Beberapa Keunggulan Sonic150R Dibandingkan Satria Fu 150 Fi

00 sonic150r vs satria fu 150 fi

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalana sampai ke tujuan

Beberapa hari belakangan, banyak sekali media cetak dan juga blog otomotif yang begitu mengunggulkan satria fu 150 fi dibandingkan sonic150r. Seakan-akan sonic150r benar-benar tidak ada apa-apanya dibandingkan satria fu 150 fi. Bahkan ada yang memperpertanyakan nasibnya dikemudian hari, akankah sama dengan cs1 ???

Menurut motogokil tidaklah demikian. Karena dibalik keunggulan performa satria fu 150 fi, juga terdapat kelemahan. Begitu pula dengan sonic150r, meskipun powernya lebih rendah dari satria fu 150 fi, tapi sonic150r memiliki beberapa keunggulan. Berikut (menurut motogokil) beberapa keunggulan sonic150r dibandingkan satria fu 150 fi : 

  1. Penampilan secara keseluruhannya (jemleger/bejeger) lebih pas, cakep dan proporsional. Sonic150r membawa style satria fu karbu (old), sedangkan satria injeksi style-nya baru yang sedikit kurang sedap dipandang sebagai sebuah motor bebek ayam jago, kegemukan/bantet (lihat gambar di atas juga gambar ini)
    • 00 sonic150r vs satria fu 150 fi style
  2. Penampilan headlam lebih spoty (meruncing), sedangkan satria fu 150 fi meskipun menyiku tapi kesannya mem “bulat”.
    • 00 sonic150r vs satria fu 150 fi front style
  3. Kerangka main frame lebih kokoh, dengan besi kotak besar.
    • 00 sonic150r vs satria fu 150 fi chassis
  4. Lebih nyaman dikendarai karena jarak stang-sadel lebih tinggi
    • 00 Sonic vs satria fu 150 fi ergonomi
  5. Lebih irit dan gesit saat lalu lintas padat, karena torsi di rpm rendah lebih unggul
    • Jpeg
  6. Beberapa bagian tampil lebih manis, seperti footstep belakang, knalpot, rear fender (spakbor belakang) dan penampilan “sosok” engine dohc-nyaa saat dibuka (tanpa cover)
  7. (Belum mencoba) Jika sistem kelistrikan sonic150r sama/identik dengan new cb150r, maka sonic150r akan tetap hidup meskipun aki soak, sedangkan satria fu 150 fi mogok.
  8. Velg depan dan belakang lebih lebar, sehingga bisa menggunkan lebar bar yang lebih besar.
    • 00 sonic150r vs satria fu 150 fi fitur velg
  9. Dan mungkin masih ada yang lain, monggo yang sudah punya sonic150r menambahkan.

Tentunya tidak dipungkiri, bagi yang ingin mengutamakan power, sonic150r sedikit inferior. Lho kok cuma sedikit ? Coba lihat hasil dyno di atas (dilakukan di sportisi dynojet) power satria fu 150 fi hanya lebih unggul 0.37 hp (satria fu 150 fi =14.45 hp, sonic150r = 14.18 hp). Sedangkan yang mementingkan torsi, akselerasi dan efisiensi, sonic150r lebih unggul 2.61 Nm (Satria fu 150 fi = 10.47 Nm, sonic150r = 13.08 Nm).

Menurut ane, honda meberikan performa untuk sonic150r “secukupnya”. Cukup aman untuk sebuah motor bebek ayam jago. Cukup kencang (124 kpj) tapi tidak terlalu kencang, segitu juga sudah sangat kencang untuk motor bebek. Dan honda tidak melupakan ke “iritan” motornya dengan menempatkan torsi yang besar di rpm rendah. Dan mengenai hal ini pun diakui oleh suzuki, perhatikan grafik kurva torsi pada gambar ini.

00 dyno-sonic150r-satria fu 10 fi-mxking SIS version

Rider yang sederhana, tidak terlalu faham engine dan performanya, mungkin akan lebih menyuakai sonic150r. Apalagi saat test rider jalan yang disediakan hanya jalan umum dengan panjang lintasan lurus 100-200 meter (keunggulan power satria fu a50 fi akan tertutup oleh keunggulan akselerasi sonic150r). Dan lebih parah lagi, yang membelikan motor adalah orang tua, yang sebahagian besar golongan fbh, kemungkinan besar akan memilihkan sonic150r.

Lebih kurangnya mohon maaf, wassalamu’alaikum wR wB.

 

37 Komentar

  1. semua ada plus minusnya om gokil.. bagi yg suka style ya pasti lbh milih sonic.. tp kalau suka sensasi overbore ya fu fi.. ke 2nya sama2 jozz.. buat harian pun sebenernya fu fi juga enak2 aja sih.. torsi mungilnya udh ketutup sm bobotnya yg enteng.. tp tetep nggk akan segalak sonic responnya..

  2. Kok powernya beda dikit.. mencurigakan.. setuju ane soal frame.. terlihat kokoh tp entah lebih tebal mana dan muka ane lbh suka fu sonic tajemnya kelebihan

  3. sekarang masih jaman nya satria bergitar dan bebek yang bener2 raja(jagoan balap) proven by race…..yang ga jelas itu ayam tiren tapi ngaku2 jagoan
    #tepokpramuka

  4. Tp anak lebih punya power tuk menekan orang tua.
    Ingat kasus minggat dr rumah, sengaja menghilangkan perawan, bolos sekolah, bunuh diri krn gak dibeliin FU?
    Mudah2an tidak terjadi lagi.

  5. Om motogokil kasian fb ultraspeed dibully sama sales suzuki gara-gara dyno test satria injeksi hasilnya gak jauh sama sonic dalam kondisi sama-sama standar

  6. tapi om, kok kata blog otongmotip akselnya tetep menang FU Fi yah?
    padahal overbore dan powernya cuma beda dikit loh…

  7. Dengan final gear yg lebih berat,,plus torsi&power yg kalah dr sonic(dyno USR),,,kenapa fufi masih menang aksel+topspeed,,???,.
    Padahal sonic dapet torsi&power di rpm yg lebih rendah+rasio rapat+gear belakang lebih besar???.,,harusnya lebih ngacirr…
    Kontradiksi.
    Lagi…ahsudahlah

    • Final gir kan sdh diselaraskan dgn rasio transmisi fufi..
      Oiya yg dynonya dimenangkan sonic kan cuma USR doang..di bengkel2 dyno lain semuanya dimenangkan telak sm fufi..
      Jd siapa yg salah?

  8. Waktu belum punya dulu, hasil tes, ulasan pers memang bawa pengaruh kuat. Lupa sama prinsip ortu2 dulu yg ternyata bener setelah barang dibeli.

    Apa itu? Ketersediaan sparepart dan minimasi keluhan motor tahun pertama.

    Motor tahun pertama kalo udah nyicil masalah.. ga usah serius ke mesin deh.. bunyi-bunyi aneh body misalnya.. weleh.. nyesek ingat kepercayaan yg udah diberikan.

    Tambah lagi kalo sparepart ga penting yg jadi masalah belum ada sehingga harus indent dulu..

    Kalo udah kena ini, lupa deh sama semua grafik performa wkwkwk

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan