“Kontes Layanan Honda”, Usaha Menggali Potensi Internal untuk Penigkatan Kualitas Layanan

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Salah satu ujung tombak dalam penjualan suatu produk adalah pelayanan (service). Jika produknya sepeda motor maka yang dimaksud pelayanan adalah penyiapan informasi, pelayanan calon konsumen, administrasi, servis berkala dan lain-lain. Yang mana kesemua kegiatan ini harus dilakukan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan presedur yang sudah ditetapkan, sehingga konsumen merasa puas.

Astra Honda Motor dalam hal ini sangat berkepantingan mewujudkan pelayanan yang semakin berkualitas. Salah satu usaha yang dilakukan ahm untuk mencapainya adalah dengan mengadakan “Kontes Pelayanan”. Di mana dari kontes ini akan diketahui secara riil, sampai sejauh mana kemampuan ujung tombak pelayanan yang ada. Dan ujung tombak yang konteskan di sini adalah :

  1. PIC (Person in Charge) Penanggungjawab dealer, baik reguler maupun wing
  2. DM (Delivery Man), Pengantar motor ke konsumen, baik reguler maupun wing
  3. FLP (Front Line Poeple), yang melayani konsumen dalan hal informasi, penjualan, administrasi dan lain-lain, , baik reguler maupun wing.

Masing-masing main dealer akan mengirimkan peserta kontes dalam 3 katagori tersebut. Tentunya yang sudah memenuhi syarat dengan melalui penyaringan yang cukup ketat. Nah kebetulan motogokil sempat ikut serta dalam kegiatan tersebut, dan ternyata cukup bermanfaat baik bagi honda maupun bagi motogokil secara pribadi.

Menurut motogokil, kegiatan ini dapat memunculkan ide-ide kreatif dari dalam (karyawan dealer honda) untuk mendukung kualitas pelayanan. Dan yang paling keren adalah ide-ide yang dilontrkan oleh peserta dalam katagori PIC. Karena para PIC ini memang memiliki kapasitas dan peluang untuk melakukan trobosan-trobosan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya.

Salah satu presesntasi dari seorang pic yang kebetulan sempat motogokil foto nya

Dalam slide ini, PIC mencoba menggambarkan sebuah ide (kreatifitasnya) untuk meningkatkan penjualan motor-motor katagori wing. Yaiu dengan cara mensinergikan beberapa komponen yaitu :

  1. DOS (Dealer Operating Standard)
  2. Media
  3. Blogger

Untuk mengoptimalkan aspek edukasi, informasi dan promosi. Sehingga khalayak dapat mudah menemukan informasi tentang produk, memahami prinsip kerja dan keunggulan produk, dan akhirnya tertarik untuk membeli produk tersebut.

Intinya ide-ide yang terlahir dari kegiatan ini banyak yang bagus untuk dikembangkan. Dan dengan adanya kontes, maka ide terbaik akan tersaring dan memiliki kemungkinan untuk dikembangkan lebih lanjut. Dan jika memang sangat fungsional bagi ahm, ide ini akan ditetapkan sebagai program resmi ahm.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

One response to ““Kontes Layanan Honda”, Usaha Menggali Potensi Internal untuk Penigkatan Kualitas Layanan

  1. Pingback: Adu Inovasi Pelayanan Konsumen dalam Kontes Layanan Honda di Learning Center MPM | the motorbike goes by skill or you get killed

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan