Spesifikasi-Fitur-Style Sonic150 Tanggung atau Justru Komplit [Bagian-1]

Diposting pada

right full

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Hampir di semua blog papan atas, berita keluarnya spesifikasi sonic150 menghasilkan kontrofersi. Apakah spesifikasi tersebut dirasakan tanggung, atau justru komplit jika dibandingkan dengan dua kompetitornya yaitu satria fu150 dan mx king150. Persepsi tanggung karena beberapa faktor yaitu :

  1. DOHC tapi bore x stroke = 57.3 mm x 57.8, (katanya fby dohc overstroke)
  2. Torsi kalah dari mx king dan power kalah dari satria fu
  3. Tampangnya ayam jago (saingan dengan satria fu) tapi performanya seperti bebek (saingan dengan mx king)
  4. Dan lain-lain silahkan ditambahkan sendiri

Itulah persepsi komentator blog yang bisa jadi ada benarnya. Akan tetapi AHM tidaklah melakukan pembangunan motor yang benar-benar baru tanpa riset pasar dan keinginan-keluhan konsumen atas produk kompetitor (begitu pula dengan pabrikan lainnya). Sehingga diketahui kelebihan dan kekurangan dari kedua kompetitor tersebut. Yang bagus dipertahankan dan yang jelek dihilangkan (dikurangi).

Atas dasar itulah ahm mencoba menghadirkan sonic150 dengan konstruksi engine dan frame yang benar-benar baru. Barangkali berkebalikan dengan persepsi komentator yang mengatakan sonic150 spesifikasinya tanggung, tapi malah justru menurut ahm spesifikasinya komplit.

Bagaimana sonic150 bisa dianggap memiliki spesifikasi yang komplit dibandingkan kedua kompetitor ?  Mari kita obrolkan bersama…

Berdasarkan spesifikasi sonic150 yang beredar di blog-blog papan atas, dan dibandingkan dengan spesifikasi kompetitor (satria fu dan mx king) yang sudah ada sebelumnya, mari kita bandingkan.

spec sonic150 vs fu vs mxking2

 

Nah sekarang mari kita bandingkan antara MX King150 dan Sonic150

  1. Power-Berat-RPM-PWR. Sonic150 menang sedikit (0.004 ps/kg) dan akselerasi di putaran atas sedikit lebih kuat karena power maksimumnya berada di putaran yang lebih tinggi.
  2. Torsi-Berat-RPM_Roda Belakang-TWR. MX King150 menang sedikit (0.001 Nm/kg) dan akselerasi di putaran bawah seharusnya lebih kuat, akan tetapi karena mx-king menggunakan ban yang jauh lebih lebar dan berat, otomatis akselerasinya tereduksi. Tinggal nanti tergantung dari perbandingan rasio transmisinya.
  3. Wheelbase-Berat. Sonic150 lebih ringan sedikit (1.8 kg) hanya sedikit mempengaruhi performa, akan tetapi kombinasi dengan wheelbase yang lebih pendek (15 mm) menjadikan sonic150 lebih mudah dikendalikan saat membelah kemacetan lalu lintas. Tapi dengan wheelbase yang lebih panjang dan bobot yang lebih berat, mx king akan lebih stabil saat ngebut dilintasan lurus.
  4. Berat. Sonic150 lebih ringan sehingga lebih mudah untuk digeser-geser saat di tempat parkiran yang padat.
  5. Tinggi jok. Sonic150 memiliki tinggi jok yang lebih rendah (2.6 cm) sehingga lebih cocok untuk rider yang kurang tinggi (sepertinya menyasar segmen abg). Sedangkan bagi rider yang kakinya agak panjang akan lebih nyaman naik mx king.
  6. Ground clearence. Sonic150 sedikit lebih tinggi (5 mm), sedikit lebih tahan terhadap gangguan polisi tidur. Tetapi dengan ground clearence yang lebih rendah mx king akan lebih stabil baik saat lurus maupun menikung.
  7. Bore x stroke. Sonic150 memiliki bore yang sedikit lebih besar mengindikasikan napas sedikit lebih panjang, terbukti powernya sedikit lebih besar dan puncak powernya di rpm yang lebih tinggi. MX King memilki stroke yang lebih panjang mengindikasikan lebih torqy, terbukti  torsi nya sedikit lebih besar dan dicapai di rpm yang lebih rendah.
  8. CR. Sonic150 memiliki cr yang jauh lebih tinggi, mengindikasikan pembakarannya lebih sempurna dan lebih efisien. Akan tetapi dengan cr yang sangat tinggi tersebut, sepertinya tidak bisa lagi minum premium, sedangkan mx king masih boleh minun premium, jadi mx king bisa lebih irit. Saat ini minum pertamax/+ sepertinya sudah menjadi pilihan, baik karena performa engine atau karena kebersihan saluran bahan bakar. Karena pertama/+ sudah mengandung zat pembersih injector dan ruang bakar, sedangkan premium tidak.
  9. Mesin. Sonic150 lebih canggih karena sudah dohc-rra dan 6-speed, sedangkan mx king masih menggunakan mesin generasi vixion dengan konfigurasi sohc-rra 5-speed.
  10. Roda belakang. Sonic150 menggunakan ban yang jauh lebih kecil (meskipun velg nya keliihatan besar) sehingga kombinasi twr-ban menjadikan akselerasi sonic150 bisa diadu dengan mx king yang memiliki torsi yang lebih besar tetapi harus memutar ban yang jauh lebih besar. Akan tetapi mx king memiliki kelebihan dengan menggunakan ban 120/70 ini, yaitu lebih stabil saat ngebut lurus di puataran tinggi, dan lebih aman saat menikung

Nah silahkan dipertimbangkan, perbandingan spesifikasi dan pengaruhnya terhadap performa dari sonic150 dan mx king ini.

Untuk fitur sepertinya mirip-mirip, bedanya mungkin hanya di penggunaan lampu led, speedometer full digital, dan lain-lain. Baru bisa dilihat dengan gamblang kalau sonic150 sudah di-rilis. Sedangkan style sangat jelas bedanya sonic150 ayam jago dan mx-king bebek super, sepertinya dilihat dari postur dan bentuknya, pangsa pasar nya agak beda. Sonic150 menyasar remaja atau pemuda yang berjiwa remaja, sedangkan mx king menyasar ke remaja sampai pemuda yang berjiwa matang. Dari style ini juga terlihat kekokohan bentuk garpu depan, yang mana style ayam jago memperlihatkan garpu depan dipegang oleh segitiga bawah atas (layaknya motor sport), sedangkan untuk motor bebek tidak terliihat (tertutup cover).

Bagaimana perbandingan antara sonic150 dengan satria fu 150 ? Akan kita bahas di artikel berikutnya. Atau bro bisa mereka-reka sendiri dengan mengacu poin-poin di atas.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

41 thoughts on “Spesifikasi-Fitur-Style Sonic150 Tanggung atau Justru Komplit [Bagian-1]

  1. ovestroke pak dosen,, ibrat ayam jago rasa bebek..

    piye yoh rasane.. enak di sate ap dgoreng ap dirica2

  2. Untuk kebutuhan city sport sudah sangat cukup. Untuk kebutuhan balap tergantung banyak faktor, contoh mx bore up 150 bisa memimpin jauh di kejuaran irs seri akhir tahun kemarin.
    banyak pilihan konsumen diuntungkan.

  3. Sonic overall nanggung pak dosen dari spesifikasinya. Ga sonic banget lah

    Untuk spek, say goodbye untuk sonic

    tp dari sisi fitur bagi pecinta LED ya lumayanlah tuk Sonic

    tp kalau sy fitur LED sy rasa biasa aja, percuma toh bohlam lebih terang daripada LED. Dan biaya penggantian Bohlam lebih murah daripada LED kalau seandainya rusak

    1. klo lebih fun to ride dri sonic 125 dan si FU apa salahnya? psti bakal senang konsumen yg memakai sonic dan senangnya bakal nular ke calon konsumen sonic yg lainnya..

      ingat gan… honda lebih mengutamakan fun to ride dripd power gede.. *just my opinion

  4. anehnya, kenapa dengan cr lebih tinggi tapi punya PWR & TWR yang naggung (lawan FU, MX-King) kenapa nggak diunggulin aja sekalian.

    1. itu yang saya bingung bro asli nanggung ni Sonic

      mumpung belum launching, mending ubah spek (beneran) kalau mau libas satria ya kencengin powernya, kalau mau libas MX King ya libas Torsinya.

      Simple kan?

      tp saran sy mending power dinaikin libas Satria FU, biar kasih tau kalau power di injeksi mampu melibas Karbu. Apa engga sebuah kelebihan itu ??? Sonic jd Penggila Power kan kalau misal itu beneran terjadi

      tapi ah.. sudahlah.. smoga AHM baca ini…

      1. ingat gan… honda lebih mengutamakan fun to ride dripd power gede.. *just my opinion

        tpi klo CRnya gede sgtu.. psti performanya juga gak bakal kalah sama si FU gan..
        contohnya si sonic lawas yg CRnya notabene lebih gede dri CR fu tpi cc kalah jauh dri fu, tapi masih mampu melibas si FU kok..

      2. karbu di setting gae banter yo iso mas. banter e karbu luwih medeni timbang injeksi. tarikan iso luwih nyolot2. dan nyetting e luwih gampang…

  5. kan sudah dari dulu honda bikin motor harian nggak melulu pamer Hp/torsi besar..cbr1000sp aja standar kalah power dibanding 1000cc motor lain… bodi kurang agresif dll…tp kayak’nya honda lebih mentingin kenyamanan dan desain yg everlasting untuk masing2 kelasnya….

  6. CR nya tinggi banget.. tapi kok powernya sedikit aja ninggalin mx king..
    Kok pak dosen ga bikin oret oretan buram? Tumben

  7. pak dose…, itu berat sonice yang 114,2 kg itu berat kosong ya…?
    jupiter mx yang 116 kg itu berat kosong atau berat isi/cairan pak dosen….??

  8. jarak sumbu roda mx king pun setahu saya 1240 mm, bukan 1290 mm.

    hanya mengingatkan agar hasilnya tidak semakin menyesatkan…, seperti point ketiga diatas itu….

  9. maap ye pak dosen,
    yang saya tahu berat 116kg mx king itu berat isi, bukan berat kering….
    cmiiw ye…, saya tdk pernah timbang soalnye…..

    hahahaha……

  10. kalo menurut ane sih, spek tanggung gitu karena mempertimbangkan konsumsi BBM juga… karena konsumen Indonesia konsumsi BBM masih jadi pertimbangan penting, apalagi untuk anak muda yang bensinnya dijatah…

  11. Ulasan Pak dosen siip, menurut sy sblm nga haem brojolin sonice pasti sdh nganalisa mx & fu. Maka nongollah spek serta fitur yg ada di sonice. Jd sonice akan padat ngisi dr power bwh sampai atas, akselerasi dpt speed jg dpt dg lht smua spek diatas jgn hanya dilihat stroke x bore tok. Mohon koreksi maklum msh awam.

  12. Max speed piston 21m/s sonic 10500rpm, satria fu 12900rpm, mx-king 10500rpm.
    Versi stock peak power ketiganya:
    Sonic 9rb/10900rpm = 82,56%
    Satria fu 9500/12900rpm = 73,64%
    Mx-king 8500/10700rpm = 79,43%
    Jangan liat powernya dulu, ntar kaya gen vixion power 16,56ps taunya overhead itu juga didyno cuma dapet 14ps R15.

    1. dohc rra? keliatan banget ngejar irit nya…. knp gk sohc aj sekalian? sama2 pake rocker arm juga dan head silinder nya bisa lebih ringkas. dan jg kalo lihat bore x stroke nya pantes kok pake sohc… tapi knp mesti dohc? haruskah? entahlah…

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan