[Analisis] Rahasia di Balik Oprekan CBR150R OMR

cbr150-lokal-omr

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Kita lanjutkan artikel sebelumnya mengenai oprekan cbr150 omr yang cukup sederhana, yang mana ubahannya hanya mengganti 2 komponen, yaitu ECU dan knalpot. Dari ubahan ini dapt kita sarikan menjadi beberpa poin :

  1. Engine dalam keadaan standar
  2. Limiter putaran mesin sampai 13000 rpm
  3. Kenaikan power hanya 1.7 hp

Nah sekarang mari kita lihat konfigurasi parameter penentu performa engine cbr150 standar dan oprekan omr…

Konfigurasi variabel power cbr150 std

performa cbr150 std

Aplikasi knalpot racing sedikit mempengaruhi efisiensi volumetrik (VE) dari kondisi standar. Pada rpm menengah naik sedikit dan pada 11000 rpm sama dangan VE standar, yaitu 80%.

Aplikasi dari ECU RC1 menggeser limiter sampai 13000 rpm dan sedikit memperboros bensin dari awalnya AFR bernilai 13.9 menjadi 13.23. Dari aplikasi dua komponen ini, tenaga meningkat menjadi 18.57 hp (naik 1.71 hp), seperti tabel berikut

performa cbr150 omr

Kira2 grafik pengukuran dyno-nya akan seperti ini

prakiraan dyno cbr150 omr

Seperti kebiasaannya, aplikasi knalpot racing akan sedikit menurunkan torsi dan power di rpm rendah, akan tetapi memberikan kompensasi kenaikan power di rpm tinggi. Aplikasi ecu rc1 akan menyeimbangkan pasokan bbm dan pengapian sesuai dengan peningkatan ve akibat aplikasi knalpot racing di atas. Karena power puncak sudah digeser ke rpm yang lebih tinggi yaitu 11000 rpm, maka sudah selayaknya limiter digeser pada 13000 rpm untuk mengoptimalkan topspeed. Dengan spek seperti ini cbr150 lokal OMR dapat meraih topspeed on speedo 160 kpj, tapi kalau menurut ane kayaknya nggak sampe segitu riil nya

topspeed cbr150 omr

Kalau dilihat dari prediksi grafik dyno-nya, kemungkinan besar gigi-6 cuma campai 12000 rpm (mungkin kurang), sehingga kecepatannya sekitar 153 kpj.

Jika kita memiliki keyakinan akan kualitas klep, per klep, piston dan liner yang asli produksi jepang, maka dengan dua komponen dia atas kita bisa melakukan upgrade ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

Sekian, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

Advertisements

53 responses to “[Analisis] Rahasia di Balik Oprekan CBR150R OMR

  1. kmbali ke material…

  2. Wow. Selisih 5kmh sama r25std. pdhl cc beda jauh. Mayan buat main2 sama r25 klo ktemu dijalan. Nih motor kecil kok gak beda jauh sama motor gua. Asem ( kata hati penunggang motor 250)

  3. si mbah germo si raja beruk pasti ayan baca artikle pak dosen tentang ubahan sderhana cbr 150 lokal yg bisa melahap sirkuit sentul bsar dgn laptime 2 menit satu setnga detik. gk biasnya mbah germo blum muncul ya .jongos pabrikan ya pampang satu in.

  4. Dunia ente kayak dibaskom aja !!! 😀

    Mana ada oprekan yg sederhana ???

    Kalo corong aka pidato dosen cakil bolehlah di katakan sederhana … 😀

    wong tinggal klik pakai tombol enter otomatis tabel2 togel muncul ….

    Mau cbr di bikin 100dk juga bisa … Wong cuma bacot tanpa praktikum ,,,

    Ngoahahahahahahahaha ….

    😀

  5. Aaaaakkkakakakakkk!
    Ada yg ayan smpai stadium 4.
    Parah lu mennn! :mrgreen:

  6. Ane masih bingung… Dengan upgrade yg sama, dg motor yg sama oleh tabloid motorplus, cuma menghasilkan angka 15,8 dk/ 11.100 rpm on dyno….

  7. Darmo n kudo78dk gak terima wkwkwk ayo orong-orong, nivikoko belain tuh darma. Ngoahaha

  8. Triatmono mana triatmono yg biasanya nyamar jadi rdy, ndas becak, andy. Ngoahaha

  9. Pendekar Syair Berdarah

    artikelnya ketinggian pak gokil…
    kasian beruk-beruk maho gak nyampe otaknya klo dikasih tabel begituan…

    😀

    klo dikasih tabel jenis-jenis pisang mereka baru pada faham…
    coba aja tanya pisang tanduk itu bentuknya gimana dan dimensinya segede apa?!?

    😀

    berani tarohan dah

  10. Pendekar Syair Berdarah

    pertanyaa ane nih bro gokil…
    ubahan dan pengaplikasian part racing di atas bisa diterapkan di mesin bergenre sohc juga ato gak?

    secara umum karakter sohc nendang diputaran bawah, jd klo pun limiter rpmnya naek apakah performa mesinnya bisa bekerja hingga nembus limit rpm tersebut?!?

    suwun…

    • ya bisa bro
      kalo tingginya limiter, bukan dari sohc-nya, tapi dari panjang stroke-nya
      kalau generasi vixion memang memiliki stroke lebih panjang dibandingkan generasi cbr150, makanya limiter amannya selalu dibawah cbr150

    • Bisa bro. Tapi jgn harap cuma ganti ecu sama knalpot doang. Harus porting polish. Setting cam. Mo rpm brp? 12rb jg bisa. Tapi ya gak lama umur mesinnya. Rontok. Wkwkwk. Overstroke je.ee. Klo fby masih aja ngotot. Mending jangan sembah M1 or sport yamaha yang dohc. Mereka kan fby pekok. Klo merka bagusin2 yang dohc sih gak masalah. Lah ini mesin SOHC overstruk dibela sampe berbusa. Mending overbore, overstroke jeeee. Koplak e gak sembuh2.

  11. percuma aja om di share,

    wong katanya belum ada prakteknya

  12. ngak usah ladeni om dharmo,

    orang tua tuh mesti dibikin seneng, biarin aja.

    namnya juga mbah-mbah,

    kalu ngomong ngalur ngidul dah jamak

    tinggal jawab: ngih mbah”

    beres.

  13. stelah baca, kok ane malah jadi penasaran tentang utak atik ECU ya

  14. cbr 150r 13rb rpm ecess cuma durability ya lbh singkat drpd std.
    oprek lbh baik dsesuaikan kbutuhan saja itu yg lbh bijak.

  15. di oprek2 lg nie CBR 150 lokal bisa nabokin RGV 250 spec GP250 di trek lurus nih.

  16. mbah darmo ama SHOC satu sekolah yah? nguihihihihi kayanya ade kakak yah? sama komentnya…nguihihihihi

  17. Bukan mesinnya yg standar om tpi cc nya yg standar. Coba om belah tu motor bedain sma cbr yg bener2 standar sma yg omr itu apa aja yg berubah bnyak lah hal2 yg kecil yg diubah, coba klo om peraktekin tu yg om tulis di motor cbr standar semana kebutnya sma kga sma yg itu spek omr. cari jawabannya sendiri om hehehehePIS :v

  18. kompresi naik, penyempurnaan porting, sama setting ecu, per kampas kopling, masuk hitungan ga om di spek ini ?? jadi bisa naik cukup lumayan di 1,7 hp

  19. bekas raider jalanan medan

    artikel yg cerdas hanya penyembah yamahok yg ngak bisa terima wkkwwkwk pada ayan