ganti-oli-bloger

Penyebab Rantai New Vixion Lightning (NVL) Kenceng – Kendor (Ceng-Dor), Dan Cara Mangatasinya

Diposting pada

Rantai NVL Merah

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Rantai vixion atau new vixion lightning (nvl) gampang kendor merupakan cerita lama, dan cara ngatasinya gampang tinggal di-setel aja kekencangan rantainya. Tapi yang ane alami dengan nvl ane bukan cuma kendor, tapi kombinasi kenceng-kendor (ceng-dor) yang sangat susah untuk di-setel kekencangannya.

Rantai cen-dor yang ane alami sebenernya dah lama, kira2 ketika umur nvl baru 3 bulan. Setelah servis pertama, rantai dikencengin oleh mekanik deler, ketika di jalan kok rasanya nggak enak, sampai di kampus ane periksa lagi, kok sepertinya kekencengan. Ane stel ulang, dikendorin, saat ban diputar sedikit, malah kekendoran, wah gawat (sadar) rante nvl ane dah kena penyakit ceng-dor nih. Aneh juga, motor kan masih baru, jalanan juga rata-rata, juga belum dipake buat goncengan, maklum masih inreyen.

Analisi ane kenapa rante nvl terkena penyakit ceng-dor, disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor yaitu

  1. Setelan rantai saat awal kurang kendor
  2. Ayunan swing-arm memiliki jarak main yang jauh
  3. Bobot rider yang berat
  4. Jalan yang bergelombang/rusak
  5. Torsi mesin yang besar
  6. Perlakuan rider yang kasar, engine brake yang berat, gas spontan yang sering dilakukan.

Ketika bobot rider berat, maka saat melewati jalan bergelombang motor akan naik turun dan berayun. Jika terjadi harmonisa antara ayunan motor dan betuk jalan yang bergelombang, maka ayunan akan maksimum dan simpangan swing arm juga akan maksimum (bahkan tidak jarang monosok sampai mentok). Jika rantai di-setel untuk kondisi normal, maka saat simpangan swing arm maksimum, rantai akan mengalami ketegangan yang berlebihan. Karena ketegangan terjadi tidak merata, seiring dengan ayunan swingarm, maka akan terjadi peningkatan tegangan yang tidak merata pula pada rantai, sehingga rantai menjadi renggang dengan tidak merata. Kejadian ini merupakan salah satu penyebab rantai cengdor, kenceng-kendor.

Cara mengatasinya adalah dengan :

  1. Membatasi gerak ayunan swing arm, dengan memperkeras pegas monosok
  2. Mengurangi moment tekan pada swing arm, dengan sedikit memajukan poros/as roda belakang, CoG sedikit berubah.
  3. Men-setel rantai lebih kendor dari biasanya (untuk mengantisipasi ayunan swing arm maksimum) dengan dibantu oleh tensioner rantai.

Hal itu diterapkan ketika rantai masih baru, tapi jika rantai sudah terlanjur ceng-dor ya terpaksa tinggal menggunakan cara ke-3, yaitu memasang tensioner rantai. Dan hal ini yang ane akan lakukan ke nvl ane, karena dah mulai berisik, sangat terdengar kalo jalan pas jejeran dengan mobil, suara rantai terpantul body mobil sehingga semakin terdengar. Berhubunga memang karakter nvl memang membutuhkan tensioner rantai, ya sudah, saat jalan2 ke comboran ane cari tensioner rantai tersebut, kira2 barangnya kayak gini.

tensioner rantai

Dan inilah kondisi setingan rantai nvl ane yang optimum (paling ok), saat normal

posisi rantai nvl normal

Dan saat diberi tekanan, kelihatan jauh jarak kekendorannya

posisi rantai nvl tekan

Dapet tensioner rantai warna merah, dan saat dipasang ternyata kekecilan bro, salah ane juga bro nggak bawa motornya (nvl) saat beli tensioner. Posisi baut pengikatnya nggak muat untuk swingarm NVL yang relatif lebih lebar dibandingkan motor2 sport lainnya.

tensioner rantai kekecilan

Ya udah, daripada nggak kepake dipasang di CS1 saja. Rantai CS1 juga sudah ceng-dor, tapi umur CS1 memang sudah lumayan lama, rantai masih ori sejak 2009, udah 5 tahun bro, jarak tempuh 29000 km. Berikut ini alat2 yang dibutuhkan, kunci heksagonal, isolasi untuk melindungi cet swing arm agar tidak lecet kena tensioner.

tensioner rantai merah

Terpasang di CS1

tensioner terpasang di cs1

Sementara rantai nvl ane masih ceng-dor, kapan2 kalo ada rejeki dan kesempatan ane akan beli yang sesuai dengan nvl, baik warna maupun ukurannya. Yang jelas (menurut ane) nvl memang membutuhkan tensioner rantai agar power bisa disalurkan ke ban belakang dengan sempurna.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.