Bingung Patent Calon Suzuki GSX R250, Mana yang Bener ?


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Hari ini iwf melihat bocoran gambar patent motor suzuki 2 silinder (lagi), di sebuah blog kondang roda dua tanah air. Yang jika gambar yang disajikan dalam blog tersebut diklik, maka nama gambar tersebut tertulis GSX-R250xx. Artinya admin memahaminya sebagai calon engine motor sport suzuki 2 silinder 250 cc, aka gsx r250.

Akan tetapi jika dilihat kembali bocoran yang sebelumnya, yang ditulis admin sendiri dan menjadi referensi banyak blogger otomotif tanah air, ter masuk iwf [artikel], kok gambarnya beda dengan bocoran sebelumnya. Kalau dibocoran sebelumnya , bagian depan mesin hanya terdapat filter oli, tapi yang terbaru terdapat dua tonjolan. Yang satu adalah filter oli, satunya lagi adalah terminal untuk menghubungkan hose ke oil cooler (lihat gambar judul di atas).

Jadi bingung kan ? Mana yang akan menjadi engine suzuki gsx r250 yang A apa yang B ? Karena dua engine ini (menurut iwf) karakternya jauh berbeda, bahkan jauh sekali. Mau tahu jawabannya ???

A. Pada patent yang pertama, ramai dibicarakan oleh pengamat otomotif nasional juga internasional. Banyak ditulis di blog-blog blogger otomotif sebagai calon gsx r250, bahkan ada yang sudah yakin bahwa itulah gsx r250 nantinya. Jika melihat dari style, engine 2 silinder, saluran intake runner, air tunnel/ram dan downdraft intake-nya memang patent tersebut layak menjadi calon gsx r250.

Tapi jika melihat header kenalpotnya yang panjang (meliuk-liuk), sepertinya gambar ini bukan untuk motor sport performa tinggi. Perhatikan bentuk dan ukuran diameter header yang juga kecil, menurut iwf sepertinya terlalu kecil untuk engine 125/silinder jika dibandingkan header honda cs1. Bahkan terlihat lebih kecil dari saluran air radiator.

B. Kalau gambar engine yang satunya…ngeri masbro. Setelah iwf cari-cari sumber patennya, ternyata engine (yang katanya calon engine gsx r250) memiliki sistem pendingin ganda, liquid cooler + oil cooler. Menandakan engine-nya sangat panas yang bisa diartikan pembakarannya sangat efisien dan power yang dihasilkan sangat besar.

Apalagi kalau ditinjau lebih jauh lagi, malah lebih mengerikan. Ternyata sistem pemasokan udaranya menggunakan turbocharge, gokil ya…apa iya patent ini untuk gsx r250 ?. Perhatikan suatu bentuk yang ada di bagian bawah kenalpotnya.

Dan saluran oli yang digambar dengan garis putus-putus mengarah ke turbo tersebut, sebagai pelumas bearing porosnya. Dan di penjelasan lainnya juga menunjukkna adanya oil cooler dan turbo yang dilewati oleh saluran oli. Perhatikan diagram blok pelumasan di bawah ini.

Jika dilihat sejarah engine suzuki tahun-tahun sebelumnya, sepertinya paten ini mirip dengan engine yang pernah diperkenalkan di tahun 2015. Saat itu di tokyo motor show diperkenalkan sebuah engine 2 silinder dengan turbo sebagai pemasok udaranya. Engine ini diperknalkan dengan nama XE7, yang mana jika melihat size-nya, sepertinya mirip dengan motor konsep recursion 588 cc.

Nah sekarang kira-kira mana yang paling realistis untuk engine gsx r250 ? Kalau iwf sih cocoknya yang B, sekalian bikin para rider 250cc tercengang. Bisa performanya bisa ngalahani yang cc-nya lebih besar. Tapi kalau meninjau harganya yang terkait dengan teknologinya, sepertinya yang A lebih pas. Akan tetapi tentu saja konfigurasi engine-nya jangan sampai kalah dari new ninja250fi ataupun all new cbr250rr.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

8 responses to “Bingung Patent Calon Suzuki GSX R250, Mana yang Bener ?

  1. Blog bung iwf gokil… Pembahasan ttg teknik mesin, gaya bahasa, topik juga out of the box

  2. Salut sama bung iwf… Lanjutkan trs yaaa bro

  3. Pingback: disinformation patent suzuki gsx r250 | MOTOGOKIL

  4. turbo auto easy 50 hp nih.
    apalagi naikin boost nya, ato ganti turbo lebih gede,
    game changer nihh!!

  5. game changer nihh,
    bisa tune boost nya, ato ganti turbo lebih gede,
    50 hp sampe kayaknya

  6. Akhirnya kolom komentar jadi rame lagi

  7. Pingback: Bagaimana Kalau Suzuki GSX R250 Pakai Turbo ? Yang Lain Bisa Jauh Tertinggal | MOTOGOKIL

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan