Sub Tank Air Suspension Yamaha Aerox R Bukan Isapan Jempol, Mantab Bro


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.


Yamaha Indonesia (YIMM) menyajikan aerox dalam 3 tipe, standard, R dan S. Aerox tipe standar sudah motogokil coba (test ride) beberapa mingu yang lalu, dan impresinya juga sudah motogokil tuliskan dalam artikel terdahulu. Nah sekarang giliran aerox tipe r yang juga sempat motogokil test seminggu yang lalu, akan motogokil sampaikan impresinya bagi para pembaca.

Perbedaan antara aerox tipe standar dan tipe-r hanya 2 bagian, yaitu cakram depan yang berbentuk petal disc (wave type disc brake) dan sok belakang tabung (sub tank air suspension). Mengenai cakram depan, motogokil belum bisa membedakan antara tipe standar dan r, hampir sama rasanya. Akan tetapi untuk sok belakang tabung pada aerox tipe-r, sangat terasa perbedaannya dibandingkan tipe standar.

Jika berjalan pada jalanan aspal yang mulus, perbedaan hampir tidak terasa, sama saja. Akan tetapi ketika melibas jalan keriting, berlubang sedang atau polisi tidur dalam kecepatan yang cukup tinggi, baru bisa dirasakan perbedaannya. Pada tipe standar redaman sok belakan terasa keras, sedangkan pada tipe-r terasa lebih empuk. Sangat nyaman bagi tulang punggung dan juga bokong.

Barangkali bisa digambarkan dengan ungkapan ini

  • Tipe standar : dak dak dak
  • Tipe -r : dabh dabh dabh

Kira seperti itulah perbandingan kekerasan sok belekang aerox tipe standar dan tipe-r.

Bagi anak muda yang bida riding sendirian, sepertinya perbedaan tersebut tidak menjadi masalah. Karena memang semangat masih tinggi dan tubuh masih segar-bugar. Tapi bagi orang yang cukup berumur, hentakan bagian belakang yang keras, tentu saja mengakibatkan ketidak nyamanan. APalagi bagi boncenger, akan sangat terasa hentakan tersebut, terutama bagi tulang punggung (geger ).

Jika rider/owner aerox tipe standar, menginginkan redaman sok belakang seperti tipe-r, silahkan tebus dan pasang sok belakang tipe-r. Harganya tidak mahal, hanya sekitar 1.1 juta sampai dengan 1.25 juta sepasang (kiri-kanan). Memasang sendiri juga mudah, karena baut sok bagian atas, jelas terlihat, tidak seperi nmax yang tersembunyi dibalik cover.

Sementara itu dulu mas bro, sedikit impresi test ride aerox tipe-r ala motogokil. Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum warochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

6 responses to “Sub Tank Air Suspension Yamaha Aerox R Bukan Isapan Jempol, Mantab Bro

  1. Apakah panjang total sama dan bisa dipasang di Nmax?

    • Untuk nmax kan tinggal pake dari nmax yang baru
      Cuma ya tabungnya mentok spakbor atas

    • Shock standar nmax lebih panjang 2cm dari shock standar aerox (type biasa dan type R).

      Shock aftermarket nmax pnp aerox, tapi jadi lebih tinggi. Vice versa.

      Ane pasang shock KYB buat nmax di aerox kesayangan

  2. Wah ini nih racun.. yg single shock entry level mudah2an segera menyusul. Mayan kualitas pabrikan nih..

  3. bukan tabung oli kek tiger kan? karena waktu di bully dibandingkan apache, para ngepbeha gak terima, dalihnya tabung oli tiger lebih advance dan canggih dari pada canister gas nya apache TVS.

  4. https://sakahayangna.com/2017/11/24/bukit-pelangi-rainbow-hill-tujuan-asik-buat-sunmori-santai/

    Mantaafff.. Semoga next metik entry level, medium & premium shockbreker standarnya sudah model tabung..

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting