Menerawang Performa Calon Suzuki GSX R250, Mantab Bro


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.


Gambar-gambar draft dari paten motor suzuki (katanya gsx r300) cukup menarik untuk dicermati. Pasalnya suzuki belum punya platform motor sport 250cc yang pantas untuk meramaikan pangsa pasar di kelas ini. Sementara sudah ada honda cbr250rr, yamaha yzf r25 dan kawasaki ninja 250 fi (new).

Dan seperti awal kehadiran gsx r150, yang didahului gsx r125 versi eropa, maka tidak heran jika gsx r250 didahului oleh gsx r300 versi luar negeri. Jadi jika gsx r300 hadir, maka bersiap-siaplah untuk menyambut kehadiran gsx r250 versi tanah air. Lalu kalau gsx r250 ini lahir kehebohan apa yang akan terjadi ???

Mari kita simak lebih detil gambar patent nya…

Jika diteliti gambar-gambar patent-nya, maka sangat mungkin gsx r250 tidak akan kalah dibandingkan rival-rival yang sudah hadir sebelumnya. Untuk urusan kaki-kaki sudah mengadopsi suspensi USD dan swing arm alumunium die cast dipadu dengan suspensi monoshock dengan link.

Mengenai performa memang belum ada angka pastinya. Sudah apple to apple dengan rivalnya, dua silinder DOHC, overbore, high compression. Kesemuanya dapat disinyalir dari struktur intake dan bentuknya maka bisa dipastikan performanya tidak jauh dari cbr250rr.

Posisi corong udara di depan menantakan adanya tunel dari arah depan. Dengan posisi ini kecepatan relativ motor terhadap udara akan mampu memberikan tekanan lebih sehingga efisiensi volumetrik akan lebih tinggi ketimbang motor dalam kondisi diam ( di atas dyno). Dan dengan sudut intake yang relatif sempit (kurang dari 30 derajat) akan memberikan kecepatan yang lebih saat memasuki ruang bakar. Sehingga dengan semakin tingginya volume udara yang bisa memasuki ruang bakar, potiansial powernya akan semakin besar.

Apalagi dengan diameter throttle body yang terbilang cukup besar, mengindikasikan diameter bore yang juga besar.

Dan jika gsx r150 saja berani bermain di 13000 rpm, maka kemungkinan besar gsx r250 lebih tinggi lagi. Artinya konfigurasi bore x stroke setiap silindernya yang digunakan sangat mungkin sama dengan gsx r125, yaitu 62 mm x 41.2 mm. Artinya jika mengikuti standar aman piston speed (21 m/s), maka rpm maksimumnya bisa mencapai 15200 rpm.

Jadi jangan khawatir dengan perfoma dan fitur gsx r250. Berkaca pada kelahiran gsx r150, maka performa gsx r250 tidak akan mengecewakan. Apalagi jika suzuki mendisain gsx r250 dengan bobot yang jeuh lebih rendah daibandingkan rival-rivalnya, maka akselerasinya bakalan paling top. Dan jika harganya juga didiskon seperti saat munculnya gsx r150, maka bersiaplah pasar sport full fairing akan terguncang dengan kehadiran gsx r250 nanti.

Semoga baermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh

 

 

 

Advertisements

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting