Yamaha Peduli Pulau Terluar, Wujudkan Semangat Persatuan NKRI

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki ribuan pulau, besar dan kecil. Dari sekian banyaknya pulau tersebut, ada pulau-pulau yang sangat jauh dari jangkauan pemerintah. Dan pulau seperti ini harus tetap mendapatkan perhatian dalam hal pemerataan pembangunan di segala bidang, sebagai usaha untuk tetap mempertahankan semangat persatuan dan kesatuan.

Kebutuhan yang sering luput dari perhatian adalah pendidikan di daerah terpenci pulau terluar. Pulau Salura di Provinsi Nusan Tenggara Timur merupakan salah satu pulau terluar yang berbatasan dengan australia. Dan pembangungan khususnya di bidang pendidikan di pulau tersebut, adalah yang termasuk harus mendapatkan perhatian tersebut.

Karenanya yamaha dalam acara puncak perayaan 1 dekade Yamaha Vixion di Indonesia mencoba mewujudjkan keikutsertaannya dalam memajukan pendidikan di pulau salura tersebut. Yaitu dengan  melakukan penyerahan donasi sebesar Rp. 50.453.886, hasil kerja sama dengan kitabisa.com, ke sebuah SD Inpres yang dikepalai oleh bapak Rasyid Longsoh.

Secara geografis, Pulau Salura terletak di ujung selatan Indonesia, berbatasan dengan Australia. Luas wilayahnya kurang lebih sekitar 620 hektar dengan penduduk pulau ini mencapai 568 jiwa.  Kontur alam mayoritas perbukitan dan perjalanan menuju Pulau Salura memang sangat cocok ditempuh menggunakan Yamaha Vixion. Kontur jalan berbukit sangat mudah dilibas mesin 150cc Fuel Injection yang terkenal bertenaga dan responsif. Apalagi didukung rangka Deltabox yang sudah teruji kuat dan kokoh, membuat berkendara lebih stabil di jalan menikung dan menanjak. Berkendara di jalan berlubang dan rusak jadi tetap nyaman karena Vixion dibekali Monocross Suspension yang membuat redaman lebih stabil dan nyaman.

Kegiatan ini diikuti berbagai komunitas Vixion dari berbagai kota di Indonesia. Sepuluh orang mengendarai Vixion menempuh perjalanan sejauh 110 km, dari Waingapu, untuk sampai ke Pulau Salura. Eddy Ang, Deputy GM Marketing PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM), ikut serta dalam perjalanan itu.

Dalam kesempatan tersebut Eddy Ang menyatakan kesannya :

“Melalui kunjungan ke Pulau Salura ini membuka mata saya pribadi, juga Yamaha, bahwa banyak hal yang bisa kami lakukan untuk teman-teman dan saudara-saudara di Indonesia. Ini adalah komitmen Yamaha untuk ikut membantu pemerintah dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.”

 

Donasi pendidikan “VixionR 1 Dekade Peduli” diterima langsung oleh Kepala Sekolah SD Inpres Salura, Rasyid Longsoh. Pria yang sudah menjadi tenaga pengajar di pulau ini sejak tahun 1984 mengapresiasi apa yang diberikan Yamaha. Apalagi Yamaha juga memberikan Power Product Generator seri EF6600E yang berfungsi sebagai sumber listrik agar anak-anak Salura tetap dapat belajar dengan nyaman di malam hari. Sebagai ungkapan rasa terima kasihnya bapak Rasyid menjelaskan kegunaan dari bantuan tersebut :

“Semoga dengan bantuan yang diberikan Yamaha dan yayasan-yayasan lain dapat meningkatkan kesadaran belajar siswa-siswi. Bantuan ini diharap menjadi dorongan bagi orangtua dan guru untuk lebih memperhatikan pendidikan anak-anak Salura,”

Selain itu kegiatan ini merupakan wujud kepedulian terhadap peningkatan kualitas pembangunan dan fasilitas pendidikan terutama di pulau terluar yang sering terabaikan. Sehingga rakyat di pulau tersebut merasa diperhatikan oleh saudaranya di daerah lain yang lebih maju, maka harapannya semangat persatuan dan kesatuan NKRI dapat terus dijaga dan ditingkatkan.

Dan pada ahirnya yamaha vixion telah berhasil membawa tim Yamaha dan komunitas sampai ke Pulau Salura. Membawa misi mulia memberikan bantuan pendidikan, Vixion jadi teman perjalanan yang tangguh melibas segala kondisi jalan. Perjalanan ini adalah awal mula perjalanan Yamaha untuk terus menularkan semangat “Semakin Di Depan”. Suatu saat Yamaha akan kembali untuk melihat anak-anak Salura mendapat pendidikan yang jauh lebih baik.

Yamaha Semakin Di Depan!

Wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Advertisements

$where = 0;

3 responses to “Yamaha Peduli Pulau Terluar, Wujudkan Semangat Persatuan NKRI

  1. maaf oot, tapi saya mau tanya nih penting, kenapa motor sport/bebek super yamaha durasi noken asnya tinggi2, rata2 diatas 260 derajat dan lift 7.5, tapi kenapa peak powernya rendah di rpm yang rendah pula ? kenapa peak power cbr k45g lebih tinggi dan didaapt di rpm yang lebih tinggi pula meskipun durasi nokennya cuma 225 dan lift dikisaran 7 ? padahal lebar klepnya juga cuma beda 1mm dan borexstroke nya juga mirip, harusnya dengan durasi dan lift sebesar itu power old vixion dan r15 v2 diatas cbr k45g, ditambah diasil yang harusnya bikin licin, tapi kenapa malah cbr k45g powernya lebih besar ? terima kasih atas jawabannya

    • biasanya ada pembatasan di jalur intake (sengaja), sehingga ve nya kecil
      jadi kalau ada pembenahan, ve akan naik dengan dibarengi pasokan bensin yang pas power juga naik
      tapi jadi boros…mungkin ini yang ingin dihindari yamaha

    • jadi cara mengatasinya dengan porting bagian intake ya om biar tenaga vixion setara cb? kalo old cb k15 vs cbr 150r k45a gimana ? noken as cuma beda 5 derajat (ocb in 220 205 dan k45a 220 210) tapi kenapa tenaganya beda jauh banget, hampir 1.5-2hp pas di dyno padahal part head dan portingannya sama semua, apa gara2 afr sama timing pengapian kah ?

      kalo k45a sama CBU lebih bingung lagi om, cbu durasi nokennya lebih tinggi in dan ex dia 220 kalo k45a cuma 220 210, tapi kenapa tenaganya pas di dyo lebih tinggi k45a ya ? terima kasih om atas jawabannya sebelumnya, hehe

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan