Mensikapi Perbedaan Pengukuran Dyno Satria 150 Injeksi vs Sonic150R vs MX King

Diposting pada

Satria fu 150 fi vs sonic150r - Mx King

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Tersiarnya beberapa hasil pengukuran performa bebek super (satria fu 150 fi, sonic150r dan mx king) yang berbeda-beda, cukup membuat hangat diskusi sekitar adu performa diantara ketiganya. Karena performa motor-motor tersebut diukur dengan mesin dyno yang berbeda, maka wajar kalau hasilnya berbeda, dan itu bisa diterima akal. Karena sistem yang digunakan mungkin berbeda, motor yang diukur berbeda, kalibrasi berbeda, operator berbeda dan banyak lagi variabel yang berbeda.

Seperti yang pernah diulas otomotif, saat mengukur performa byson dengan menggunakan 4 mesin dyno yang berbeda. Selau ada selisih dengan hasil pengukurannya performa yang diberikan oleh pabrik (brosur). 

perbedaan mesin dyno

Perhatikan ! Jika diasumsikan performa yang diberikan pabrik adalah hasil pengukuran on crank, dan yang diberikan oleh mesin-mesin dyno tersebut adalah on wheel, maka sudah sewajarnya jika hasil pengukuran dyno lebih kecil dari brosur. Karena memang terjadi banyak rugi mekanik, dari crankshaft sampai roda belakang. Rugi-rugi tersebut adalah :

  1. Rugi gesek
  2. Rugi akibat kekentalan oli
  3. Rugi slip di kopling
  4. Rugi di transmisi/gearbox
  5. Rugi di rantai
  6. Rugi slip di ban belakang ke drum mesin dyno

Dari 4 mesin dyno yang ditampilkan otomotif, ada satu yang aneh, kalau tidak bisa dibilang nyeleneh. Yaitu hasil pengukuran mesin dyno lebih besar dari brosur. Yaitu mesin dyno dynomite milik ultraspeed racing.

Oleh karena itu, jika ada beberapa hasil pengukuran dyno dan komparasi antara satria fu 150 fi vs sonic150r vs mx king, yang berbeda, maka hal itu wajar adanya. Berikut ini motogokil coba sampaikan beberapa hasil pengukuran yang sempat mebuat heboh dunia maya beberapa hari ini. Pada tabel yang ane sampaikan, juga ane beri tambahan “selisih” dengan pengukuran yang diberikan pabrik masing-masing motor (brosur).

Sebelumnya perlu diketahu konversi dari kw dan ps ke hp adalah :

  • 1 kw = 1.3405 hp
  • 1 ps =  0.9863 hp

Berikut ini hasil pengukurannya, yang pertama adalah performa yang tertera di brosur

dyno brosur

Kemudian nilai performa dari brosur akan dijadikan acuan untuk melihat selisih hasil pengukuran mesin-mesin dyno ini.

dyno motorplus dyno mototech dyno otomotif dyno ultraspee racing

Perhatikan kolom yang diwarnai pink, itu adalah selisih terkecil jika dibandingkan dengan nilai yang diberikan pabrikan di brosur. Yang paling sering memperoleh selisih terkecil adalah honda sonic150r dan yang selalu mendapatkan selisih terbesar adalah suzuki satria fu 150 fi [Pembahasan pada artikel berikutnya]. Dan ada beberapa hasil pengukuran yang aneh/nyeleneh (atau mungkin salah) yaitu ketika semua hasil dyno lebih kecil dari brosur, beberapa hasil pengukuran malah lebih besar dari brosur. Bagian tersebut adalah :

  • Torsi sonic150r yang diukur oleh Motor Plus
  • Torsi sonic150r yang diukur oleh Mototech
  • Power mx king yang diukur oleh Mototech

Itulah yang ditunjukkan oleh mesin dyno yang berbeda. Silahkan dipilih mana yang sesuai/sreg dihati, karena menurut ane, semuanya tidak bisa dikatakan benar secara mutlak, nilai kebenarannya relatif. Silahkan saja jika ada yang beropini, bahwa si “anu” tidak netral, karena selalu berpihak ke pabrikan “anu”. Asalkan tidak memaksakan, bahwa pendapatnya harus diikuti oleh bro-bro yang lainnya.

Mohon koreksinya jika ada salah dan kelirunya, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

44 thoughts on “Mensikapi Perbedaan Pengukuran Dyno Satria 150 Injeksi vs Sonic150R vs MX King

  1. menurut ane pribadi nih om gokil.. mnurut ane yg bisa jadi patokan hasil dyno yg masuk akal itu yg pake mesin dynojet250i yak om gokil.. dari hasil tes dyno byson yang paling masuk akal jg yg ngetesnya pake dynojet250i..

  2. Kalo ane sih percaya aja sama brosur karna itu memang paling bener. Ga mungkin pabrikan besar bohong soal spek. Terus tinggal kita liat power di brosur dengan spek mesinnya. Contoh FUFi 18,5 ps. Cbr Fi Cbu thai 17,8 ps. Fufi dan cbr fi sama sama dohc overbore namun limiter satria lbih tinggi 13ribu vs cbr 12ribu rpm .ukuran klepnya sama. TB fu 32 mm cbr 30 mm. kompresi fu 11,5 vs 11. dan tetek bengek yg lainnya dr situ aja kliatan. So Satria FuFi emg 150 cc paling kenceng saat ini. Apalagi spek Sonic dan mx king jauh dibawah FuFi

  3. kang jika corong filter udara, yg di dalam box r15/vixion dipotong efeknya apa ya
    dan jika dikombinasikan dgn filter ferrox apa yg terjadi?
    thx kang

    1. menggunakan filter racing, maka torsi akan terkoreksi naik di semua rpm
      memotong corong udara akan ada 2 kemungkinan :
      1. Jika mulutnya tetap terpasang, yang dikurangi tengahnya, bagian depan (beelmouth) dipasang lagi, maka power akan tergeser ke rpm tinggi
      2. Jika dipotong bagian depan langsung, maka air flow disekitar mulut corong akan sedikit berkurang, karena banyak turbulen
      Akan lebih mantab jika disertai dengan penggantian knalpot racing dan setting CO+

  4. jika di atas aspal adakah motor 4 tak 150 cc standar yang mampu mengalahkan sonic? jawabannya banyak. diatas aspal adakah motor 4 tak 150 cc standar yg mampu mengalahkan Fu fi??

    1. banyak bro, coba liat dikota2 apalagi pas macet, jangankan satria. ane naek cb500 aja diasepin sama emak2 meong smile. pedihhhhh

      😛

  5. “Truth is not democratic.” (Robert Bauval)
    “Kebenaran tidak bersifat demokratis”

    Kebenaran yang hakiki bukanlah hasil dari keputusan demokratis yang dilakukan manusia. Kebenaran yang hakiki tidak diputuskan melalui pengambilan suara terbanyak. Kebenaran yang hakiki tidak berubah, absolut. Walaupun sejarah ditulis oleh sang pemenang dan selalu memihak kepada pemenang, namun kebenaran sejati akan selalu tetap tak berubah. Anda tidak bisa bertanya kepada orang lain yang sudah terkecoh oleh catatan sejarah semata. Dalam pencarian kebenaran yang hakiki

  6. Komparasi test dyno, Kalo cuma grafik dyno ngak ada grafik test tiap gear atau video. Sulit dikatakan valid dan netral.
    Kemudian dikatakan power max sekian hp dan torsi max sekian n.m.
    Trus ente bisa apa?
    Paling manggut² aja dan para fansboy siap² debat kusir ….. Xixixixixixixi

    1. jyahahahhaaaa.. sperti pas ane komentari tvs 200 dulu, org ketahuan ada loosing throttle di rpm tertentu tapi grafik dipaksa linear..
      alhasil motor 200cc (yg 180 aja udah ganas) dipaksa bertekuk lutut di bawah jajahan jepang 150cc. Dan gak ada yg tertarik cz udah diracun di media.
      ..
      gak bisa valid selama gak ada video, cuman grafik aja bisa ya bisa dimanipulasi.
      ..
      yg aneh nya user old FU kok biasa” aja ya pas nyoba FuFi, kata temen ane… “hmm,,, lumayan, lebih enteng bawahnya, atas nya sih 11:12″
      ..
      buat yg baru punya FU, hello plis deh gak usah 140kpj ato 150kpj ato bahkan 170kpj kaya gembor” nya deh..
      coba aja jalan 125kpj, compare sama jalan 125kpj “YANG SAMA -> u know what i mean” di NMAX ato CBR. Pasti berasa seolah-olah tampak jauh lebih kenceng di FU.
      ..
      Hare gene masih nge-Hype FU?? berasa ane masih pake putih abu-abu.
      Padahal di awal ngasi peringatan “motor yang berbahaya” sekarang malah terkesan ingin “memasyarakatkan bahaya dan membahayakan masyarakat”. Cz performanya diupload sembludak-mbludaknya di media, padahal real biasa aja. So klo anak alay baca dan adrenalinnya naik test nih motor pngen buktiin 150kpj ato bahkan 170kpj yg ditulis di artikel…. GRUBYAKKK masuk kolong truk – cz nyampe 130kpj aja lama euy jangan” blm pernah nyoba FU 130kpj.
      ..
      (Walopun klo buat ane biasa aja sih FuFI,, apanya yg real dohc wong gear 5 aja udah lempeng, masih lebih cepet CBR nyentuh peak di gear 5 nya)
      ..
      SARAN ANE buat Om Gokil toh udah punya sendiri, lha apa gunanya klo data masih ambil dari artikel lain.
      TEST SENDIRI, KASI SCREENSHOT VIDEO NYA :
      Klimaks di masing” gear 1-6
      shifting rpm brp?
      loosing rpm / shfiting brp?
      speed masing” gear brp?
      gak usah bahas PS, TQ, Timing, motor jalan di atas aspal bukan di atas kertas. Itu aja dulu.. OKE~!

        1. wakakakkkkkkk.. gak bro,, ini akumulasi dari sekian artikel FU ane gak komen 😀
          ..
          ane gak pernah percaya sama data kertas maupun review blogger 100%.
          ane just percaya setelah test user sendiri..
          klo beda ya ane bilang beda, kalo sama ya kenapa ane mesti ngomong beda?
          ..
          masalahnya setelah test itu lumayan aja
          gak woooaahhh gitu
          ..
          saat ni ane lebih sering pake k45, tp jg ane bilang k45 itu biasa aja, ane gak pernah nge-Hype motor ane sendiri. Mungkin ane pernah bilang top speed k45 milik ane 145kpj jalan datar. Di jalanan nurun gear-5 udah 140kpj. << ane jg bilang ni biasa cz 145kpj jalan datar itu dapet nya lamaaaaaaa banget, plng cuman 130kpj aja klo area Malang Kota udah oke. So ya biasa aja!
          ..
          klo emang FuFi segitu hebatnya ya buktikan sendiri jangan comot artikel org doang, bener gak? Data nya gimana? Parameternya apa? Variable nya apa?
          Cz yg ane rasain gear-5 aja Fufi udah woles buat nyampe peak. Sisi Wahh nya di mana gitu loh??
          ..
          Mau 100m cuman 2 detik kek ane gak peduli cz ane gak pernah naik motor cuman 100m.
          Plus nih motor kurang stabil buat belok KENCENG..
          So sekali lagi wahh nya dimana?

          1. Wahh nya,,ya karena ente perlu sport seharga 29juta,,buat bahan pembanding se ekor bebek 22juta…ente varokahh

        2. harga 29jt vs 22jt??
          ..
          emang beli motor just buat jalan lurus kenceng 100m?
          gak masalah gak bagus handling nya
          gak masalah bolak balik ke pom waktu touring
          gak masalah beban berat as roda kecil
          gak masalah limbung” kena angin
          gak masalah lompat” kaya belalang klo jalan gak rata
          gak masalah geal geol mulai 120kpj
          ..
          klo cuman gitu ya gak usah fu, beli aja mio karbu seken, skrng sekitar 5jt tinggal modalin 17jt! udah jauh di atas fu! boleh diadu 100m.

          1. Yaiyalah kenceng 100m dst,,,wong yg bikin ketagihan itu aksel drpd topspeed,,teringat sebuah quote(mw ngebut dmn),,emang mw jln 120km/h terus?.
            Bolak balik pom?,,emang ente turing tiap hari??,,jln 150 km jg dh panas tuh bokong..ane turing+mudik 900km malah seneng pake matic Skydrive drpd sport apache
            Lompat waktu jln gk rata?..apa kabar matic150 ring 14..
            Lagipula buat harian,,ane lebih sneng pake SD drpd Apache,,lebih ringkes,lebih enak selapselip,,,nahh ini poinnya fufi ini lebih enak dipake harian drpd sport 29jetong punya ente.

  7. Sesuai saran Pak dosen, karena saya lebih memprioritaskan tampilan / style daripada power maka saya tetap milih Sonic150 dengan segala kontroversi nya.

  8. Ini seperti mengukur panjang kayu dg penggaris yg beda2 dan tak ada standard acuan pokoknya…
    di dunia analisis kuantitatif, pengukuran akan valid jika :
    1. alat terstandardisasi, dan terlacak (traceable)
    2. metode pengukuran sama persis..
    3. segala variabel harus sama, ( suhu, tegangan lsitrik powersupply, kelambaban udara, oxygen density, dll)

    lha ini membandingkan sesuatu yg gak jelas : alat ukurnya/dynometernya, metode, kondisi fisik lingkungan, dll…

    Wis kasus ini ditutup aja, soal performa mana yg bgs biarlah nanti ditest di road race (std), bahkan mgkin di jalanan ada yg mau koq …

    bener gak mas dosen…?

    1. kalau test jangan dijalanan ah mas bro, kasian pengguna jalan yang lain. ntar kalau kenapa2 bukannya ditolongin malah disukurin. mau naik satria bergitar 150 , sonice, mpek king, ninin 250, bahkan cebong 500 juga jarang2 bisa dapet peak power kalau dijalan umum (yang banyak lobang, sering macet wkwkwkwkwk) pilihan tinggal pada konsumen sih, pengin 150 yang power gedhe ambil satria bergitar, mau yang ramping ambil sonice, pengen yang torqy ambil mpekking, kalau bingung beli tiga2nya. atau naik kelas ambil ninin jomblo 250SL -> worthed banget ni dibanding 150cc.

  9. pikiran kita gak maju. atau nerimo wae mas motogokil? kan panjenengan pintar, tolong dong kasih tau ke kita dyno mana yang punya standar resmi berlisensi. yang jelas pabrikan kemungkinan terbesar kan. jadi cukup. apakah anda sebagai pengajar tidak membantu kita menjernihkan masalah yang sebenarnya sepele. mungkin anda perlu menegaskan ‘lebih baik jangan pakai patokan dyno yang standarnya biasa.’ itu pertama.

    yang kedua. ini soal bisnis. memang bukan sangkut paut kita. tapi kita perlu memberikan informasi yang melawan intrik2 “sesat” di dunia bisnis. mengingatkan pembaca. dan saya setuju semua hasil dyno gak luput dari bisnis. atau fansboy. jadi memang perlu dipertegas bahwa hasil dyno test tadi jelas masih lebih ke arah abu-abu karena tidak berstandar tinggi. yang benar ya klaim pabrikan. cukup.

  10. ByTachibana Rideron 24/03/2016 pada 8:41 am

    ============
    Klo power fu fi biasa” aja kok rata” bloger sma konsumen biasa cukup kagum sma power fu fi? Liat di grup nya..
    Kok road race magetan smpe gagal di gelar?
    Kok di race pamekasan fu fi menang mudah smpe ningalin yg lain hampir setengah putaran?

    1. wakakakakkkkk,,, sapa bilang power Fu biasa, power nya gede bro! Ane bilang performa nya gak se-mbludak yg digembor-gemborin..
      Fufi tetep motor kenceng dan emang kenceng, tp gak lebay yg 150kpj lah yg 170kpj lah WTF!!
      ..
      Masalah Race ato kompetisi bukan urusan ane bro, ane bukan panitia, bukan jg peserta..
      Masalah FU menang jg bukan urusan ane,, ane bukan pembalapnya..
      Toh sebelumnya jg MX yg menang.
      Balapan mah tergantung mekanik, rider sama dana.
      FU mah bisa banget ngalahin RR tergantung lu setting bener gak.
      ..
      intinya ane belum melihat data yg memang berasal dari USER yg BELI SENDIRI, NGETES SENDIRI, SAJIKAN DATA MILIK SENDIRI.
      sedangkan waktu ane nyoba (minjem), kesannya ya begitu itu.. lumayan aja gak wahh seperti yg digembor”in
      ..
      jadi ya monggo klo emang ada data disajikan dengan bener. Toh lebih sipp klo ada data dari end user.
      ..
      ane gak njelekin suatu produk, cuman jangan terlalu membangun histeria yg berlebihan.. sajikan data konkrit itu jauh lebih memuaskan pengunjung blog,, bahkan lebih menarik minat peminang FU menurut ane.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan