyelamatkan dan mensejahterakan kita semua, di manapun kita berada, aamiin.

Kemarin tanggal 29-januari 2020 secara resmi dinyatakan oleh yamaha factory motogp team, bahwa fabio quartararo akan bergabung dengan yamaha factory pada musim 2021-2022 [sumber : yamahamotogp]. Informasi ini menggenapi informasi sebelumnya [artikel] tentang kesepakatan antara yamaha factory motogp team dengan maverick vinales sehari sebelumnya. Sehingga squad yamaha musim 2021-2022 secara resmi sudah ditetapkan yaitu vinales dan quartararo.

Pertanyaan kok tega ya yamaha memasukkan quartararo yang secara tidak langsung mendepak keluar valentino rossi, yang pernah men-jaya-kan yamaha di masa lalu. Kira-kira inilah alasannya…

Ternyata memang tahun 2019 merupakan gambaran jelas penurunan performa valentino rossi jika dibandingkan tahun 2018. Sebaliknya fabio quartararo menunjukkan performa luarbiasa di awal karirinya di motogp. Lihat tampilan perolehan poin pada musim 20188 dan 2019.

fq20 beat vr46 point

Bahkan quartararo mendapatkan sanjungan yang cukup impresif dari lin jarvis direktur manajer yamaha motor racing : 

“Fabio baru berusia 20 tahun, tetapi dia sudah menunjukkan kematangan yang luar biasa baik saat mengendarai motor maupun tidak, dan kami sangat senang dia bergabung dengan kami di tahun 2021. Fabio dan Maverick akan memberikan stimulus besar bagi kita semua di Yamaha Factory Racing Tim MotoGP untuk terus mengembangkan YZR-M1…”

Selain poin yang diperoleh quatararo saat balapan, quartararo juga tercatat sebagai pembalap yang mampu meraih 6 pole. Dan quartararo juga merupakan pembalap yang mampu memberikan perlawanan yang cukup menggetarkan marc marquez. Ia hampir saja mengalahkan marquez di dua seri dengan tontonan mengasikkan. Pengalaman marquez lah yang menyelamatkannya dari kekalahan tersebut.

Barangkali duel marquez-quartararo inilah yang ingin ditampilkan oleg dorna di musim 2020 sebagai daya tarik baru balapan motorgp. Karena kenyataannya  jantung para penonton berdegup keras, saat duel yang cukup ketat antara marquez dan quartararo. Suatu kejadian yang mulai jarang dijumpai di event balapan motogp belakangan ini.

quartararo vs marquez

Lalu bagaimana nasib legenda hidup valentino rossi di tim pabrikan yamaha ?

Rossi akan mempertimbangkan karirnya setelah melewati beberapa balapan di separuh musim pertama. Jika ia merasa kompetitif maka ia akan terus balapan untuk musim 2021. Dan yamaha berjanji aka terus mendukung rossi dengan motor yamaha yzr m1 full specs sama dengan motor pabrikan yang dignakan vinales dan quartararo. Lin jarvis mengatakan terkait dengan dukungannya kepad rossi :

” Jika ia (rossi) merasa percaya diri dan ingin terus balapan, yamaha akan menyediakan sepedamotor yzr-m1 denga spesifikasi pabrikan (factory spec) dan dukungan teknik secara penuh… ”

” tapi jika ia memutuskan untuk pensiun, kami akan melanjutkan dan memperluas kolaborasi kami di luar balapan. yaitu dengan program pelatihan pengendara muda dari akademi pembalap dan master camp yamaha VR46, dan bersamanya sebagai duta merek Yamaha “

Lin-Jarvis-and- Valentino Rossi

Jadi yamaha masih tetap care kepada rossi karena memberikan banyak keuntungan. Bahkan menurut davit emmet hubungan antara rossi dan yamaha sudah sangat kuat. Ia menyatakan :

” Rossi tidak akan pergi ke pabrik lain. Baik Yamaha dan Valentino Rossi telah menghasilkan banyak uang untuk satu sama lain (Rossi mungkin lebih banyak untuk Yamaha) dan mereka akan terus menghasilkan banyak uang untuk satu sama lain”

” Rossi akan selalu menjadi pembalap Yamaha, dan dibayar mahal untuk hak istimewa, bahkan saat pensiun. Yamaha akan menjual replika / merchandise Rossi untuk satu atau dua abad mendatang. “

vr46 official merchandise store

Begitulah perbedaan antara valentino rossi sang legenda hidup motogp. Cukup berbeda jika dibandingkan dengan pembalapa juara dunia lainnya. Karena valentino rossi punya “nilai” yang bisa dijual. Apa-apa yang mereflrksikan dirinya akan bisa menghasilkan uang. Yamaha tahu itu dan tidak akan melepaskan kesempatan dan keuntungan yang besar ini begitu saja.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan