Awal Tahun 2018 Motor-Motor Honda Dirundung BC


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Awal tahun 2018 ini menjadi awal yang kurang menyenangkan bagi pencinta motor honda yang sering merselancar di dunia maya. Karena banyak sekali publikasi-publikasi yang secara judul begitu vulgar, mengkritisi produknya. Hal ini terkait beberapa kejadian yang kebetulan terjadi secara berdekatan.

Beberapa blogger begitu tendensius menuliskan judul artikel yang seakan hal tersebut tanggung jawab pabrikan (BC). Banyak blogger papan atas yang masih terdiam, menunggu saat terbaik menerbitkan artikel. Sementara banyak juga blogger yang membahas sekedarnya, mumpung rame, lumayan meningkatkan hit. Itulah fenomena perbloggeran otomotif yang berhasil motogokil amati.

Dari kondisi itu motogokil berharap, semoga masih banyak blogger yang mau menyampaikan sesuatu yang mencerahkan bagi pembacanya. Utamanya terkait dengan beberapa kejadian yang menimpa motor-motor honda baru-baru ini. Misalnya dengan beberapa asumsi yang berlaku umum, juga beberapa teori keteknikan yang menunjukkan bahwa kejadian tersebut bisa menimpa pabrikan manapun saat ini.

Seperti pembahasan yang lalu mengenai patahnya triple clamp all new cb 150r, menjadi gambaran bagaimana blog motogokil.com bersikap. Untuk 2 kasus berikutnya, motogokil cuma bisa sedikit memberikan gambaran, yaitu :

Honda CRF 150L Terbakar

Diduhului oleh modifikasi sistem pengapian dari injeksi menjadi karbu. Kombinasi antara karbu banjir dan “luka” nya kabel koil, mengakibatkan kebakaran. Dan beberapa kejadian terbakarnya sebuah kendaraan disebabkan oleh kombinasi 2 kejadian ini, yaitu :

  • bensin bocor, tumpah dll
  • kabel pengapian cacat/luka/putus yang memungkin terperciknya bunga api
  • api dari luar, seperti percikan api karena gesekan aspal dan part logam, api dari korek (saat memasang scotchlite)

Dan kejadian seperti ini sudah mafhum, bisa menimpa kendaraan apapun baik mobil maupun motor. Seperti yang sempat viral beberapa tahun yang lalu, kebakaran motor yang menimpa nvl, satria fu bahkan moge dan motor motogp. Yang mana penyebabnya sama, api dan bensin bocor. Berikut ini parade motor terbakar

Velg Vario Pecah

Mengenai cacat pada velg baik hanya peyang ataupun pecah, penyebabnya beraneka ragam. Akan tetapi motogokil coba urut dari yang paling sering, yaitu

  • Kondisi lubang di jalan, baik dalamnya ataupun kelandaianya. Lubangnya yang frontal/bersiku/ujung lancip, lebih bisa menyebabkan ban dan velg pecah sekaligus.
  • Kecepatan dan bobot motor, semakin cepat dan semakin berat bobot motor maka energi tumbukan antara ban dan sisi lubang semakin besar, kemungkinan velg cacat juga semakin besar
  • Ukuran ban, semakin kecil diameter dan ketebalan ban, semakin rawan velg cidera, karena ban tidak mampu menahan sisi lubang untuk menyentuh bibir velg.
  • Tekanan angin, semakin sedikit/rendah tekanan angin (kempes), maka semakin rendah redaman dan perlindungan ban terhadap velg, dari sisi lubang di jalan rusak.
  • Redaman dari sokbreker (suspensi), semakin kaku/keras, velg semakin beresiko cacat terkena lubang
  • Material velg jelek, rapuh dan mudah pecah.

Jadi penyebab velg rusak ada banyak, perlu investigasi yang valid. Sehingga dapat diketahui apakah faktor terbesar penyebabnya adalah pengguna/rider (suka ngebut, terabas lubang tanpa ngerem, tidak peduli tekanan angin ban, overload), lingkungan (jalan yang kualitasnya kelewat buruk) atau pabrikan (material velgnya yang jelek dan sokbreker yang kaku). Dan jika ternyata pabrikan yang salah maka harus ada kompensasi bagi rider.

Dan yang mengalami velg peyang atau pecah (khususnya cw), sudah tidak terhitung banyaknya. Terjadi baik pada mobil juga motor, bahkan pada motor velg jari-jari juga sering terjadi. Bukan cuma velg murah, bahkan velg mahalpun akan mengalaminya tergantung tingkat shock yang dideritanya.

Bagi biker tulen sudah tidah aneh jika terjadi velg peyang, speleng ataupun pecah dan mbliyut jadi bentuk “love” atau angka 8. Karenanya banyak sekali (berjejer) bengkel reparasi velg, atau yang biasa di sebut ahli senter velg di pinggir jalan seluruh kota besar di Indonesia.  Inilah lokasi senter velg yang terkenal di malang jatim.

Nah para pemirsa motogokil, sekarang kita tahu (atau memang dari dulu sudah tahu/biker smart), bahwa kejadian-kejadian yang tidak mengenakkan yang menimpa sebuah motor ternyata banyak sebabnya. Bisa karena pengguna, lingkungan dan juga pabrikan. Rider yang baik/bijak (blogger otomotif harus lebih) seharusnya menganggap hal ini sebagai suatu hal yang biasa saja. Karena bisa menimpa siapa saja, merek motor apa saja dari pabrikan mana saja.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Advertisements

$where = 0;

22 responses to “Awal Tahun 2018 Motor-Motor Honda Dirundung BC

  1. Velg vixion rompal nabrak trotoar aja kena BC kok sampe ada statement “Kualitas?”

    Lha klo Honda? Emang ada? Kan kagak…

    • Wkwkwkwk….., komen ane yg kemarin udah raib, pasti mak jleebb banget, hweheheheh….XD

      • Gw mah udh gak bisa komeng the blog yg itu

        Wkwkwkkwwk

        • @admin yg benar & terhormat..??
          Itu cb sama crf udah benar2 ada bukti aslinya gitu,,masiiih aja
          anda & AHM menggelak tak mau tanggung jawab…!!!!
          Hellooooo….
          Lupa mesin protol berjamaah…??
          Entah kenapa kalo yg bossokkk kelakuan ASTRA HONDA MOTOR selalu aja dibela mati2an…????
          Seakan2 produk mereka itu kualitasnya setara superhero hollywood superman…??
          Heran bener gua..???
          Bayaran 2 digit dibela2in
          sampe segitunya …..???
          MasyaAllah tenan….!!!
          Ngurut dodo tenan…!!!
          Konsumen NKRI yg hobi baca blog otomotif itu sudah pada paham gimana kelakuan kalian
          blogger2 ternakan AHM yg ngomong kualitas jas jus jes jos & ternyata jebul2e kualitas jeblokkk busssukkk bosssokkk zong permanen…!!!!
          Udahlah gak usah
          menipu dirimu sendiri…!!!
          Katakan benar jika benar
          Katakan bossokk
          jika memang BOSSOKKK…!!!
          Lha wong pada tau agama kok
          malah pura2 bego’k berjamaah..??
          Apa gak mampu cari duit halal diluar sana apa…???
          Hallooo…
          Gak blogger AHM cicken suwiwi,
          Gak blogger Yimm garpu karat,
          Kelakuane podo bejate…!!!
          Kapan kalian kembali ke prinsip kalian sewaktu pertama kali ngeblog…!!!
          Bukankah impian kalian itu
          membela konsumen & mencerdaskanya…???
          Helloooo…???
          Tapi kalian sekarang sudah terlena dg duit gak berkah..!!!
          Makanya mata hati kalian sekarang ini sudah di tutup oleh tuhan akan hidayah keberkahan & kebaikan yg hakiki…?????
          Hallooo admin…..???

          • halooo ada apa bro ?
            silahkan berpendapat tentang siapapun, tapi jangan memaksakan pendapat ente ke orang lain, termasuk blogger
            karena masing-masing punya background keteknikan yang berbeda

            kalau ada motor rusak, walaupun ada buktinya maka sangat gegabah jika dijeneralisir semua motor pabrikan rusak, ini adalam opini yang sangat bodoh, bahkan bodoh sekali alias idiot

            sama halnya dengan, jika ada yang mengira bahwa isis adalah gambaran orang islam, karena boleh jadi anggota isis ada yang muslim, akan tetapi mayoritas muslim sangat jauh dari ciri-ciri isis.

            lagi pula rusaknya suatu produk, belum tentu karena kualitas yang buruk. akan tetapi ada banyak faktor yang menyebabkan, termasuk perilaku rider. jadi sebelum menfonis kronologinya harus jelas dan benar (bukan tipu-tipu).

            haloo bro…jadi ngurut dodo ?
            banyaklah berpikir, membaca, dan cari referensi yang valid sebelum komentar. sehingga nanti di akhirat tidak akan dituntut jika ternyata komentar ente salah sasaran.

  2. Tukang awut-awut

    Menanggapi suatu hal yg biasa saja ??!!
    Wkwkwkwk…
    Untuk velg masih wajar mungkin karena penggunaan
    Klo rangka protol cbsf gimana om.. ??? Atow Vixi ngebul atow Fu150 yg sering rusak membran karburator nya padahal motor baru
    Mungkin klo 1-2 kasus masih wajar klo udah lebih dari itu ??
    Dulu jarang banget rangka protol kecuali motor kategori motor tua .
    Silahkan dikunyah-kunyah sob
    Agar kita lebih sering dibodohi pabrikan
    Muehehehe

  3. Bedakan BC (black campaign) sama NC (negative campaign).

    BC itu kalo konten yg dibuat isinya fitnah & tuduhan yg TIDAK berdasarkan fakta.

    Klo orang sharing & cerita suatu hal yang benar2 nyata terjadi itu bukan BC.

    Klo orang sharing & cerita hal yg benar nyata terjadi / dialami dan kbetulan itu hal yg negatif / ga ngenakin itu namanya NC
    & itu ga slah, itu justru bagian dari edukasi konsumen tentang kenyataan yg terjadi di lapangan & diajarin utk dewasa klo ga smua yg dia yakini itu kebenaran mutlak.

    Fansboy buthurt aja yg ga kuat trima kenyataan kalo produk pujaan yg diyakini nomor satu ternyata ga seindah yg dia kira dan beritanya nyebar kemana2, jadi baper kalap triak2 BC tanpa tahu apa definisi BC sendiri.

    • Menurut ane nc bisa jadi bc, jika ternyata peristiwa yg di share ternyata mengandung unsur tipuan atau sok tahu. Yang kemudian dishare oleh fihak lain, tanpa ia tahu bahwa ada penipuan di dalam nya.

  4. Apapun itu nc atau bc ada baiknya pihak ATPM melakukan investigasi dan memberikan klarifikasi secara jujur thdp kualitas produknya, selain untuk menjaga reputasi brandnya sekaligus sebagai tanggung jawab serta keperdulian ATPM terhadap konsumen.
    Saya fikir ini positif meskipun tetap ada bc/nc ‘panasbung’ merek kompetitor.

    Ngak perlu mengerahkan ‘panasbung’ apalagi mengerahkan bloger membuat artikel pengiringan opini. Kecuali memang kualitas produknya dibawah standar, cacat dan ada unsur tipu2…

    Jadi kita tunggu saja press conference mereka…

  5. Menurut ane nc bisa jadi bc, jika ternyata peristiwa yg di share ternyata mengandung unsur tipuan atau sok tahu. Yang kemudian dishare oleh fihak lain, tanpa ia tahu bahwa ada penipuan di dalam nya.

    maaf, saya tidak setuju dengan kalimat ini, dibilang mengandung unsur penipuan lha wong ada buktinya kok, ada fotonya kok, ada fakta otentiknya kok, nipu dari mana? kalo dibilangnya penipuan itu misalnya ngomong2 sama orang lain bahwa ini jelek itu buruk namun tidak disertai adanya bukti dan fakta yg otentik, karena bisa menimbulkan persepsi negatif bagi pihak yang digunjingkan keburukannya, akan tetapi kalo memang ada faktanya ada bukti konkretnya seperti kasus rangka CB yang prothol tersebut ya tentu tidak salah untuk dibahas, karena ini sudah menyangkut nyawa orang yg naikinnya, bahas tentang bagaimana sebenarnya kualitas pabrikan yg buat, soal quality kontrolnya mungkin dlsb, yaaaa…kalo dibilang bossok bin busuk ya memang itu tidak dibenarkan (bagi pihak yang merasa dirugikan) tapi juga tidak sepenuhnya salah, karena walau bagaimanapun juga konsumen berhak mendapatkan informasi perihal keburukan dari suatu produk, bukan malah ditutup2i, atau berusaha sekuat tenaga untuk mengelak dengan mengatakan jangan melakukan black campaign, lhah… itu bukti sudah ada kok! biar pabrikan yg mendapat musibah bisa sadar agar jangan mempermainkan produknya perihal kualitas dengan konsumen tanah air kita ini.

    • Pernah denger kasus cbr250rr oli meler? Coba Browsing, kira2 tipuan bukan?

      • soal tipuan atau nggak, ngapain harus lari ke oli rembes CBR250RR, beda urusannya. sekarang yang sudah jelas2 saja dan lagi viral akhir2 ini, itu diatas juga udah ada buktinya tow, bahwa rangkanya beneran prothol, hal semacam ini harus disebarluaskan biar seluruh masyarakat segala lapisan tau, tidak hanya soal komstir oblak dan atau knalpot ngebul doang, hwehehehe…. 😀

        • bukti saja nggak cukup
          tapi perlu lihat kronologinya dengan jelas dan jujur
          mengenai kasus rembesnya oli cbr250rr, awalnya owner ngotot bahwa mesin kondisi standar ting-ting, setelah diselidiki (wawancara dll) ternyata pernah melakukan modifikasi mesin terkait dengan aplikasi knalpot racing, nah in yang disebut nggak jujur (tipuan)
          nah untuk rangka cb150r protol juga demikian, jangan cuma melihat protolnya, akan tetapi lihat kronologi sebelumnya

          kalau knalpot ngebul yang sudah diverifikasi bos yamaha…katanya wajar jika mesin berputar 8000 rpm (masih inget ???)

  6. Tukang awut-awut

    Om MOTOGOKIL sekrg musim 200km crf menggelitik tuch.. gimana tanggapan om ??
    Ngah Ngah Ngah..

    • Tukang awut-awut

      Mungkin si empunya ngasih mimik solar ke crf nya , begitukah om..??
      Silahkan dikunyah-kunyah sob
      Muehehehe

  7. yg masalah satu kejadian menimpa satu motor,

    kemudian digeneralisir bahawa semua motor dgn merk dan type yg sama ,

    kulitasnya sama,

    • Velg mio peyang
      Komstir vixion lemah
      Rangka vixion karatan

      Dan ketika ada yang kena karma langsung pada bilang jangan generalisir?
      Ga inget kerasnya BC ke ketiga hal yang gw sebut diatas??

  8. dunia info dan internet dah luas, konsumen juga tau info,

    hukum alam kok, kalu barangnya jelek, pasti di tinggal,

    contohlah motor hp cina yg biasa aja atu motor cina jaman dulu.

    ngk usah ngatain org yg beli motor merk “A” bodoh” sampe gatain ortu juga.

    ngak perlu lah memaksakan prinsip kita ke org lain,

    • Motor beda ama hp, minerva vx bagus kok malah kualitas tvs diatas Honda dan yamaha malah gak laku. Kualitas my ass…

      Coba lu tendang spakbor beat terus lu tendang spakbor dazz mana yg patah.

      Mesin? Sblm Sonic ngelawan Mx King dan Fu, tormax udh ngegarap FU di MP.

      Podium maximal podium 2.Sohc 3 klep.

    • @bdt biar.in aja bro memang tabiat dan penghidupan mereka caranya gitu.. nyinyirin produk tetangga… make aja kagak tapi nyinyirnya nglebihi dr yg punya produk.

      toh hukum alam dan hukum pasar selalu berlaku seimbang kog produk dan sikap produsen yang memihak konsumen selalu yang dihati calon buyer..

      ada produk biasa aja tp pelayanan produsennya excelent maka konsumen bisa terpikat meminang produk ya g biasa aja.

      ada produk klas dewa tp karena produsen kurang aware sama yang diinginkan konsumen maka pembeli pun males meminang produk dewa tersebut …

      apalagi produk jelek dilayani secara amburadul ya wassalam ….contoh mocin3 yg pernah beredar disini awalnya jual murah akhirnya tumbang karena kualitas dan layanan produsen yang seakan hanya butuh duitnya gak mo tanggung jawab nya.

      sooo konsumen disini bebas memilih produk mana yang dirasa pas dg pilihan mereka ..yang tukang nyinyir gak ada hak sama sekali menghakimi pembeli merk tertentu sebagai orang bodoh karena mereka gak ada hak sama sekali dalam hal itu…

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting