AHM Komit pada Keselamatan Berkendara, Resmikan Safety Riding Lab di Binjai Sumut

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Semoga Allah senatiasa menyelamatkan dan mensejahterakan kita semua di manapun kita berada.

Sebagai pemasok sepeda motor terbesar di tanah air, tentu saja harus juga bertanggung jawab pada keselamatan kosnumennya yang jumlahnya mencapai puluhan juta orang. Dan banyaknya pengguna motor honda pasti berkorelasi dengan besarnya persentasi kecelakaan yang dialami konsumennya. Untuk menekan tingkat kecelakaan tersebut, honda (dalam hal ini ahm) telah mencoba berbagai cara, di antaranya adalah menggiatkan kampanye safety riding (keselamatan berkendara).

Melihat data kecelakaan, persentasi terbesar dialami oleh generasi muda yang merupakan ujung tombak pembangunan Indonesia di masa yang akan datang. Karenanya ahm fokus pada pembinaan dan pelatihan para generasi muda ini untuk sadar akan keselamatan di jalan raya, yang akan menghindarkan dirinya juga orang lain dari cidera bahkan kematian. Dan kemarin Kamis (12/12) Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) telah meresmikan Safety Riding Lab, Pusat Wahana Belajar Keselamatan Berkendara yang dibangun di SMK Panca Abdi Bangsa (PABA), Kota Binjai, Sumatera Utara. Lab ini merupakan bentuk kolaborasi antara Yayasan AHM, SMK PABA dan PT. Indako Trading Coy, yang merupakan Main Dealer sepeda motor Honda di Sumatera Utara.

Safety Riding Lab ini merupakan wujud nyata Yayasan AHM dalam menyinergikan peran duta keselamatan berkendara yang merupakan siswa-siswi yang telah dibina PT Astra Honda Motor (AHM) sebelumnya. Safety Riding Lab ini memiliki beberapa bagian yang difungsikan secara komprehensif untuk memberikan kemudahan dalam menyampaikan dan menerima materi tentang keselamatan berkendara. Safety Riding Lab ini dibagi menjadi tiga zona, yakni :

  1. Zona Audio-Visual difungsikan sebagai sarana bagi siswa duta safety riding sekolah melakukan aktifitas. Mereka dapat menggunakan zona ini untuk ruang pembuatan blog dan pembahasan fotografi yang didapat pada setiap kegiatan safety ridimg Safety. Ruang ini diharapkan dapat mendorong siswa-siswi mampu menganalisa dan mendiskusikan problematika lalu lintas di Tanah Air, terutama di sekitar tempat tinggal maupun sekolah.
  2. Zona berikutnya adalah Zona Simulasi yang berdinding tiga dimensi layaknya di jalan raya. Area ini dilengkapi dengan media praktek berupa Honda Riding Trainer (HRT) dan perlengkapan berkendara secara aman. Para duta safety riding juga dapat semakin mempertajam ilmunya dengan membaca buku-buku referensi dan beberapa simulasi komponen sepeda motor yang disediakan disana. Selain itu terdapat pula
  3. Zona Praktek yang spesifikasinya mengacu pada Peraturan Kapolri no 9 tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi (SIM). Zona ini berfungsi sebagai area praktik berkendara yang lengkap dengap tekstur berbagai kondisi jalan dan rambu-rambu lalu lintas.

Ketua Yayasan AHM I Putu Astawa menyampaikan Safety Riding Lab merupakan tahap lanjutan Yayasan AHM dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara. Dengan dukungan sarana prasarana yang komprehensif bagi para duta safety riding, kesadaran keselamatan berkendara diharapkan bisa semakin maksimal tersebar di generasi muda.

“Pembangunan Safety Riding Lab ini merupakan bentuk kepedulian Yayasan AHM dalam meningkatkan kesadaran kepada generasi muda akan pentingnya keselamatan berkendara di jalan…”

Bentuk kesinambungan kampanye program Safety Riding AHM diawali dengan :

  • Program Sahabat Satu Hati Berbagi Ilmu Berkendara di Sekolah Satu Hati yang saat ini berjumlah 26. Pada sekolah-sekolah yang tersebar di provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Sumatera Utara AHM mengukuhkan duta safety riding Sekolah Satu Hati.
  • Program dilanjutkan dengan Safety Riding Camp yang melatih duta Safety Riding dalam kemampuan blogging dan fotografi sebagai media publikasi, sehingga para duta safety riding dapat menyebarkan virus keselamatan berkendara ke berbagai kalangan khususnya generasi muda.
  • Kemudian dilanjtkan dengan membangun safety riding laboratorium di berbagai wilayah di seluruh Indonesia, yaitu :
    1. Safety Riding Lab di SMK PABA Binjai Provinsi Sumatera Utara.
    2. Safety Riding Lab SMK Mitra Industri MM2100 Cikarang Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat,
    3. Safety Riding Lab di SMK Walisongo Menes Provinsi Banten.

Memang pengendara sepeda motor termasuk pengguna jalan yang paling rentan kecelakaan. Selain karena roda dua yang sangat dipengaruhi oleh keseimbangan, sikap pengendara juga merupakan penyebab kecelakaan yang paling dominan. Oleh karena itu sangatlah wajar jika ahm komit pada permasalahan safety riding bagi konsumennya. Karena memang secara tidak langsung ahm telah menyediakan suatu alat transportasi yang cukup mematikan jika konsumennya tidak mampu mensikapi dengan bijak saat mengendarai motor honda.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Advertisements

$where = 0;

One response to “AHM Komit pada Keselamatan Berkendara, Resmikan Safety Riding Lab di Binjai Sumut

  1. Pingback: AHM Resmikan Safety Riding Laboratory di Binjai Sumut | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan