Ingin Serbu Pasar Asia, Aprilia Bore-Up Engine RS 125 Jadi 150 CC


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Siang ini di india, aprilia memperkenalkan motor sport barunya RS 150 dan Tuono 150 di Auto Expo 2018. Motor ini dijejali fitur dan part yang eksotis walaupun hanya 150 cc (lihat gambar di atas). Tentunya keren banget di mata rider motor sport 150 cc di tanah air.

Sekilas rs 150 dan tuono 150 seperti versi kecil dari superbike aprilia seperti rs1100. Akan tetapi jika bro pernah melihat aprilia rs 125 dan tuono 125, maka akan tahulah bahwa motor-motor tersebut identik hampir di semua aspek. Perbedaannya hanya pada kubikasinya, dan tentu saja performanya.

Coba bandingkan penampakan aprilia rs 150 dan rs 125, sama kan ?

Nah sekarang mari dilihat apa yang berbeda dari spesifikasinya

Jika dilihat spesifikasi dan fitur yang tampak, terlihat banyak kesamaan, atau bisa dikatakan identik. Seperti diameter usd, diameter cakram depan dan belakang. Karena berbeda kubikasinya, tentu saja berbeda pula konfigurasi bore x stroke-nya.

Jika melihat bore x stroke dari rs 125 yang 58 mm x 47 mm, maka untuk menghasilkan kubikasi 150 cc bisa dilakukan bore-up maupun stroke up.

  • Jika stroke up yang dilakukan maka panjang stroke nya harus sekitar 56.5 mm. Sehingga konfigurasi bore x stroke nya menjadi 58 mm x 56.5 mm.
  • Sedangkan jika di-boreup, maka untuk mencapai 150 cc, diameter bore harus sekitar 63.7 mm, sehingga konfigurasi bore x stroke nya menjadi 63.7 mm x 47 mm, mirip konfigurasinya cbr150 old 63.5 mm x 47.2 mm.

Karena aprilia adalah motor kencang, jika dilihat dari speedometernya, di mana limiternya ada disekitar 12000 – 13000 rpm. Kemungkinan besar stroke rs 150 tetap di 47 mm sama seperti rs 125. Perhatikan speedometer ini

Apalagi jika dikomparasikan, panjang silinder dari rs 150 identik dengan rs 125, maka kemungkinan besar panjang stroke nya tetap 47 mm.

Jadi menurut motogokil, kemungkinan besar aprilia rs 150 adalah versi bore-up dari rs 125. Pertanyaannya adalah;

“Apa perlunya aprilia merilis versi 150 cc sementara vesri 125 cc sudah tersedia ?”

Tidak lain dan tidak bukan, karena karena aprilia bersiap menyerbu pasar asia. Di mana sport versi 125 tidak dilirik oleh konsumen, sementara sport 150 cc justru menjadi primadona. Pangsa pasar yang sangat besar menanti di india, thailand, Indonesia, malaysia, philipina dan negara-negara asia tenggara lainnya. Juta-an calon konsumen, sudah pasti mejadi daya tarik yang kuat bagi aprilia.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum warochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

9 responses to “Ingin Serbu Pasar Asia, Aprilia Bore-Up Engine RS 125 Jadi 150 CC

  1. Ane kok malah yakin stroke up ya
    Kenapa? Kalo yang 125cc aja bisa 15 ps harusnya kalo bore up bisa 20 ps

    Kedua, kalo stroke up kok rpm max power dan torsi malah turun? Harusnya justru naik kalo mau ngejar performa, malah lebih rendah dari cbr k45a
    Apalagi torsi max nya turun jauh,,
    Semakin meyakinkan kalo ini adalah versi stroke up

    • kalo bore up tapi spesifikasi headnya sama persis bukannya posisi max powernya turun ya? kaya jumex boreup 150 cc max power dari 8500 rpm jadi sekitar 8000 rpm

    • Lebih ke bore up sih malahan, lagian piston speednya agak riskan kalo beneran limiter di set 13.000rpm. lbh mengena bore up, overbore, sejalan dgn tujuan utama motor fairing ini. 18hp itu kan stock nya. Kalo aprilia mau bs aja dia bikin 21hp. Disini yg jd pertanyaan ya isi di blok dan headnya itu pake konfigurasi brp dan ukuran klep+tb brp..

  2. Moga lahir di Indonesia biar lebih rame. 30 jutaan pasti laris

    • Wkwksk 30 jt bisa matiin pasar sport fairing yg ada skrg (baca: jadi overprice).

      Masuk akal harga 45jt an masbro kalo liat part eksotiknya. Lah india vs indonesia utk r155 aja beda upside down 37mm selisih 5 jt (pdhl india pake sari guard, mud guard, mata kucing jg, blm detil kecil lain), gimana punya aprilia ini pake usd 40mm, blm armnya, sasisnya, dll nya yg wow. Desain ikut selera lah ya

  3. pilihan menarik ini kalo dibawa ke indonesia, asal harga masuk akal aja :v

  4. “Apa perlunya aprilia merilis versi 150 cc sementara vesri 125 cc sudah tersedia ?”

    Tidak lain dan tidak bukan, karena karena aprilia bersiap menyerbu pasar asia. Di mana sport versi 125 tidak dilirik oleh konsumen, sementara sport 150 cc justru menjadi primadona. Pangsa pasar yang sangat besar menanti di india, thailand, Indonesia, malaysia, philipina dan negara-negara asia tenggara lainnya. Juta-an calon konsumen, sudah pasti mejadi daya tarik yang kuat bagi aprilia.

    *setujuuuuuuuuuuu

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan