Bongkar Engine Honda K56 (Winner150, Sonic150R, NCB150R dan NCBR150R)

Diposting pada

new-engine-cb150r

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Baru-baru ini terdapat postingan sebuah engine honda winner150 yang yang dibongkar. Dibongkar total mulai dari head sampai gearbox. Dan ternyata isi dari engine winner150 ini sama saja dengan isi engine motor 4tak pada umumnya (bagi yang sudah biasa bongkar mesin). Mari kita lihat ininya…

Sepertinya motor winner150r ini baru turun dari dealer, langsung dibongkar, terlihat belum ada plat nomornya (atau sudah ada tapi difoto ketika sudah dilepas).

winner 150r front

Dan menurut motogokil, bagi bengkel yang update, memang harus beli motor, untuk mengetahui semuanya, kemudian dibuatkanlah part-part variasinya, atau part racingnya. Dari pembongkaran ini, dapat diketahui :

  1. Profil camshaft (noken as nya), kemudian data ini bisa dijadikan acuan untuk membuat camshaft racing, knalpot racing, setting ecu street performance (sp) dan lain-lain.
  2. Bentuk saluran in dan ex, kemudian dapat dijadikan bahan kajian untuk merancang porting yang paling cocok untuk sp maupun full race
  3. Rasio transmisi, posisi as dari main dan couter shaft. Sehingga bisa digunakan untuk merancang rasio racing, untuk kepentingan balap.
  4. Dimensi dan ergonomi yang sesungguhnya, sehingga bisa digunakan untuk merancang footstep racing, monoshock racing dan lain-lain
  5. Semua sinyal kelistrikan dapat dibaca, sehingga memudahkan untuk merancang ECU racing, piggyback, display dan lain-lain

Dan tentunya untuk kepentingan bisnis, yang seperti ini harus adu cepat, antara satu bengkel dengan bengkel lainnya. Karena semakin cepat part-part variasi/racing dihasilkan oleh suatu bengkel, pamor bengkel tersebut semakin mentereng. Apalagi kalau dengan kecepatan update tersebut, menghasilkan prestasi yang nyata dalam dunia balap, bengkelnya akan semakin ramai dan semakin rekomended.

Inilah tampilan dari engine yang telah dibongkar tersebut.

winner 150r engine explodedwinner 150r gearbox winner 150r head top winner 150r head winner 150r left crankcase winner 150r magnet

winner 150r primary gear crank winner 150r clutchwinner 150r timing sprocketwinner 150r bore n piston

 

Gambar terakhir mungkin yang paling menarik. Terlihat daging boreng masih tebal, sekitar 8 mm. Jadi bagi yang mau bore-up sampai menggunakan piston 64 (kayaknya) masih sangat aman. Dan konstruksinya menjadi overbore dengan volume silinder 186 cc, wuiih gurih nih. Dan dengan tetap menjaga cr, ve dan posisi rpm power puncaknya, power yang bisa dibangkitkan lumayan nampol, bisa mencapai 20 ps.

winner 150r piton64 prformance

Apalagi kalau pakai setingan balap, misalnya cr=12:1, ve 90% dan power maksimum diletakkan di 11000 rpm, maka powernya bisa tembus 29.59 ps. Maklum bro 186 cc (bukan 150 cc lagi), menggunakan spek balap lagi, jadi wajar kalau powernya mendekati motor 250cc standar, yaitu 30 ps.

Semoga bermanfaat, lebih dan kurangnya mohon maaf, wassalamu’alaikum wR wB.

 

19 thoughts on “Bongkar Engine Honda K56 (Winner150, Sonic150R, NCB150R dan NCBR150R)

  1. pak dosen..ktanya msinya near square..?? ini borenya kog sampe 64 alias lbih pnjang..??
    apa overbore ni motor???
    ma.af o.ot..

  2. Mesin honda & suzuki pakem tuningnya paling ok dibandingkan rivalnya, tinggal dirubah sedikit pasti joss.
    Saran saja, ngak usah diboreup² segala coz piston, diameter valve, tb, jg harus ikut diperbesar.
    Kalo ente hebat, ngerubah durasi in close 47°(misalnya) jadi 40°-0° ABDC, langkah kompresi juga sudah padat.
    Kecepatan itu tergantung piston speed selama mesin masih <21m/s maka akan kalah dgn mesin yg >21m/s.
    *jika speknya sepadan

  3. gila nich. masih baru euy uda dipecah. ups… mengingat di daerah saya sini bengkel selain bengkel resmi jarang yg update ttg Fi. semoga ini bisa jd penggugah biar pada melek teknologi.

  4. wah rante ketengnya kaya punya shogun lama ini di jamin mesinnya alus ga kayak generasi c 100 . gampang molor .

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan