Power PCX Lokal Labih Tinggi dari Vario 150, Calon Konsumen Skutik Gambot Galau


Assalamu’alaikum  wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Motogokil.com-  Siang tadi dirilis secara resmi spesifikasi honda pcx lokal yang diluar dugaan motogokil. Yang sebelumnya diperkirakan performanya mepet dengan performa vario 150, ternyata jauh lebih tinggi. Selisihnya sampai 1.5 kW atau lebih tinggi 2 ps dibandingkan vario 150. Apa nih kira-kira ubahannya ? Nantilah dibahas di artikel lain.

Sehingga bayangan pcx lokal bermesin vario 150, tertepis dengan sendirinya. Meskipun identik, paling tidak ahm telah melakukan upgrade performanya yang lumayan banyak (sampai  ps). Tentu saja hal tersebut memang harus dilakukan, mengingat dengan body yang lebih gambot, pastinya bobot pcx lokal juga lebih berat dari vario 150.

Selain spesifikasi yang lengkap, disampaikan pula bahwa harga pcx lokal adalah 27.7 juta (non abs) dan 30.7 juta (abs). Lebih tinggi dari sang sang rival, yaitu yamaha nmax yang dibandrol 26.3 juta (non abs) dan 30.2 (bs). Kombinasi perfor dan harga serta kelengkapan fitur-fitur inilah yang dapat membuat calon konsumen skutik gambot jadi galau pilih yang mana.

Supaya jelas komparasinya, mari dilihat beberapa spesifikasi penting yang bisa dijadikan acuan untuk memilih, pcx lokal atau nmax 155 vva. Berikut ini tabelnya

Ternyata meskipun power pcx lokal sudah lebih tinggi dari vario 150, akan tetapi masih kalah sedikit dibandingkan nmax, selisih 0.3 kw (atau sekitar 0.41 ps). Sedangkan torsinya meskipun juga lebih tinggi dari vario 150, tetap masih kalah dengan torsi nmax. Bobot pcx lokal pun ternyata lebih berat, sehingga di atas kertas baik pwr maupun twx, nmax masih lebih unggul dibandingkan pcx lokal.

  • Pwr pcx lokal 0.112 ps/kg vs nmax 0.119 ps/kg
  • Twr pcx lokal 0.099 Nm/kg vs nmax 0.113 Nm/kg

Menurut motogokil wajar sih performa nmax lebih unggul dibandingkan pcx lokal. Karena memang kubikasi nmax lebih besar yaitu 155 cc, sedangkan pcx lokal hanya 149.3 cc. Dari data ini pula dapat diketahui produktifitas engine dalam menghasilkan power. Ternyata hasilnya produktifitas engine pcx lokal sedikit lebih besar, tapi torsinya masih kalah dari nmax

  • Power/cc pcx lokal 0.098 ps/cc vs nmax 0.097 ps/cc
  • Torsi /cc pcx lokal 0.087 Nm/cc vs nmax 0.093 Nm/cc

Jadi kesimpulannya, performa nmax masih lebih unggul dibandingkan pcx lokal. Hal ini disebabkan karena kubikasi nmax lebih besar, dan bobotnya lebih ringan. Beberapa keunggulan nmax yang lain adalah sok belakang bertabung (sub tank), harga yang lebih murah dan teknologi head yang lebih maju (vva 4 klep).

Sedangkang honda pcx lokal memiliki keunggulan yang lain yang tampak oleh mata dan bisa dirasakan langsung oleh konsumen. Kelebihan tersebut adalah :

  • ACG starter, menghasilkan proses penghidupan mesin yang lebihlembut dan senyap
  • ISS, menjadikan konsumsi bensin lebih irit, jika sering kena lampu merah yang lama
  • Sumbu roda yang lebih pendek, menjadikan lebih mudah bermanuver menembus kemacetan
  • Tangki bensin 8 liter, lebih besar sehingga lebih jarang ke spbu
  • Keyless, alarm dan answer back, meningkatkan keamanan dan kemudahan saat parkir
  • Power outlet, memberikan fasilitas rider untuk men-charge handhpone atau powerbank saat diperjalanan
  • Style yang baru lebih fresh dan lebih mewah.

Nah bagi yang suka performa, tentunya nmax lebih menarik. Tapi bagi rider yang memiliki kondisi seperti ini :

  • Suka kenyamanan baik saat touring maupun bermacet ria.
  • Tidak suka sering mampir ke spbu
  • Menginginkan tingkat keamanan yang lebih tinggi
  • Memerlukan fitur-fitur yang lebih lengkap
  • Menginginkan style yang lebih segar

honda pcx lokal akan sangat memikat hati. Selanjutnya tinggal style riding mas bro, suka ngebut atau nyantai kalau bawa skutik ? Silahkan pilih sesuai dengan gaya dan selera, baiknya test ride dulu, supaya pas dihati.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

15 responses to “Power PCX Lokal Labih Tinggi dari Vario 150, Calon Konsumen Skutik Gambot Galau

  1. tenaga nambah, torsi berkurang. loh ini mesin sport atau matic? masa mentingin power over driveablity (torsi di rpm rendah)

  2. motor honda kok rata rata lebih berat dri ymh, apa karena beda material di piston?

  3. semoga maxi scooter suzuki desain nya lebih bagus dari burgman street yg di india

  4. Memang klo dilihat dari samping PCX ini roda belakangnya kayak “mbelesek/masuk” ke dalam kolong, taunya emang desainnya gitu biar sumbu roda pendek, namun jadi agak wagu malah kesannya seperti motor bebek yang dimodif ala anak2 alay dengan memendekkan sumbu roda belakang.

  5. lha sekarang H S Y ambil part dari india thai viet cina indonesia dah wajar cari murah toh yg punya jipang jg , terima aja belilah kwalitas

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan