Menyambut Kedatangan Pertamax Murah, Naikin Kompresi Ruang Bakar

premiumhabis adapertamax CRnaik

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa harga pertamax turun menjadi Rp. 8.800 dan tanggal 3 januari 2015 nanti akan menjadi Rp.8600. Tentunya kita harus mengambil keuntungan dari penurunan harga pertamax ini, terutama yang biasanya menggunakan premium. Hal ini dikarenakan suatu saat premium akan dihapus, sehingga mau nggak mau motor yang biasanya pakai premium akhirnya menggunakan pertamax juga.

Salah satu teknik mengambil keuntungan dari penggunaan pertamax adalah dengan menaikkan rasio kompresi mesin standar, sesuai range bbm pertamax. Pertamax mampu mengakomodir mesin dengan CR ; 9.1:1 s/d 10:1. Dengan demikian maka supaya kita bisa mearasakan keunggulan penggunaan pertamax, CR motor harus ditingkatkan lebih tinggi lagi, selama masih dalam range tersebut.

Ada dua cara meningkatkan CR ruang bakar motor, yaitu …Dengan memperkecil ruang bakar, atau memperbesar isi silinder. Memperkecil ruang bakar dapat dilakukan dengan cara membubut ketinggian silinder. Sedang memperbesar volume silinder dapat dilakukan dengan cara oversize atau bore-up.

Berikut ini perhitungan berapa mili blok silinder harus dibbubut, atau sampai oversize berapa yang masih diperkenankan.

meningkatkan cr bebek 110cc

Contohnya revo, yang tadinya memiliki CR=9, kemudian jika dibubut 0.5 mm maka cr-nya menjadi 9.62, masih masuk dalam range kerja pertamax. Atau jika melakukan oversize sampai 250 (2.5 mm) maka volume silindernya membengkak menjadi 120.41 cc, dan cr-nya sekarang menjadi 9.82, juga masih masuk dalam range kerja pertamax. Hal yang sama juga bisa dilakukan pada vegazr dan titan. untuk pembubutan yang sangat tipis, lebih baik tidak dilakukan dan diganti dengan mengurangi jumlah packing, yang sebelumnya 3 lapis, bisa dikurangi menjadi 2 ayau 1 lapis saja.

Kenaikan power yang dihasilkan berbeda, jika standar nya power revo 6.2 kW, maka setelah dibubut 0.5 mm dengan CR= 9.62, powernya menyadi 6.33 kW, lumayan naik 0.13 kW. Sedangkan jika peningkatan CR dengan melakukan OS/boreup, maka yang berkontribusi dalam meningkatkan power adalah CR dan peningkatan volumenya. Jadi dengan boreup sampai 52.5 mm maka powernya menjadi 7.03 kW, naik 0.83 kW, atau sekitar 1.12 ps.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

$where = 0;

25 responses to “Menyambut Kedatangan Pertamax Murah, Naikin Kompresi Ruang Bakar

  1. sayang…. harga pertamax tidak sama di setiap daerah…… pengaruh biaya transportasi kali… heheheheh

    http://jalanberkarisma.wordpress.com/2015/01/02/adu-banteng-motor-vs-mobil-motor-pasti-parah-selalu-waspada-di-jalan/

  2. nais inpoh

  3. ♚Marwoto Return♚

    Takut mengorbankan durbility
    Soalnya garansi mesin skrg rata2 5 tahun

  4. Mantap pak…
    Modifikasi Honda Verza Pakai Headlamp Kawasaki Z250 http://wp.me/p4OJM5-eO via @wordpressdotcom

  5. dari sisi pengapian gmn tuh kang, kalau sistem fi di mobil sih ada istilah retard atau forward (CMIIW), jadi pengapian dimajukan atau dimundurkan… kalau motor selain cara di atas ada yang lain?

    selamat malam para pencinta otomotif, sekedar sharing artikel ringan ya… penampakan Suzuki RGV 250 VJ23 2 stroke ’98..
    http://kobayogas.com/2015/01/02/suzuki-rgv-250-vj23-98-the-teaser/

  6. Pak dosen, Buat supra 125 fi yang sudah 9.3 kompresinya msh bisa ditingkatkan lagi sampai batas aman di berapa ya?

  7. Kalau ketinggian naik kompresinya dan harus pakai premium lagi, bisa pakai water injection

    http://kupasmotor.wordpress.com/2014/12/26/meningkatkan-efisiensi-mesin-dengan-water-injection-bisa-murah-dan-meriah/

    atau pakai penambah tenaga lain
    http://kupasmotor.wordpress.com/diy-penambah-tenagairit/

  8. Bisa sih Naikin kompresi pake kedua cara tsb, tp resikonya papas head bikin keteng rawan kendor, bisa disetel sih tp ngak lama kendor lg. Bore up juga terbatas ketebalan silinder rata2 mentok overzise 100 lebih dari itu rawan overheat, panjang stroke dan diameter klep juga pengaruh.
    Satuan CR itu (kg/m3) bukan perbandingan langkah : volume kompresinya.
    mendingan main camshalf, percepat menutup klepnya, misal R15 in close 59 derajat BBDC, dirubah ke jadi 30 derajat BBDC naik deh CRnya. Overlap yang tadinya 58 derajat dirubah jadi 25 derajat aja, jadi deh mx-king tanpa ngebul2 >8000rpm. Xixixixixi

  9. Vega zr dan rr bisa pakai piston sonic, titan bisa pakai piston vixion karena pin 14, dan ketemu dikisaran 140 – 150cc

    Untuk revo sendiri baut tanam blok paling kecil, jaraknya juga paling sempit, jadi gak bisa nelan piston gambot.

  10. anda terlalu teoritis om, dibilang pertamax cuma sanggup kompresi 10 : 1 doang. sampek rasio kompresi 11 : 1 pun masih sanggup kok. yg penting timing pengapian jangan terlalu advance yg berakibat knocking.

    • ya itu, ane mencoba untuk mempertahankan pengapian standarnya (untuk motor yang memang diperuntukan menggunakan premium)
      kalau untuk diatas 10, maka terpaksa pengapian standar harus dimundurin sedikit
      kalau untuk motor2 cr nya diatas 10 s/d 11, ya memang pengapiannya sudah diseting untuk pertamax

  11. Pak Dosen tanya donk, seandainya CR nya tidak dinaikkan, apa ada efek buruknya? misalnya vega zr itu CR nya sudah 9,3 : 1. di isi pertamax, apakah ada dampak buruknya?

    • secara teknis nggak ada, malahan mesin tambah bersih, dan tambah tenaga sedikit
      secara ekonomis jelas ada, tambah boros

      • terima kasih infonya pak dosen. jadi pengen lagi isi pertamax buat zr ane ini, kebetulan daerah ane di kediri pertamax 8.800, dulu pernah isi pertamax, tp akhirnya balik lagi premium krn gaji pas2 an.. sukses terus pak..

  12. Honda tiger pak dosen…..
    Kok ngak ada…tu macan kan cr nya kecil juga…kira itung2an oversize brapa supaya enak minum pertamax

  13. Pingback: Cara Menghitung Peningkatan Rasio Kompresi (CR) Akibat Pembubutan Blok SIlinder dan Bore-Up | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan