Permasalahan Engine yang Dihadapi Tim Unggulan Motogp 2018, Beda-Beda

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Menjelang tes sepang kemarin, ternyata tim-tim unggulan motogp masih berkutat dengan masalahnya masing-masing. Sesuai dengan tipikal motor mereka ternyata permasalahan di tahun 2017 kemarin masih mendera mereka. Dan perbaikan sekecil apapun akan sangat berarti dalam memangkas laptime saat balapan nanti.

Mari kita mulai…dari tim pabrikan yamaha movistar

 

Yamaha

Permasalahan yamaha yang paling cruisial adalah ketahan ban di setengah balapan terahir. Perbaikan yang dilakukan yamaha adalah dengan menjadikan power delivery lebih linear, sehingga bisa mengurangi stress pada ban. Dan juga sedikit oprekan pada sisi ecu magneti marelli akan dilakukan guna mendapatkan kecepatan dan peningkatan ketahanan ban, terutama ban belakang.

Ducati

Permasalahan ducati masih sama, yaitu susah belok. Dan ducati masih terus berusaha, agar usaha yang dibutuhkan untuk membelokkan motor ini semakin ringan, harapannya lorenzo mampu memberikan solusi atas masalah ini. Beberapa usaha yang dilakukan adalah penguatan pada mounting swing-arm dan sedikit modifikasi muonting mesin pada bagian head silinder belakang.

Honda

Karena honda rc213v adalah pemenang motogp 2017, maka bisa dianggap tidak memiliki masalah yang berarti. Akan tetapi untuk menghadapi musim 2018 honda telah melakukan revolusi pada engine rc213v-nya. Akibatnya penanganan ecu juga harus di”rombak” mengikuti revolusi pada engine-nya. Tentunya jika oprekan insinyur pada ecu tidak optimum, ini akan memberikan masalah pada saat balapan nanti.

Untuk tim-tim lain, masih berkutat pada performa engine dan handling. Sehingga pada tahun 2018 ini terjadi revisi baik di engine dan juga sasis. Maka akan timbul permasalahan dalam pengujian dan pengumpulan data dalam waktu yang sangat pendek, sebelum mesin dibekukan.

Ok sementara itu dulu masbro pencinta motogp. Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

One response to “Permasalahan Engine yang Dihadapi Tim Unggulan Motogp 2018, Beda-Beda

  1. Pengen tau hsil test di buriram udah kyk gmn tuh

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan