Dengan Rasio Transmisi Standar, Berapa Kecepatan CB188R pada 20000 RPM ?

cb150r sena ponda

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Tentunya setelah mengetahui bahwa oprekan cb150R (jadi 188 cc) bisa berkitir sampai 20000 rpm, yang menjadi pertanyaan jika treknya mencukupi, “Sampai berapa topspeed-nya ?”

Seperti yang tertera di fb yang bersangkutan bahwa speednya baru mencapai 186 kpj dan naik terus secara lambat. Kalau diteruskan kira2 sampai berapa ?

Kalau memang mesin “dyno” -nya memiliki akurasi yang bagus, maka dengan menggunakan rasio transmisi standar kecepatan cb188r ini pada putaran mesin 20000 rpm bisa mencapai 250 kpj, edian bisa terbang nih motor.

speed cbr150 sena ponda

Dan seperti yang dituliskan di awal statusnya oleh Om Sena “Hanya untuk bersenang2 saja ”

sena status

Jadi jangan terlalu melambung tinggi membayangkannya, bahwa dengan spek tersebut akan dipakai buat balapan di jalan. Atau akan diterapkan buat motor harian, bisa celaka. Celaka ridernya juga celaka motornya (ancur). Karena kalau mau aman ya tetap harus memperhatikan pistonspeed-nya, limiternya nggak boleh lebih dari 13300 rpm.

Oh ya pada video tersebut, kan kita melihat mesin mampu berkitir 20000 rpm beberpa lama, kok nggak ancur ya klep-nya ? Nah ane ada sedikit penjelasan secara teoritis mengapa kok bisa aman klepnya. Hal ini terkait juga dengan pencapaian topspeed 186 kpj yang cukup lama, nanti dah kita bahas di artikel selanjutnya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

26 Komentar

    • maunya mbahas merek lain,
      seperti yamaha, cuma kok yang lagi santer malah matic jadi rada males
      suzuki nggak ada yang baru
      kawasaki juga nggak ada yang baru
      ya ente jangan terlalu anti lah sama honda, jadinya bosen
      tapi coba cari hikmah di luar merek nya, misalnya mesin berputar 20000 rpm itu bagaimana konstruksinya ?

    • klaw bosen ruk sna gabung .gabung rombongan beruk ternakan mbah darmo di hutan alas roban .ngomong bosen masih aja mampir di blog nya pak dosen .orang masih bahas honda ya honda .dia jg kan sering jg bhas yahama .dsar fby pkok ..

  1. Apakah teori mencari kecepatan msh berlaku kalau kyk gini om? Rasio dll msh standar kn… 186 itu dah nyentuh rpm 15rbHttp://speedpro86.wordpress.com/2015/01/08/tips-memilih-knalpot-racing-yang-tepat-bagian-ii-mahal-tak-selalu-bagus/

  2. Ngak heran kalo cbsf/Cbr lokal sampe 20rb rpm, overlap 0 derajat klep aman ngak bakalan tabrakan. sangat disarankan pake knalpot standar supaya peak powernya dirpm rendah. Mesin dohc, 4valve, klep lebar, stroke pendek 47mm. Kalo pake knalpot freeflow bakalan kaya ngempos makanya ecu di unlimiter, mesin balap ya begitu, yang menentukan menang/ kalah dilintasan adlh besaran torsinya, diameter dan panjang knalpot buat setting peak powernya dirpm berapa, handling dan ridernya.

  3. om gokil, saya pernah lihat video 20K rpm pada motor kawak zx250 4 slinder, dan itu nyata di tes di jalanan, speednya ngk seberapa si, standar lah untuk mesin 4 slinder, tapi suara mesin mtoronya gilaaaaaaa… melengking setinggi2nya, kaya mesin F1, dan dari video itu saya percaya rpm mesin itu 20k, tapi kalo untuk CB150, nyampe 20K, saya ngak yakin om, karena di video cb tersebut, rpm di dyno agak aneh tampilannya, ngk stabil kenaikan rpmmnya, kalo kita bandingkan dengan moge 4 slinder, rpmmnya stabil mencapai 20k (red line), naa di cb kk aneh ya, saya rasa itu ngk 20K, karena menurut saya ngk kan mungkin, kecuali om bisa buktikan secara nyata, selain di video kemaren.

    Ni om, kawak zx2R 20K rpm

  4. dynonya rpmnya ngambil dari koil ya jd mmg kurg stabil ato alat dynonya ?? , waw bgt bisa smpe 20 rb klo bener , tp menurut ane kok realnya g 20 rb rpm yaa ,,, tp klo sekitar 15-17 an rb mungkin sanggup , cz cbr old ane gnti cdi enteng naik 14 rb rpm sanggup cuma yg lainya masih stdr jd berat naik lg rpmnya , klo ngomongin mesin balap/racingg sih memg sadis piston speeed lewat sdh sering contoh motor bebek 110 cc balap bisa 14 rb rpm , liat fxr bisa 15 rb rpm stdr (klo g salah), ato r15 racing bisa berkitir 13 rb rpm udh lewatin piston speed

  5. Paling sebentar lagi rompal mesinnya, habis terlalu maksa alias mekso dan overclocking.

    Dan ngga percaya kalo bisa 20000rpm sepertinya terlalu wow

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan