Rider Awam Naik Honda RC213V-S, Bagaimana Kesannya ?

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Minggu lalu, tepatnya di sirkuit sentul dalam acara puncak “RC213V-S MotoGP Street Experience”, AHM mengajak beberapa konsumen menjajal honda rc213v-s. Motor ini adalah motor prototype seperti halnya motornya marc marquez, hanya saja performa dan fiturnya disesuaikan agar legal digunakan di jalan raya. Meskipun demikian, tetap saja motor ini adalah motor yang sangat istimewa, baik ditinjau dari performanya maupun harganya.

Performanya ada dua tahapan, standardnya adalah 156.8 hp, tahap berikutnya ketika dipasangi racing-kit, melonjak menjadi 218 hp. Tentu saja motor dengan tenaga sebesar itu dengan bobot yang hanya 170kg memiliki akselarasi dan topspeed yang luar biasa, bukan motor yang bisa dianggap main-main. Apalagi harganya yang tembus 7 milyar rupiah (jangan-jangan cuma 1 di indonesia), jelas kalau sampai jatuh (crash), biaya reparasinya bisa puluhan juta rupiah.

Karenanya, yang diizikan nyemplak (naik) motor ini bukan rider sembarangan, harus melewati beberapa tahapan pengujian tertentu. Nah pada acara ini (RC213V-S MotoGP Street Experience), persyaratannya adalah :

  1. Ikut acara Kompetisi digital RC213V-S MotoGP Street Experience. Peserta hanya disyaratkan mengunggah foto serta cerita momen terbaik mereka bersama motor cbr kesayangannya.
  2. Dari peserta yang memenuhi syarat pertama yaitu 1089 orang, dipilih 20 kandidat. Yang kemudian menjalani pelatihan dan seleksi safety ridingĀ  dengan menggunakan motor cbr250rr dan cb500f.
  3. Dan dari 20 peserta di atas, dipilih 10 peserta terbaik yang akan berkesempatan naik honda rc213v-s di sirkuit sentul. Tapi sebelumnya mereka dibekali pengetahuan produk motor yang akan ditungganginya
  4. Selanjutnya 10 orang peserta ini dievaluasi kemampuannya menunggangi cbr650f dan cbr1000rr di sirkuit sentul untuk memastikan performanya di atas rc213v-s.

Baru setelah selesai semua tahapan di atas, mereka bisa mencoba menunggangi motor seharga 7 miyar ini sebanyak 3 lap di sentul.

Lalu bagaimana kesannya yang mereka dapatkan setelah melalui tahapan-tahapan tersebut sampai akhirnya berhasil naik di atas motor honda rc213v-s ini ? Berikut beberapa yang bisa iwf (kependekan dari iwan fadilla admin motogokil) simpulkan :

  1. Bangga, karena tidak sembarang orang bisa menungganginya
  2. Surprise, karena begitu menungganginya memiliki sensasi yang memang luar biasa. Baik akselerasi, topspeed maupun handling.
  3. Menjadi sebuah kenangan yang mungkin tidak terlupakan.

Dari semua yang dialami oleh peserta ini jelas sekali bahwa hati mereka telah terpikat oleh honda rc213v-s ini. Dan kesempatan yang mereka rasakan ini seakan-akan telah menjadikan mereka salah satu bagian dari keluarga honda. Dan hal ini partinya sangat menguntungkan bagi honda sendiri jika kebetulan peserta ini adalah penggiat di media sosial, blogger, vlogger atau semua yang bisa meningkatkan engagement honda di tanah air.

Bagaimana dengan honda (ahm) dalam menyediakan honda rc213v-s di tanah air, untuk dirasakan oleh peserta ? menurut iwf tidak ada masalah. Karena jumlah motor honda rc213v lunsuran motogp jumlahnya sangat banyak. baik yang berasal dari marc marquez, dani pedrosa, carl crutclow dan yang lainnya. Mengubahnya untuk menjadi rc213v-s versi acara-acara seperti ini adalah sangat mungkin dan sangat mudah.

Karena orang awam akan sulit membedakan mana rc213v-s yang asli untuk dijual dan mana yang merupakan ex-motogp. Pastinya ex-motogp jauh lebih powerfull, karena sudah mengalami ubahan yang optimum untuk kejuaraan. Cekik sedikit performa di sekitar intake, lift camshaft, timing pengapian, durasi injector dan ukurang exhaust sangat mudah bagi mekanik honda. Barangkali ada yang bisa menghitung ada berapa motor sisa motogp tahun kemarin ?

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya, semoga bermanfaat wassalamu’alaikum warochmatullohi wa barokatuh.

 

1 Komentar

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan