[AISI] Pangsa Pasar Skutik Medium-High Honda Mengguat. Trend Baru Skutik Indonesia


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.


Meskipun katanya ekonomi melemah, akan tetapi terlihat berbeda jika dibandingkan market share (pangsa pasar) scooter matic (skutik) honda. Jika mau dibagi melalui perbandingan harga, maka skutik honda bisa digolongkan dalam katagori low, mid dan high. Low untuk harga di bawah 2 juta, katagori mid antara 20 juta sampai 25 juta dan high di atas 25 juta.

Dan ternyata jika dilihat perkembangannya, terjadi pertumbuhan positif untuk skutik kelas mid dan high. Bisa dilihat tabel ini…

Jika dilihat dari kuantitas skutik honda kelas mid (vario 150) dan kelas high (pcx 150 dan sh150) mengalami peningkatan. Trend nya naik mulai dari maret sampai mei 2018. Dan ternyata kenaikan kelas mid dan high ini dibarengi dengan penurunan kelas low (beat, scoopy, spacy, vario 110 dan vario 125) dibulan mei 2018.

Penambahan kuantitas skutik katagori medium dan high bisa jadi berasal dari pergeseran demand di katagori skutik low, juga bisa dari kelas sport. Bisa juga berasal dari market share kompatitor yang ingin merasakan skutik bongsor lokal dari honda. Pastinya ini menunjukkan bahwa pasar skutik bongsor sangan menjanjikan.

Dari tabel tersebut mungkin bisa ditarik kesimpulan awal, bahwa

” Pabrikan baru yang mau bersaing di varian skutik, labih baik langsung terjun di katagori mid atau high sekalian. Karena prospeknya cukup cerah”

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan