[Guyonan] Kalau " Yang Ini" Asli Adu Motor

motogp bikes

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Dalam sebuah balapan (race) banyak yang mengatakan banyak faktor yang menjadikan seorang rider pemenang. Bisa karena motornya, skill ridernya, tim yang kompak atau karena keberuntungan. Kadang seorang rider motogp skillnya disangsikan meskipu ia juara dunia, karena dianggap faktor penentunya adalah motor. Begitu pula sebaliknya, ada yang mengatakan ia bisa juara dunia karena memang skill yang yang mumpuni meskipun motornya kurang ok.

Begitu pula ada komparasi-komparasi yang dilakukan oleh kelompok, perorangan ataupun tim khusus media masa. Kadang komparasi yang dilakukannya masih disangsikan, karena faktor-faktor seperti di atas. Kadang dalam mengkomparasikan motor, sering dianggap bahwa performa yang ditampilkannya tergantung joki, atau rider nya.

Nah berikut ini, komparasi produk motor benar-benar asli, hanya motornya saja. Motor jelek dan bagus akan langsung terlihat. Sang rider bisa dikatakan tidak berpengaruh. Kira-kira bagian apa dari motor yang diadu ???

adu motor berenang 01 adu motor berenang 02 adu motor berenang 03 adu motor berenang 04 adu motor berenang 05 adu motor berenang 06

Hayo tebak siapa yang menang ? Siapa yang paling pinter berenang di kali ?

Semoga tidak ditiru, hanya untuk yang bernyali. Semoga terhibur, wassalamu’alaikum wR wB

15 Komentar

  1. maaf bro sedikit melenceng.. cm mau tanya tentang rasio transmisi antara cbr lokal dan cbu.. rasionya ke 2 motor itu sbenernya sm nggk sih bro ?? logikanya kalau mnurut perhitungan sampeyan jika rasio transmisi antara cb, cbr lokal dan cbu jika sma maka jika gear set cbr cbu dipasang di cbr lokal maka top speed on speedo di rpm yg sma maka akan menghasilkan top speed yg sm dgn cbu kan ?? tp jika melihat temen2 grup yg mnggunakannya saat cbr lokal make rasio 14/42 (pdhal ini masih lbh enteng dari cbr cbu) tp kok top speednya di rpm yg sm dg cbu kok hasilnya beda ?? ex : cbu dgn gear set 15/43 gear 4 bisa nembus 145 kpj di gear 5 mntok limit.. tp cbr lokal pake 14/42 gear 5 bisa nmbus 150 an kpj.. berarti apakah rasio transmisi ke 2nya berbeda bro ?? maaf bro jika terlalu banyak..

    • sepengetahuan ane yang berbeda cuma rasio sekunder, alias gir depan-belakang
      perbedaan capaian topspeed yg berbeda karena pengaruh kurva power dan reduksi total, serta bobot total
      jika kepresisian speedometer tdk sama, maka speedometer juga akan mempengaruhi

  2. motogokil@
    bukannya kurva antara cbr cbu dan lokal mirip2 ya bro ?? soalnya sama2 memiliki peak power yang sama, (10500 rpm). trus masalah akurasi speedo, akurasi speedo lokal dan cbu mirip2 bro.. dari testimoni temen2 grup, cbr lokal nmbus 160 kpj on speedo dan 140 GPS. sdangkan cbu 152 on speedo 134 on GPS. jd kalaupun beda pasti angka on speedo nggk akan lbh dari 5 kpj. lha ini segitu banyak. trus posisi rpmnya jg nggk sama. trus dari pngalaman temen2 grup yang nyoba make gear blakang uk. 45 kalau nggk salah, nafas cbr cbu jd pendek2. dan rpm cepet naik. bahkan mungkin jika memakai gear set cbr lokal, akselerasinya lbh nendang daripada aksel cbr lokal. (cbr lokal yg make gear set 15/46 aja tarikannya masih aja bolot+nafasnya masih termasuk panjang). apa memang ke antara cb, cbrlokal, dan cbr cbu memiliki rasio transmisi yang berbeda beda yaa ??

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan