[MotoGP] Sangat Menarik, Rossi Menempati Pole Position di Jerez Spanyol 2016

vr46 p1 jerez 2016

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Hasil kualifikasi di Jerez kali ini sungguh menarik, karena pole position ditempati oleh Valentino Rossi. Menariknya adalah karena sirkuit ini sesungguhnya adalah sirkuit kesukaan Jorge Lorenzo, akan tetapi justru Rossi yang berjaya memuncaki hasil kualifikasi. Yang juga menarik adalah baru tumben nih rossi pole position, karena memang sudah lama, jarang banget rossi menempati posisi-1 saat kualifikasi.

Dan jika dilihat perkembangan hasil vr46, terjadi peningkatan yang cukup signifikan sejak fp-1. Lap time yang ditorehkan pada q2 selisih hampir 2 detik jika dibandingkan fp-1, luar biasa. Berikut ini tabel capaian vr46 sejak fp-1 sampai babak kualifikasi. 

vr46 classification result jerez 2016

Hebatnya lagi, hasil kualifikasi di posisi-1 ini dicapai vr46 tidak dengan top speed tertinggi, bahkan mungkin yang paling rendah dari pernah ia capai. Meskipun demikian top speed vr46 selalu menempati yang tertinggi dibandingkan dengan top speed rider di front row selama ini. Hal ini menunjukkan vr46 dan m1 nya merupakan motor yang paling digjaya sampai saat ini. Perhatikan tabel berikut.

vr46 classification result 04 2016

Perhatikan perbandingan top speed vr46 dan rider yang menempati pole position, top speed vr46 selalu berada di atasnya. Berarti kekalahan vr46 selama ini bukan pada lintasan lurus, akan tetapi justru pada tikungan-tikungan. Dan sepertinya saat ini vr46 sudah mendapatkan solusinya, sehingga selain cepat di lintasan lurus, juga cepat ditikungan. Berikut ini hasil kualifikasi beberapa jam yang lalu

q2 jerez 2016

Salah satu yang membuat vr46 menjadi begitu cepat adalah, pemasangan winglet yang cukup besar pada m1-nya. Perhatikan bentuknya dan bandingkan dengan winglet pada rc213v milik mm93

winglets mm93 vr46

Menurut informasi yang beredar, dengan mengaplikasikan winglet pada fp-2, vr46 mampu lebih cepat. Bahkan memangkas lap time sampai 0.394 detik. Barangkali, setelah merasakan keuntungan menggunakan winglet ini vr46 telah mengubah pendapatnya. Karena sebelumnya vr46 secara terang-terangan menolak pengaplikasian wingket, karena menurutnya winglet beresiko terhadap keselamatan pembalap. Berikut ini sebagian pernyataannya :

“Saya tahu bahwa semua produsen berbicara untuk memutuskan apakah akan melanjutkan teknologi winglet atau tidak?

Saya terbuka untuk mendengar pendapat itu, namun jika berbicara jujur, lebih baik kita tidak menggunakan winglet,” [ Motorsports]

Karena menggunakan winglet menguntungkan bagi pembalap dalam meraih lap time terbaiknya, maka semuanya akan mempertimbangkan untuk menggunakannya, termasuk vr46. Meskipun pada beberapa kejadian penggunaan winglet terlihat membahayakan pembalap. Tapi begitulah pertunjukan, mungkin pertunjukkan yang menarik lebih diutamakan ketimbang keselamatan pembalap.

Apapun hasilnya saat ini, tidak ada kata lain selain menyatakan Valentino Rossi memang pembalap hebat. Di usianya yang sudah 37 tahun, ia masih mampu mengimbangi power dan talenta pembalap muda. Belum tentu ada tandingannya di masa mendatang. Beberapa pembalap muda mungkiin bisa menyamainya, tapi itu baru mungkin, bisa iya bisa tidak.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

$where = 0;

5 responses to “[MotoGP] Sangat Menarik, Rossi Menempati Pole Position di Jerez Spanyol 2016

  1. sudah tua, sudah mulai takut rebahan… :mrgreen:
    efek seri sebelumnya dlozor nih… langsung balas dendam…

    TVS yang mengkis mengkis mencoba bertahan: http://wp.me/p1eQhG-1Ga

  2. Josss koyo Rossi..

  3. Gap nya cuma beda tifiiissss….yg penting besok siapapun jgn ada yg touring! saling salip dah lama gada blp an seru! namanya jg balapan kl cuma beriringan apa anehnya! oh ya saya doakan keempat pembalap favorit saya jgn ada yg crash!!

  4. Ternyata sang doctor yg dulunya menentang winglet dan setelah merasakan manfaat signifikan dari winglet,bisa raih pole,
    mungkin seterusnya pakai winglet ini sang doctor

  5. Rossi emang tua. Tapi yang lain kalau udah tua apa bisa seperti rossi?

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan