Nyobain Pengeraman Aerox ABS…Mantab


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.


Motogokil.com- Akhirnya kesampaian juga nyobain test rider aerox tipe tertinggi. Yamaha aerox tipe-s, dimana pada tipe ini mengusung fitur yang paling menarik (menurut motogkil) yaitu kunci kontak sistem keyless dan pengeraman abs. Dua buah fitur canggih yang menjadi andalan yamaha aerox tipe ini.

Sistem keyless mirip-mirip dengan keyless suzuki gsx r150. Hanya saja bentuk knopnya lebih manis dan cakep, jadi tidak membuat motogokil penasaran.

Justru yang membuat penasaran adalah sistem pengereman abs-nya. Motogokil ingin tahu seberapa signifikan efek dari abs bagi pengereman sebuah skutik bongsor seperti aerox ini.

Ya sudah nggak kebanyakan cing-cong langsung coba saja di jalan lurus turunan. Dimana di ujung jalan terdapat keramaian menjelang prapatan keluar perumahan. Untuk meyainkan performa abs aerox ini, motogokil juga membonceng penumpang dengan bobot sekitar 60 kg.

Melaju kencang di jalan lurus, mulus dan turunan sungguh ssangat menyenangkan. Entahlah kecepatan di speedometer menunjukkan angka berapa, motogokil fokus pada kendaraan di depan yang mendekat dengan cepat. Dan pencet rem depan, bejeg sekuatnya, dan apa yang terjadi saudara-saudara ?

Aerox melambat dengan cepat tanpa ada gejala akan terjadi stoppie. Dan boncengen juga tidak kaget dan melorot kedepan dengan kuat. Sedikit dorongan saja tidak membuat rider (motogokil) tertekan.

Sepertinya fitur pengereman abs ini benar-benar sangat siginifikan performanya dibandingkan pengeraman konvensional. Dan akan sangat berguna bagi skutik yang menentut pengereman cakram yang pakem (karena minim engine brake). Sehingga dengan abs ini, rider lebih mudah mengendalikan motor saat panic braking, dan maminimalisasi kehilangan kontrol pada motornya.

Bagi yang mengutakan keselamatan, sepertinya opsi sistem pengereman abs ini bisa dianggap sebagai fitur utama. Sehingga cocok sekali, mesin powerfull dikombinasi dengan pengeraman yang mantab. Bisa melaju kencang tanpa takut kehilangan kontrol pengendalian. Tapi tetap hati-hati yan bro naik aerox, banyak rider yang nggak faham dengan tatacara berkendara di jalan umum, yang bisa menjadi sebab kecelakaan.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rachmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

4 responses to “Nyobain Pengeraman Aerox ABS…Mantab

  1. apa betul, bawa aerox155 itu bikin gaya riding lebih agresif..? soalnya ada yg merasa gitu, mungkin akibat tenaga yg lebih dibanding batic sekelasnya.

    #serius_nanya

    • Itu tergantung orangnya mas. Lebih banyak penunggang metik kecil yg lebih agresif terutama bead dan scoopy mana cewek2 lagi yg bawa…

    • spurane yaa tdk jawab… terlalu tentatif pertanyaannya….

      wuuuiiih virus sangat menular kii pak dosen…
      hati2 loo kalau banyak yang tertular virusnya

    • Kalau menurut pengalaman saya jawabnya iya. Karrna tenaga dan handling aerox ini lebih daripada matic lainya, handling mantab karena pengaruh ukuran ban dan velg yang klop, karena ada yg banbesar tp velg nya kecil, jadinya maksa dan ngedonat, dan ban besarnya kurang optimal, tp hal initidak terjadi pada aerox, pluss tenaga aerox dan torsi yang berlimpah.* Sekedar share, bukan bc bukan sales*

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan