[DIY] Penanganan Rantai dan Gir

gir belakang

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Kembali lagi kita bahas masalah-masalah harian sepeda motor, kali ini kita bahas masalah rantai dan gir (final reduction) yang menghubungkan putaran countershaft dengan ban belakang. Permasalahan ini sangat klasik, sehingga sudah banyak yang membahasnya. Akan tetapi banyak juga rider yang sama sekali nggak ngerti bagaimana mengatur tegangan rantai, apalagi ngganti rantai+gir. Oleh karena itu mari kita bahas bersama penanganan permasalahan rantai dan gir ini.

Permasalahan umum pada rantai dan gir adalah :

  1. Rantai kotor
  2. Rantai kendor
  3. Rantai sudah minta diganti

Mari kita bahas lebih detil lagi

1. Rantai kotor

Rantai kotor bisa dicuci dengan pelarut/minyak dengan titik didih tinggi (tidak mudah terbakar). Kalo ane biasanya menggunakan solar, kemudian dikeringkan

3 membersihkan rantai

Selanjutnya diberi chain lube

4 melumasi rantai

Kalau nggak ada chain-lube, ane biasanya menggunakan oli baru.

2. Rantai kendor

Rantai yang kendor harus segera dikencangkan, karena bisa lepas dari girnya. Jika sampai lepas, rantai bisa terjepit antara gir dan swing-arm atau crankcase, dan putus. Untuk melakukan mengencangan mudah sekali

1 mengatur kekencangan rantai

Kendurkan mur as roda [1] kemudian kencangkan mur penyetel ketegangan rantai [3], selanjutnya lihat skala pengukur [4] baik sisi kiri dan kanan swing arm. Kalau posisi skala/garis sudah sama maka kencangkan mur as roda, dan kunci mur penyetel dengan mur kedua [2]. Adapaun cara menentukan ketegangan rantai adalah dengan mengukur saat rantai diam dan saat ditegangkan, ukurannya 2.5 cm sampai 3 cm

0 tingkat kekencangan rantai

Jika kurang dari 2.5 cm, berarti rantai terlalu kencang rawan mulur bahkan putus. Dan jika lebih dari 3 cm rantai rawan lepas dari gir. Jika pengaturan ketegangan rantai diluar batas itu, maka harus dilakukan pengaturan ulang. Bagi yang swing arm-nya sudah tidak senter, maka pengaturan juga mengacu pada masuknya gir belakang ke rantai, harus pas di tengah.

Untuk NVL sebelum melakukan menyetelan ketegangan rantai, juga harus mengendorkan baut pengunci pangkon kaliper rem belakang.

 

3. Waktunya Ganti Rantai+Gir

Jika terjadi kerusakan gir, atau rantai sudah mulur (memanjang) melebihi batas servis, maka harus diganti dengan yang baru. Bentuk gir yang rusak atau aus bisa mengacu pada gambar ini

6 kondisi gir

Kemudian cara menentukan seberapa panjang mulurnya rantai yang sudah keluar dari toleransi adalah dengan mengukur sejumlah mata rantai tertentu

4 batas servis rantai

Untuk rantai new mega pro (nmp) adalah seperti gambar di atas, begitu pula untuk motor yang menggunakan rantai yang sejenis dengan nmp, seperti cs1, vixion dan yang lainnya. Atau kalau mau gampang adalah sampai pengatur ketegangan rantai mentok. Jika sudah mentok rantai masih juga kendor dan masih belum punya duit, selama gir dan rantai tidak cacat, maka “untuk sementara” bisa dilakukan pemotongan 2 mata rantai.

Jika rejeki sudah ada, maka bisa mengganti rantai+gir depan-belakang dengan yang baru. Jika mau mengerjakan sendiri ada beberapa trik yang biasa ane terapkan untuk mempermudah pengerjaannya. Berikut trik nya :

  1. Jangan mengendorkan baut-baut pengunci gir depan setelah semua copot
  2. Gunakan kayu/kunci T panjang, bungkus dengan lap supaya cat velg dan swing arm tidak lecet, masukan kayu tersebut ke jari-jari velgnya sehingga terganjal, dan velg tidak bisa berputar.
  3. Baru kendorkan baut /mur nya (nggak perlu sampai lepas), untuk motor baru, sangat susah biasanya antara mur dan baut diberi lem loctite.
  4. Setelah itu baru dilanjutkan melepas ban belakang dengan melepas mur pengunci as roda dan mencabut as roda dari kiri.
  5. Setelah itu baru dilanjutkan dengan melepas baut gir depan dan mur gir belakang
  6. Ada baiknya jika gir terletak di pangkon yang menggunakan bearing/klaher, bearing tersebut juga diperiksa, jika aus sekalian diganti.

9 baut gir belakang

8 posisi plat pengunci

Langkah pemasangan :

  1. Setelah gir depan dan belakang di pasang, pengencangan gir belakang bisa dilakukan dengan memasangkan pangkon di ban belakang sebagai pengunci, atau pangkon dijepit dengan ragum.
  2. Pasang kembali roda belakang dan pasang rantai yang baru, hati-hati dengan penempatan clip pengunci sambungan rantai
  3. 2 arah sambungan rantai
  4. Setelah semua terpasang, pasang ganjal supaya roda tidak bisa bergerak, baru kemudian mengancangkan baut gir depan dengan bantuan rantai sebagai pengunci.
  5. Atur ketegangan rantai dan kencangkan mur pengunci as ban belakang,
  6. Terakhir, kencangkan mur-mur penyetel ketegangan rantai.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wb

Beberapa artikel terkait yang bisa menambah wawasan tentang rantai + gir belakang

  1. penyebab-rantai-new-vixion-lightning-nvl-kenceng-kendor-ceng-dor-dan-cara-mangatasinya
  2. mudik-pake-motor-akap-antar-kota-antar-propinsi-awas-setelan-rantai
  3. diy-bongkar-mesin-megapro-copot-semua-yang-terhubung-ke-mesin-bagian-1

 

 

 

Advertisements

$where = 0;

21 responses to “[DIY] Penanganan Rantai dan Gir

  1. untuk point no 1. direndam dlm minyak tdk dianjurkan untuk rantai yg ada rubber roller spt tiger dan lainnya yg sejenis..krn lama2 akn merusak rubber roller mnjadi keras shg rantai jd berisik.

    • makanya ane nyaranin pake solar, karena solar selevel dengan jelantah
      juga tidak direndam dalam waktu lama, hanya disikat dengan solar

    • btul gan dulu punya tigi ane rendam diminyak (solar) lama2 mmg sgt berisik tuh rantai..stelah rusak rantai gir nya, saya rawat dg cara berbeda dg mncuci rantai dg detergent trnyata justru lbh awet ttp nyucinya hrs lbh brsabar.

    • spt apa sih bang bedanya?
      ninja 2tak rantainya biasa/kyk tiger?
      ane kl nyuci pk solar,gk direndam tp ane sikati pk solar doank,y butuh kesabaran krn hrs per pin&kiri kanan hehehe….

  2. kalo saya pakai sabun terus di sikat biar bersih, abis itu di kasih chainlube. di lap dulu sih n tunggu sampe kering.

  3. pratama ramadhan

    bahas material sasis dong mas iwan material yg bgs bwt race n harian

    • cbr tombo ati

      setuju om,,,juga configuration nya. ane sempat tercengang ngelihat Ducati monster terbaru malah engine block menopang sasis, yg umum kan sasis “nggendong” mesin?
      hedeh,,,tepok jidat niyy….

  4. cbr tombo ati

    kalo ane pake sabun cuci piring sunlight + sikat gigi. trus tunggu kering baru deh semprot minyak rantai Motorex… awet muda bro…

  5. Khusus untuk penyetelan rantai pada NVL ada mur lain yg harus di kendurkan terlebih dahulu sebelum mengendurkan mur as dan mur penyetel. yaitu mur pada dudukan brake caliper.

  6. sbtulnya ada lho chain cleaner, ane pernah nyobain merk Lji dengan cara disemprot, kotoran pada rantai langsung luntur, cuma hrganya 5liter solar. bisa juga buat ngilangin cipratan aspal, hati2 klo ada pengaspalan jalan, dimana aspal belum kering betul, bisa nyiprat ke mesin dll.

  7. jangan cuci rantai pakai sabun colek karena gampang melar dan karatan
    http://orongorong.com/2014/06/26/evolusi-ayago-satria-fu/

  8. Pingback: Rider NVL Harus Telaten Ngerawat Motornya, 2 Macam Kasus Lagi Mengancam NVL (New Vixion Lightning) | motorgoodness

  9. om, kalo dikarenakan laher yg bikin geraknya gear belakang nggak center apakah juga pengaruh terhadap ceng dor nya rantai? padahal dah ganti gearset baru masak cengdor lsg

  10. Pingback: Gejala Rantai Kendur, Kencangkan Sebelum Merusak Komponen Lain | motorgoodness

  11. Pingback: [Belajar Sepeda Motor] Rantai dan Segala Permasalahannya. Bagian-1 | motorgoodness

  12. Gan ada solusi gak buat melepas gear depan ninja 250, susah bgt udah berbagai cara tetap gak bisa…
    Pake impaq udah, di getok udah, pake kunci shock mobil udah…. Stress
    Tolong sarannya….

  13. Pingback: Simak Berbagai DIY ala Motogokil, dari Motor Bebek Jadul Sampai Motor Sport Canggih | the motorbike goes by skill or you get killed

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan