Mengapa Honda Bertahan dengan Cylinder Liner (Boring) Baja ???

00 silinder cbr150 vixion satriafu

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Setelah 3 jagoan motor sport 150 cc dari  pabrikan positif keluar, maka jelas sudah part yang digunakannya. Fokus ke bagian boring (cylinder wall) ternyata dari ke-3 merek tersebut, hanya honda yang masih menggunakan boring dari baja. Sementara pabrikan lainnya sudah mengaplikasikan silinder dengan berlapis keramik, yamaha dengan diasil dan suzuki dengan scem (nikasil) serta kawasaki dengan electrofusion. Untuk sementara kawasakai off dulu belum ada jagoannya di kelas 150 cc yang sekelas dengan 3 motor di atas.

Jelas secara teknologi silinder diasil dan nikasil memiliki teknologi yang lebih maju dibandingkan silinder baja. Sementara yamaha dan suzuki serta kawasaki sudah memperkenalkan silinder dengan teknologi dinding berlapis keramik, mangapa honda masih bertahan dengan silinder baja ??? Mari kita diskusikan jawabannya…

Aplikasi silinder berlapis keramik (diasil, nikasil dan electrofusion (moly-steel)) memang memberikan keuntungan, yaitu lebih keras dan lebih licin. Akan tetapi proses pembuatannya melalui tahapan yang lebih rumit dan banyak dibandingkan silinder baja. Mengenai bagaimana membuat silinder diasil, scem dan electrofusion bisa buka blog-blog kondang yang sudah membahasnya, silahkan buka blognya mas taufik tmcblog.

Untuk mengimbangi performa dari silinder yamaha, suzuki dan kawasaki, honda mencukupi membekali jeroan ruang bakarnya dengan teknologi ini :

  1. Offset silinder, meminimalkan friksi piston+ring piston ke dinding silinder dengan cara mengurangi gaya tekan ke samping
  2. Piston berlapis molibdenum, meminimalkan friksi antara piston dan dinding silinder, melalui lapisan molybdenum dan oli yang terjebak di spot-spot yang terdapat di skirt piston
  3. Liner silinder spiny sleeve, melepas dengan segera panas di dinding silinder (baja) secara merata ke blok (alumunium) sehingga pemuaian yang terjadi tidak memberikan peningkatan kerugian gesek dengan piston.

00 silinder honda1

Teknologi lawas ya ? Memang sudah lama diaplikasikan pada motor honda, mungkin yang relatif baru hanya spiny sleeve. Kok masih tetap dipakai honda ? Menurut motogokil, kira-kira jawabanya adalah :

  1. Honda menganggap 3 teknologi yang diaplikasikan pada motor-motornya termasuk cb150r dan sonic150r sudah dianggap cukup menghasilkan friksi yang minimum
  2. Relatif murah, karena teknologi yang diaplikasikannya relatif sederhana.
  3. Kemudahan overhaul (oversize)
  4. Kemudahan modifikasi upgrade performa melalui bore-up

Dan bagi pengguna motor honda, yang relatif (banyak) kalem, performa yang disediakan motor-motor honda dianggap cukup oleh pabrikan. Sehingga dengan penggunaan normal, 3 teknologi yang disematkan di atas cukup memberikan apa yang diinginkan konsumen.

Dan mungkin banyak beranggapan silinder diasil, nikasil lebih kuat ? Itu betul, akan tetapi bukan berarti silinder tersebut bebas dari gesekan, hanya saja untuk mengalami tingkat keausan yang sama, silinder-silinder tersbut lebih tahan lama (jika digunakan secara normal). Artinya jika penggunaan motor secara normal, tidak neko-neko, ngebut sewajarnya, maka silinder diasil dan nikasil akan lebih awet.

Silinder honda lebih lemah ? Betul juga jika ditinjau dari kekerasan materialnya, akan tetapi silinder honda bisa/mudah di-oversize, bahkan bisa di-boreup. Dan pengalaman motogokil menggunakan honda grand dengan style sering full-throttle, boring honda grand baru oversize 50 setelah berumur 13 tahun (jarak tempuh di atas 100.000 km, odometer return). Itupun terjadi karena kehabisan oli saat dipinjam saudara. Barangkali jika mengadopsi 3 teknologi di atas, bisa lebih awet lagi.

Dan kalau seorang rider motor honda merasa kurang dengan performa standar motornya, silinder bisa di-boreup. Tinggal bawa ke tukang bubut, selama ketebalan liner masih memadai (tidak kurang dari 2 mm), cukup menggunakan liner standar.

00 silinder cs1 boreup

Bagaimana  jika rider motor yamaha dan suzuki ingin melakukan oversize dan boreup ? Nah disinilah letak kelemahan silinder diasil dan nikasil.

  1. Silinder jika sudah aus tidak bisa di-oversize, karena akibat pembubutan, lapisan yang memberikan keunggulan silinder ini akan terkikis habis. Sehingga untuk mengatasi permasalahan ini silinder blok + piston + ring piston harus diganti.
  2. Apalagi jika rider ingin meningkatkan performa motornya secara ekstrim, maka silinder blok harus diganti dengan silinder dengan diameter bore yang lebih besar (sudah tersedia boreup kit). Atau kalau mau murah, silahkan bawa ketukang bubut untuk ditanam liner baja dengan diameter yang diinginkan.

00 silinder yamaha ganti liner

Selama tukang bubut melakukannya dengan presisi, penggantian liner ini tidak akan menjadi masalah. Jadi masing-masih punya kelebihan dan kekurangan. Lalu bagaimana jika teknologi-teknologi low friction tadi digabung ? Tentunya friksi yang terjadi akan semakin kecil, dan silinder, piston dan ring piston akan semakin awet.

Itulah yang bisa motogokil sampaikan. Mengenai suatu kondisi silinder nikasil dan diasil yang lebih bermasalah dibandingkan silinder baja, diluar pembahasan dan pengetahun motogokil. Seharusnya silinder diasil dan nikasil lebih mumpuni dibandingkan silider baja.

Semoga artikel ini bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

Advertisements

$where = 0;

47 responses to “Mengapa Honda Bertahan dengan Cylinder Liner (Boring) Baja ???

  1. nah… kalo ga presisi bisa runyam…

    First impression Lexus NX 200t: http://wp.me/p1eQhG-1ud

  2. Seharusnya cost production lbh nurah, harga jual bisa lebih murah…

  3. di daerah q (sulut) terbukti honda paling kuat utk kerja di tambang emas cat:muatan 1karung 65kg rata2 muatan 3karung klu merk lain yg katanya teknologi canggih nggak lama pasti udah ngasap klu nggak percaya nanti klu ada waktu aq krm fotonya

  4. itu artinya seperti cb 150 r atau sonix kalau sehernya oblak{katakanlah begitu}bisa di kolter ya bro???

  5. diasil silinder forged piston…tp ngebul!!
    piston n silinder jos tp ring piston abal2 yo sama aja….

    hancur lebur….!!!

  6. Grand 97, sampai skarang blm oversize, mngkin sudah waktunya oversize, track tiap hari area bromo, yg ktnya motor canggih dibromo pada protol, rontok mesinnya…itulah kcanggihan, kcanggihan cari untung yg besar dr pabrikan

  7. Pengalaman dulu mau bikin spin di boreup, tukang bubutnya geleng geleng…akhirnya batal wekekeekk

  8. Boring model honda bisa diganti pakai boring baja yg kualitas bagus om, bahkan baca2 di internet ada boring silinder alumunium ceramic macam diasil. Kalau mau di ubah.

  9. Oh ternyata begitu yaa…

  10. Kalo ane sih tetep pilih silinder dg coated, tapi jadi percuma juga kalo bahan piston udah forged dan silinder udah dilapis nikasil atau DiAsil namun ring pistonnya kualitas karet gelang, (seperti NVL). Tetep aja bossok sebosok-bosoknya, ngebul sengebul-ngebulnya. Ring piston ndiri aja harganya lebih mahal daripada pistonnya, kalo kualitasnya jelek ya konsumen jadi korbannya.

  11. intinya bagusan make pelapis silinder ato ga pake pelapis?
    kalo aq pribadi mending beli yg pake pelapis aja asal harganya masuk akal ketimbang yg ga pake pelapis silinder tp harga motornya lebih mahal.

  12. huehehe. Diasil abal2. Yamaho buktinya. Beli honda lebih enak.
    Noh pigson tetangga ane ngobosss kayak alat foging nyamuk. Honda ngebul tinggal kolter. Asal oli gak telat mo di pake seenak jidat juga tuh mesin honda masih aja jozzz.

    Mau main mesin tinggal copot bore asli. Beli yang paketan bore up. Buanyak. Yang paketan itu baru dimodif itu asyik…

    • hah ?

      pale lu

      nih supra x 125 gue dipake bokap seenak jidat mesinnya ngebul item tenaga nya langsung drop kayak keong !

      beda sama MX 135 gue dulu yg diperlakuin sama tp cuma ngebul putih tipis n tenaga ga ngedrop

      • ente bilang gitu karena ente FBY. ekekke…

        Tolollllll LOL

      • Ngebul item tu lebih aman drpd ngebul putih
        Ngebul item tu brati setingan bensin kebanyakan jd loyo
        Tp klo ngebul putih brati ring seher bermasalah, ataw silinder baret

        • Alah itu GHOST kan FBY AKUT.. mana mau mengakui kesalahan sesembahannya wkakakakak

          Mesin coating baja ngebul?? Tinggal kolter aja bro!! Wkakakak malah dijadiin masalah disini

          Terjun aja lo ke neraka GHOST

          • Gue kebanyakan liat jupe mx ngebul putih dijalan dripd liat supra x ngebul.. wkwk paling klo liat, cuma ngebul item.. gegara karburator jrg dirawat
            FAKTA

            Makanya sering dirawat motornya tong..

          • wkwkwkwkw

            pada sewot sales AHM

            eh ente2 pernah pakai kgak tuh mx 135 ?

            dr situ bisa ketauan yg bagus yg mana

            mx 135 kgak pernah loyo 1x pun sampe gue jual 2014

            n supra x 125 gue selalu bengek loyo kalo kurang perawatan dikit

            FAKTA punya gue sendiri n kyaknya emang menyakitkan kalian yee cung

            ngoahahahahahaha

          • ktahuan si ghost urusan mesin bagian bab karburator stelan bensin rich sehingga asepnya item saja nalarnya belom nyampe

            mx ymh asap putih pokoknya lbh bagus dripada
            supra honda 125 asep item

            wkwkwk

            klamaan jomblo sehingga kbanyakan main sabun ya ghost
            pantes sesimple itu otak lu ga paham

            yg namanya optimum combustion (utk ngasilin tenaga optimum) itu,
            ketika salah satu komponen nya (dlm kasus supra honda yg ente benci itu bbm nya trlalu kaya aka rich) ya ga heran klw lu merasa lelet.
            dugaannya supra ga lu rawat,
            blm lagi dugaan stelan klep yg trlalu rapat atau ban kempes atau bagian pnyalur daya (kopling) yg kampas nya udah aus minta ganti

            intinya si ghost mah bela yamaha sampe titik darah penghabisan
            hidup yamaha,..

      • Coba Konsultasi ke bengkel mas berrooo…

  13. ya lumayan biar penambang penjual dan pengusaha baja tetep bisa ngasi makan dirinya dan anak istrinya

  14. karena honda plg tua di mareh dan mungkin ditempalt laen,

    dan u/ mengalahkennya , mereka mesti kasih yg lebih, dan itu keharusan.

    baek teknology ato apalah.

    kalu sama, ngak mungkin bisa mendekati honda yg sudah punya konsumen yg loyal.

  15. Vega 98 teknologi jadul masih ok kok.
    Jebol juga gara2 oli habis tapi ga ada indikasi ngebul.

    • vega jadul itu belum diasil. masih pakai baja karena teknologinya jadul. nggak seperti motor yamaha yang terbaru.

  16. W mw tanya ketebalan boring beat katanya cuma 3 mm sedangkan diblog aripitstop.com silinder mio bore up pake piston byson ukuran 58 mm ketebalan boring sisa 2 mm. Nah di atas katanya bisa bore up asal ketebalan boring tdk kurang dari 2 mm nah ketebalan boring beat kan cuma 3 mm mepet banget dari 2 mm yg bisa di bilang batas aman bore up. Padahal motor standar dirancang pabrikan buat jalan kesana kemari tanjakan turunan angkut beban berat dipake mudik segala. Yg w mau tanya seberapakuat boring honda beat? Apa honda beat aman buat perlalanan jauh ?? Trus lebih awet mana boring n piston set honda beat sama mio

    • perlu diketahui bahwa batas maksimum overhaul itu 1 mm harus ganti boring. sedangkan boring honda bbeat 3 mm kalau di overhaul 1 mm akan jadi pas 2 mm batas maksimal, jadi nggak masalah. kalau mau bore up ya ganti boringnya lah… gak mungkin kalau bore up pakai boring standart.

  17. sedikit koreksi mas Bro.. bahan cylinder Liner Honda adalah Besi Cor/ Tuang.. bukan Baja… kalo baja tu memang ulet dan kuat, tapi besi tuang lebih tahan terhadap gesekan. kebetulan tempat kerja ane bikin cylinder liner.. pernah bikin yang buat tiger dan carry juga 🙂

  18. Forged piston pekerjaan ribet,mahal,tapi qualitas benar benar terjaga selama dapat pelumasan yg benar dan teratur.
    Kalo mau bore up harus satu paket dgn yg baru.bosan tinggal pnp dgn blok yg lama.
    Boring honda di korter mudah mau berapa juga tapi mau balikin ke awal harus ganti boring.kelemahan nya spiny sleve rusak.daya hantar jadi jelek..

    • Koreksi diasil yamaha juga bagus daya tahan nya selama pelumasan yg baik.kerugiannya harus ganti blok.

    • Gregorius Yudho Baskoro

      forged piston, dibarengin diasil itu bagus loh, tinggal pelumasan jgn terlalu encer, biar gk gores antara ring sama dinding

  19. Ya namanya juga motor komplek, jadi ga bisa buat teknologi di jeroan mesin utama pantes aja supra yg baru, beat baru, vario 125 & 110 udah pada brodol keluar asep putih ngebul kaya lagi fogging nyamuk, selain itu juga speedometer ngembun, lampu rem dan sein belakang kaya aquarium kalo lg ujan,bletak dorr, homesteer oblag, cat ga sampe 9bulan udah pudar, jok keras kaya gerobag, spakbor ga simetris sama ban, ya wajar sih namanya juga motor buat keliling keliling komplek aja jadi ya di maklum aja bos

  20. Jangan disamain bro motor oonda sama yamaha karna jauh banget !!!! Yamaha itu harga murah teknologi (forged & diasil) (vva) (bluecore) (oil jet piston cooler) (air cooler gerakan 1 arah) (head dengan sirip banyak untuk pelepasan panas yg lebih cepat) (offset cilinder) (pulley yg di derajat sesuai kebutuhan) dll kelas dunia balap bro, kalo oonda harga selangit teknologi mesin 0 besar bro…. Oh iya untuk pembaca yg otaknya di dengkul jangan disamain teknologi mesin sama fitur di kabin ya ..

  21. Emang bener bro, kata bokap gue juga mahOonda tuh motor pasar, motor komplek, motor buat ibu ibu sama buat alay, sedangkan kalo yamaha itu motor buat pecinta speed freak

  22. Yah namanya juga OONDA BRO, minim teknologi ngebul sana sini

  23. nzink sales kabeh…

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan