[MotoGP] Baru Tumben Motor MotoGP Bocor Spesifikasi Bore x Stroke nya

Diposting pada

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Tidak seperti motor umumnya, motor-motor motogp merupakan motor prototype yang tidak semua informati bisa di-publish bagi orang umum. Akan tetapi untuk turunannya, biasanya terinformasikan dengan cukup lengkap. Maklum saja karena akan dijual untuk umum, jadi masyarakat berhak tahu spesifikasinya. Misalnya r1 dan rc213v-s, hampir semua spesifikasinya gamblang, dapat dilihat oleh masyarakat terutama calon pembelinya, sedangkan m1, gp15 dan rc213v motogp blur, hanya info sekedarnya saja.

Salah satu informasi tenteng engine yang sangat rahasia adalah konfigurasi bore x stroke. Karena secara kasat mata, bagi seorang ahli mesin, konfigurasi ini sudah cukup menggambarkan dasar performa engine-nya. Sehingga dalam ajang kompetisi dapat diketahui kelebihan dan kekurangan performa engine ini dikombinasikan dengan sirkuit, ban dan lain-lain.

Dan motor motogp yang men-share (atau bocor ya) informasi bore x stroke nya adalah ktm rc16 calon motor motogp dari pabrikan ktm untuk musim 2017, tidak umum, atau mungkin bisa berubah pada saatnya nanti.

ktm1

Simak beberapa spesifikasi penting yang dimiliki engine ktm rc16 ini.

  1. Konstruksi V4
  2. Bore x stroke 81 mm x 48.5 mmm
  3. Power puncak 245 hp
  4. Putaran engine maksimum 16000 rpm

Dengan beberapa perkiraan besarnya parameter yang lain, seperti :

  1. Rasio kompresi (CR)  antara 13.9 Р14 (bmw s1000rr cr-nya 13:1)
  2. Efisiensi volumetrik (VE) bisa mencapai 130 %
  3. Power maksimum pada 14000 rpm (bmw s1000rr 193 hp/13500 rpm)

Bisa diperkirakan beberapa variabel yang lain, yang tergambar dalam tabel berikut

performa ktm rc16 2015

Terlihat bahwa engine ktm rc16 masih sangat mungkin ditingkatkan powernya. Hanya saja ada beberapa hal yang akan dipertimbangkan perlu-tidaknya power engine yang lebih besar. Karena lap-time tidak melulu karena power besar atau motor kencang, tetapi merupakan sinergi dari banyak faktor, power besar salah satunya.

Jika demikian, maka hal yang sama juga mungkin terdapat dalam konfigurasi engine merek lainnya. Terbayang betapa dahsyat akselerasinya dengan bobot yang tidak sampai 170 kg. Begitu pula dengan para ridernya, tentunya bukan rider sembarangan yang mampu menaklukkan motor dengan performa seperti ini.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

13 thoughts on “[MotoGP] Baru Tumben Motor MotoGP Bocor Spesifikasi Bore x Stroke nya

  1. itu masih kelas KTM yang baru belajar merangkak didunia motoGP….. Ntah gimana power yang dimiliki M1 RCV213 dan GP15…. secara mereka sudah sangat berpengalaman…

    1. jangan gitu bro, teorinya bro pengamat yg sering dikasih itu positive lo, dan memang bener

      yang positive diskusi gitu semoga lanjut, nambah wawasan

  2. ya memang regulasi moto gp kan ada batasan bore max 81 mm

    gimana si…
    ya hampir semua pabrikan ngejar bore max lah
    rcv bisa tembus 16.500-17.000 rpm

  3. Ok ini perlu diapresiasi positif.
    Motogp 2016 harapannya bukan lagi “balapan dagelan” seperti yang sudah2 coz hampir seluruh musim motogp 2015 dimenangkan team Yamaha yg terlalu powerfull & stabil.
    KTM RC16 sudah membocorkan spec mesinnya pake stroke 48,5mm mirip spec moto3 RC250. Meski menggunakan spec kasta terendah setidaknya ini bisa dijadikan acuan performa spec pabrikan lain jika masih dirahasiakan specnya.
    Analisa saya Karakter akselerasi & topspeed RC16 akan mirip dgn GP15 & RCV213 tahun 2015.
    Kita tunggu akankah tim RCV, YZR-M1, suzuki GSX1000rr dan Ducati dgn mesin desmodesici tahun 2016 berani buka2an spec??…. Xixixixixixixi

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan