[DIY] Langkah-Langkah Menguras Tangki Bensin Honda New CB150R

Diposting pada

ncb150r tangki bensin kemasukan air

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Beberapa waktu yang lalu, sempat melihat status salah satu owner ncb150r (di fb) yang terpaksa kuras tangki bensin. Salah satu tandanya adalah putaran mesin yang tidak stabil (endut-endutan), dan terkadang mati mendadak. Setelah didiagnosis oleh mekanik, yakin bahwa tangki bensin kemasukan air, sehingga wajar mesin tidak stabil bahkan kadang mati.

Setelah dikuras, ternyata banyak terdapat air di dalam tangki bensinnya (lihat gambar judul). Kemudian para follower banyak yang bertanya bagaimana cara menguras tangki bensin ncb150r tanpa harus ke bengkel. Nah kebetulan motogokil ada sample (si black-ant) di rumah, coba dipraktekkan, sekalian ingin tahu apakah di dalam tangki bensin black-ant ada airnya (sempat beberapa kali kehujanan di tempat parkir).

Mari kita ikuti langkah-langkahnya…

Jika bensin cukup banyak, maka sebaiknya disedot dulu dengan selang kecil. Pindahkan ke jirigen yang cukup dan tertutup rapat. Letakkan pada tempat yang aman dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Kemudian lepas semua cover di sekitar tangki bensin. Untuk pembahasan ini silahkan lihat artikel sebelumnya mengenai bagaimana melepas cover ncb150r di artikel ini.

Selanjutnya buka baut pengikat tangki bensin, 2 di depan (di bawah kunci kontak) dan 2 di belakang. Kemudian angkat sedikit tangki bensin bagian belakang dan beri pengganjal, sehingga dapat terlihat dengan jelas apa-apa saja yang menempel di tangki bensin bagian bawah.

ncb150r tangki bensin bawah

Ada empat bagian yang harus dilepas, sebelum mengangkat tangki bensin, yaitu :

  1. Soket fuel pump dan indikator ketinggian bensin. Caranya dengan mencungkil pengait dan tarik (hati-hati) sampai lepas.
    • ncb150r socket fuel pump
  2. Hose comp (clamp), socket selang fuel pump ke injector. Cara melepasnya, sama dengan milik satria fu 150 fi yang diceritakan kemarin dalam artikel ini.
    • Jpeg
  3. Melepas saluran pembuangan air yang ada disekitar tutup tangki atas. Caranya dengan menarik pelan-pelan ke bawah sambil diputar ke kiri-kanan
  4. Melepas saluran kecil (belum tahu fungsinya untuk apa), geser dulu kuncian kawatnya ke bawah agar mudah melepas selang tersebut.

Setelah itu, berdirikan tangki bensin untuk melepas 4 mur backet/adaptor fuel pump di bawah tangki bensin. Kemudian lepas plat adaptor dan fuel pumpnya perlahan, dan hati-hati.

Jpeg

ncb150r lubang bawah tangki bensin

Selanjutnya silahkan kuras, bersihkan (bisa dibantu serbet) dan jemur tangki bensin sampai kering dan bersih.

Jpeg

Kebetulan tangki ncb150r ane (black ant) tidak ada airnya, dan bersih dari karat, maklum motor masih baru. Isi bensin selalu di spbu, dengan pertamax plus, kalau terpaksa ya pertamax. Juga belum pernah dicuci di pinggir jalan, apalagi pakai steam. Mungkin itu salah satu penyebab tangki black ant bebas air dan karat.

Pengembaliannya juga gampang, kebalikan dari langkah sebelumnya, yaitu :

  1. Pasang fuel pump, bracket adaptor dan 4 mur-nya
  2. Letakkan tangki bensin di atas motor, dengan diberi pengganjal
  3. Pasang semua (selang-selang dan socket-socket) yang tadi terpasang pada bagian bawah tangki bensin. Untuk selang fuel pump, jangan lupa menekan penguncinya kembali, masuk ke tempatnya.
  4. Pasang tangki bensin beserta 4 bautnya,
  5. Jangan lupa, bensin nya diisikan kembali ke dalam tangki, dan selesai

Selamat mencoba….

Lebih dan kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

 

 

 

15 thoughts on “[DIY] Langkah-Langkah Menguras Tangki Bensin Honda New CB150R

  1. Honda dah keterlaluan. masak dah puluhan tahun masih aja penyakitnya sama. Tangki motor harusnya ya free maintenance lah klo jaman sekarang. Masih aja kemasukan aer.
    Gl max bokap ane dulu pernah bocor tangkinya. Biar kgk bocor lagi ama bokap kerannya di buat ke res terus biar airnya ikut kebuang kgk ngendal. Sampe sekarang gk bocor lagi.
    Btw nice share artikelnya.

  2. Jangan jumawa gitu suatu hari jika kemasukan air trus berkarat apa anda masih bisa ngomong seperti itu. Ingat produk ahm & yimm kuantitas nomer 1 lho mbah dosen..!!!!
    Pahamkan anda…?? Mudah2an petinggi ahm & yimm mata hatinya pd melek semua…!!!
    Jualah kualitas itu penting…!!!

    1. Krn tangki motor honda itu campuran besi dan plastik akua bekas. Beda sama yamaha yg terbuat dr serat baja tulen dicampur titanium. Jelas bebas karat dan bocor.

  3. Wah ,,,,,,,dan ternyata tidak sesulit yang ku bayangkan,kirain di dalam tangki motor injeksi itu apaan ,cuma itu doang

  4. Kok airnya bisa sebanyak itu ya, seharusnya kemungkinan kemasukan air saat hujan maupun mencuci sangat kecil, kecuali jika ada kebocoran seal pada cap penutup bensin.

    Ada semacam lubang saluran pembuangan air di atas tangki di bawah cap penutup bensin, slang pembuangan pada foto ditunjukkan nomor 3 semacam slang besar yang disalurkan ke bawah,,,

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan