Vixion DOHC ??? Walaupun Masih Gelap, Tapi Ada Sedikit Bocoran Ukuran Bore x Stroke-nya

new-vixion dohc

Asssalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Sudah beberapa blog yang membahas vixion akan ganti mesin, dari sohc menjadi dohc. Meskipun blogger2 kondang (tmc, iwb, indobikermags, dll)  belum mebahasnya, akan tetapi rumornya kok yang nggak hilang2. Mungkin banyak juga pencinta vixion yang “diam2”, memimpikan jika engine vixion diganti dengan model dohc.

Dan kebetulan kemarin ane setelah jalan2 ke beberapa site, kok yan dapet bocoran halus, mungkin nggak sengaja keceplosan, atau memang sengaja dibocorkan sebagai “psy war buat honda, mengenai ukuran dari bore x stroke dari calon engine vixion dohc.

Berapa kira2 bro ??….

Menurut bocoran (yang nggak jelas) ukuran bore x stroke vixion dohc adalah

60 mm x 53 mm

Wah mantab, overbore bro, volumenya sekitar 149.9 cc dibulatkan menjadi 150 cc. Dan kalau menurut ane ukuran ini sangat realistis untuk beberapa alasan :

  1. Dengan stroke yang lebih panjang dari kompetitor 47.2mm maka sudah pasti torsi-nya akan lebih besar dari kompetitor. Sehingga “sense” vixion-nya nggak hilang meskipun sekarang sudah overbore. Efeknya akselerasi diputaran bawah lebih nendang dan bisa dibuat lebih irit, nggak jauh dari karakter nvl saat ini.
  2. Dengan bore yang lebih besar, sangat memudahkan untuk menempatkan dua camshaft di atasnya. Dan dengan bore yang lebih besar, akan mampu diisi dengan klep yang diameter-nya  lebih besar dari sekarang, sehingga sangat memungkinkan untuk mengail tenaga di rpm tinggi.

Dengan ukuran ini maka rpm maksimum-nya bisa digeser naik, yang sebelumnya dengan stroke 58.7 mm piston speed max nya ada di 10700, sekarang dengan stroke 53 mm menjadi 11850 rpm. Hal ini memberikan keuntungan yaitu limiter ECU bisa digeser lebih tinggi lagi, di 11500 rpm. Dan jika tetap menggunakan rasio transmisi standar, maka sudah pasti topspeed nya naik, menjadi 139 kpj (gigi-5 11000 rpm).

topspeed nvl dohc

Lalu powernya bagaimana ?

Ya sudah pasti, jika mau, maka powernya bisa jauh lebih besar dari yang sekarang, karena :

  1. Putaran mesin bisa lebih tinggi
  2. Throttle bodi bisa lebih besar (VE) bisa lebih tinggi lagi
  3. Diameter klep-in juga bisa jauh lebih besar dari yang sekarang. Jika masih ingin irit maka rasio diameter klep in : bore = 0.33 (sama dengan NVL), maka diameter klep in-nya 20 mm. Sedangkan jika ingin mendapatkan performa yang lebih besar maka rasionya 0.39, sehingga diameter klep-in nya 23.5 mm. Hmmm…mantab, lebih besar dari pada diameter klep ini R15 OMR yang cuma 22.5 mm.

Jika limiternya diletakkan dai 11000 rpm maka power puncaknya bisa diletakkan di 9500 s/d 10000 rpm. Dan berikut perkiraan karakter engine vixion dohc dengan setingan irit untuk harian yang mampu mengungguli rivalnya

power nvl dohc

Selain dari itu, dengan konstruksi overbore + dohc maka minimal masih ada 5 bagian (nomor cetak merah) yang bisa dioptimalkan, baik untuk street performance ataupun untuk race.

Sangat menarik kan ?

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

54 Komentar

  1. Kayaknya rada susah deh, knp :
    1. Emg boleh yimm develop mesin sendiri?
    2. yimm beda sm ahm tentang kepemilikan saham
    3. gk satupun fz150i bermesin dohc overbore di manca negara
    4. Deltabox overbore dohc klo diproduksi harga bisa melambung tinggi, efesiensi gk dapet
    5. Lupa ya dg trend common part?
    6. Lha itu mx king brojol, jika mx yg sbelumnya harga jual anjlok (pny sy thn 2012 5speed plng tinggi kena 11jt, itupun klo tukar tambah) , knp yimm brani keluarin utk tandingi fu, cz kelebihannya mx king bisa lebih leluasa common part dg vixion, so klopun penjualan gk tll melejit gk jd soal di biaya produksi
    7. Image kental persaingan sohc overstroke dan dohc overbore para fans dikemanain? Apa mau dijadiin satu club aja? Hahahaaa,,, 😀

    • jwab ah x aje dapet evo x FQ400 😀 😀

      1. kenapa ga? toh market terbesar dipegang yimm, see r25 yg diproduksi ina
      2. idem no.1
      3. ga da hubunganny
      4. kan belom dicoba n pasti bisa buat pabrikan sekelas yamaha
      5. engga dong kan bisa aja mesinny buat ke next byson ato mungkin buat new low sport maybe
      6. see no.5
      7. tambah seru pastinya pant dohc sebelah kw kbnykn trouble wkwkwk

      😀 😀

  2. Hukum ekonomi mengatakan :
    AHM = cbr150r > cb150r > cs2 (new sonic)
    YIMM = r15 > nvl > mx king

    kalo tiba” nvl dohc overbore,, lha ini sudah keluar dr hukum ekonomi! 😀
    (sebagai org yg sll dituntut efesiensi sm atasan, sy paham banget skema ini.. Hehehheeee)

  3. info yg sumbernya gk jelas kyk yg pak dosen bilang kok d jadikan artikel..apalagi bagi blogger dosen sprti anda

    #BukanUrusanSaya

    😀

  4. ane mw tanya, jupe z1 indoprix dan nsr500v mesin overstroke tapi tenaga justru keluar di putaran atas.
    knp bisa gitu?? bukankah seharusnya stroke mempengaruhi karakter tenaga??

  5. kalo sekedar dohc terlalu mainstream. jika rival sohc 2 klep vixion sohc 4 klep, n dohc rival 4 klep seharusx vixion dohc 8 klep. gimana kira2 ya?

    *opini liar

  6. Masih rumor, ntar ngak laku lg mx-king nya. Apakah harga diatas r15? bisa jadi soalnya embel2 dohcnya, padahal spek segitu 4 valve sohc cukup.
    Spy war spek cs150 vs vixion dohc, Ahm sama Yimm pecah kongsi, oke ditunggu spek stroke 53mm nya.
    Kalo fby masih ngimpi, tormax ane udah wara-wiri, salam stroke 53,5mm. Xixixixxi

  7. Klo bener bener kaya gini berarti Yimm tau keinginan konsumen sama kaya Ahm perhatikan maticnya dengan sindiran bletak dooenya dan vixion dgn sohcnya

  8. Yamaho selalu ketinggalan ketika motor semprot lainnya pake dohc, malah ngeyel pake sohc, yang lain udah make teknologi COMPACT SPORTmatic, malah yamaho update pake dohc.
    Kata FBH, sport itu tangkinya didepan n harus dohc 4 klep.

  9. kalo ane punya pengamatan (cie bahasa ane tinggi nih) begini :
    seandainya bener yimm ngeluarin dohc, pasti R15 dulu… secara sport ya kan… tapi head dan blok juga piston n conrod bisa di “plug n play” pada old R15 dan vixion series… jadi kalo ada yg bilang ga efisien dari segi ekonomi ya salah, krn motor yg keluar nanti tetap pake common part dan head dan blok assy juga laku…
    so what do you think?

    wkwkwk

  10. Yaelah gw tinggal trnyta bnyk alayers betebaran, nih gw jelasin ye biar ku pada pinter :
    1. RnD mesin baru itu makan waktu tahunan oon!
    2. Ada yg bilang R25 di indo, gw bicara RnD bukan perakitannya dodol!
    3. Byson dibawa”, lu gak tau apa klo byson udh brojol versi blue core, ngimpi gak usah tinggi” coy!!
    4. Emg ky lu bore-up dan cangkok mesin seenaknya, dasar anak kurang gizi.. Tau gak, klo ganti dohc, harus ada development rangka, distribusi berat, dsb.. Skrng gw tanya motor mana yg dikeluarin pabrikan ganti blok silinder tp yg lain tetep?! Liat perubahan pd mx-king! Beda sm njmx yg dipasang blok nvl ma anak”alay, perubahan terjadi menyeluruh di berbagai macam part, cz lu mau naij cc aja itu pengaruh ke part yg lain, ini bicara technology dan bagaimana part” saling sinergy dan ketahanannya, beda ma otak bengkel pinggiran mcm lu yg sring comot part yg lain biar kelihatan superior buat touring jawa-bali ngebul di tengah jalan dasar otak pinggiran!
    5. Yamaha dan Honda itu beda kepemilikan saham, masalah ini lu gak usah ngotot, inget pernyataan general marketing yimm yg bilang,, r15 gak akan dipasarkan di indonesia yg klo gak salah gw baca sekitar thn 2012?
    yah itu krn utk masarin produk aja mrk hrs bener” keputusan dr yamaha pusat. Boro” mau RnD sendiri. Ini ada sisi baiknya jg, cz motor yamaha yg beredar di indo sdh pasti beredar di luar (plng cuma beda nama), so kualitas plng tidak ya 11:12 merata di semua negara. Beda ma ahm.. Belum tentu motor milik ahm semua beredar di luar,, knp cz standar indo beda dg luar, klo ahm RnD di sini dg bbm ron 88 masi mayoritas di sini, kalo standar disamain plek sama di luar,, mau tuh gk ada yg bisa nenggak premium??! (klo gw si keberatan, yg bilang gak pasti anak rumahan yg gak pernah touring lintas alam – ngipi lu mau dapet pertamax di pelosok!)

1 Trackback / Pingback

  1. Ketika Yamaha Mulai Tidak Percaya Diri Dengan Engine SOHC. Yamaha Akan Mengeluarkan Engine yang Dahsyat | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan