Dahsyatnya Balapan Motor Bebek di Malaysia

balapan motor bebek

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Meskipun balapan versi dunia indentik dengan balapan motor sport, akan tetapi di asia tenggara khususnya Indonesia, Malaysia dan Thailand justru balapan yang banyakan peminatnya adalah motor bebek. Maklum pasar motor bebek masih lumayan moncer, sehingga masih layak untuk dipromosikan melalui ajang balap. Mungkin juga terkait dengan postur rider yang relatif kecil, sehingga banyak rider yang masih menyukai motor bebek, dan untuk menyalurkan hasrat balapnya, tetap hiduplah balapan motor bebek ini.

Pelaksanaan balap motor bebek di setiap negara, tentunya tidaklah sama. Hal ini terkait dengan persiapan panitia, kedisiplinan penonton dan lain-lain. Nah khusus untuk masalah perisapan panitia, kita bisa merujuk pada balapan yang diadakan di Malaisian ini. Dari video yang merupakan kumpulan kecelakaan pada saat balapan, terlihat bahwa sistem keamanan yang disiapkan panitian cukup layak. Bagitu pula dengan safety gear yang diginakan pembalap.

Kalau dilihat sekilas, maka terlihat bahwa :

  1. Trek yang digunakan cukup lebar
  2. Ada pagar pengaman yang cukup kokoh
  3. Ada tumpukan karung berisi serbuk bekas gergaji, dan juga angin sebagai pengaman bagi pembalap yang crash
  4. Panitia siap sedia memberi peringatan bendera kuning dan membantu pembalap.

Terlihat dalam video tersebut, meskipun kecelakaan pembalap banyak terjadi, bahkan sering beruntun, efeknya diminimalisir oleh pengaman-pengaman tersebut. Begitu pula dengan penonton, apa yang terjadi di lintasan balap tidak bersentuhan dengan penonton. Sehingga penonton relatif aman dari kecelakann yang terjadi di lintasan

Roadrace Indoensia juga sudah bagus kok, kalau di sirkuit permanen

balapan motor bebek Indonesia sirkuit permanen

Tapi ketika balapan dilakukan disirkuit dadakan, beginalah penampakannya

balapan motor bebek Indonesia sirkuit dadakan

Coba perhatikan beberapa yang bisa mengundang kecelakaan fatal :

  1. Penonton sangat dekat/mepet dengan litasan balap
  2. Pelindung di sekitar pembatas minim, ada yang kosong.
  3. Lintasannya sempit

Maka jika sering terjadi kecelakaan fatal yang berbuntut cidera parah bahkan mematikan, wajar saja. Apalagi penonton yang tidak dilengkapi pengaman seperti yang terjadi beberapa hari yang lalu. Penonton tewas terhantam magnet yang lepas.

Semoga menjadi pembelajaran bagi kita semua, khususnya bro n sis yang menjadi panitia dalam event balapan di tanah air tercinta ini. Wassalamu’alaikum wR wB

11 Komentar

  1. Dan yg kena getah selalu panitia jika terjadi hal2 yg tidak diinginkan. Pemerintah, sponsor, peserta, penonton, dan pihak terkait lainnya?

    • Ya sebelum mnyelanggarakan acara.mesti di analysis dlu seharusnya..bahaya yg mengancam dan antisipasinya
      disini kebanyakan yg ngadain acara dadakan biasanya pabrikan atau event pemerintah dimana misi utamanya adalah balapan dan bagi2 hadiah.. tolak ukur suksesnya adalah ramai peserta dan penonton…masalah safety lo urus sendiri. Kan begitu.
      Peserta sih mikirnya dimana ada event disitu unjuk gigi.
      Penonton taunya nonton. Gratisan.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan