Modus Baru Penipuan di Jalan, "Siram Pakai Air Sabun"

nanjak macet puncak

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Liburan biasanya cari yang berbeda dengan kondisi harian. Yang biasanya di tempat panas liburannya ke daerah dingin begitu pula sebaliknya. Karena banyak kota besar terletak di dataran rendah yang panas maka maklum kalau liburan ke dataran tinggi yang sejuk. Orang jakarta ke puncak, orang surabaya ke tretes, orang semarang ke ungaran, orang tegal ke guci dan lain-lain.

Karena hari libur berlaku bagi mayoritas orang, maka tempat liburan yang tinggi dan berhawa sejuk diserbu oleh ribuan (bahkan mugngkin jutaan) orang, sehingga jalanan yang biasanya lancar menjadi macet. Macet menimbulkan banyak masalah bagi kendaraan misalnya, bensin boros, kampas kopling aus/slip dan tromol/kaliper & kampas rem overheat. Dan pada bagian itulah penipu2 menfokuskan aksinya. Mari kita bahas aksinya tersebut…1. Mobil yang diisengin adalah mobil luar daerah, misalnya kejadian di bogor, maka sasarannya adalah mobil plat M (madura). Harapannya jika mereka dibertitahu ada kerusakan, mereka akan pasrah menyerahkan pembetulannya kepada si “penipu”.

2. Dilakukan saat mobil parkir

3. Dilakukan penyiraman dengan air sabun, baik ke knalpot ataupun ke tromol, sehingga saat panas, air sabun tersebut menguap dengan uap yang banyak.

4. Kemudian penipu (naik motor) akan memberikan peringatan, “Rem nya ber asap, bahaya, bahaya”.

5. Setelah berhenti maka penipu akan menawarkan jasanya untuk memperbaiki (bukan memperbaiki bahkan merusak, karene penipu bukan mekanik, cuma pura2).

6. Dan akhirnya sang target akan di “getok” dengan harga spare part yang mahal.

Tinggal kita waspada dan tenang jika kita mengalami hal seperti ini.

Sumber dari fb cerita nyata baru kejadian di puncak, ane ringkas sebisanya (ceritanya panjang banget). Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan