Assalamu’alaikum wR wB
Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan
Mungkin sebahagian besar fans boy honda yang sukan ngebut/kenceng (speed lover) bertanya-tanya, mengapa honda di Indonesia (AHM) seringnya membuat motor yang kalem (cupu) dan lebih pelan dari kompetitor. Karena alasan ini pula sebagian fansboy tersebut beralaih ke kompetitor yang menurutnya lebih mengerti. Lebih mengerti karena ;
- Mau membuat motor yang agresif
- Mau membuat motor dengan tampang yang lebih agresif
- Mau membuat motor yang lebih /paling kencang dibandingkan kompetitor yang lain
Bukankah HRC dengan motor-motor balapnya mampu menghasilkan performa yang luar biasa bahkan sering juara dunia ?
Kenapa jika membuat motor untuk Indonsia, performanya lebih rendah dibandingkan kompetitor ?
Kira-kira begini analisisnya…Petinggi honda mengetahui dan merasakan bahwa ketika kita tidak menghargai kualitas lingkungan hidup, atau bahkan merusak lingkungan hidup, maka kita (manusia) sendiri yang akan merasakan akibat jeleknya. Seperti halnya, ketika manusia menemukan energi nuklir, kemudian dijadikan senjata perusak, maka manusia sendiri yang akan menanggung akibatnya.
Nah, kembali ke honda. Ketika honda menjadi produsen terbesar sepeda motor di dunia, maka konsekuensinya adalah :
- Jumlah rider yang naik honda paling banyak di dunia
- Jumlah mesin yang dihidupkan setiap saat paling banyak di dunia
Jika honda membuat motor yang paling kenceng tentunya mudah saja, akan tetapi dampaknya adalah :
- Jumlah rider yang mati tabrakan terbanyak di dunia, adalah rider yang naik motor honda
- Motor honda sebagai menyumbang emisi terbesar di dunia
Karena honda ingin tetap jualan motor yang sebanyak-banyaknya, maka resiko2 di atas ditekan sekecil-kecilnya. Bahkan ditanamkan moto :
Prinsip kami No Sales Without Safety
Kalau memang mau kenceng-kencengan jangan di jalan, ayu kita ke sirkuit.
Semoag bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.
Tepat sekali.
Begitulah,Honda itu visioner
Bisa aja nih si om hehehe…
Angka kehilangan motor terbanyak…?
Selamat malam kawan…sharing artikel ya.. Semoga bermanfaat…Thanks
http://kobayogas.com/2014/06/22/exlusive-daily-test-ride-honda-pcx-150-2012-part-i/
Super Sekali……
jossss..
makanya sekenceng2nya CB150 tetep aja masih bs di imbangin sm NVL.. xixixiixix.. trus ada data nya gak emisi motor2 standar honda yg di jual disini lebih rendah dr pd produk2 konpetitor..?
Nah ini dia… Artikel bagus yang isinya Menyadarkan rider-rider yang sering merugikan orang lain karena sering ugal-ugalan di jalanan….
Hmmm…. manggut2
motor classic bmw
http://ferboes.com/2014/06/22/bertemu-motor-classic-bmw-r26/
Waah asyik sekali motonya… make a sense..
“Great power alwasy comes with Great responsibilty”
#Ben_Parker
Sip
DOHC AHM setara dengan SOHC YIMM 😀
Untuk kommuter iya
Ini fby otak udang asal jeplak aja 😆
SOHC 135 4V YIMM lebih rendah dari SOHC 125 2V AHM
Sumbernya darimana itu gan??
RC213V menang terus.
Salam kenal om motogokil…. saya tertarik nih dgn perhitungan dgn rumus”… om, tolong bikinin artikel mesin motor dgn rumus efisiensi 100% ( mendekati 100%) dan aplikasinya dimotor harian…
thanx sebelumnya….
mantap
ijin nyimak suhu 😀 http://cicakkreatip.com/2014/06/22/launching-r15-di-surabaya-r15-banyak-peminatnya-tapi-r25-jadi-perhatian/
oooo masuk akal juga,kalau alasan sy pilih honda sih karena irit dan bandel titik.
Honda konsisten. Mau kencang dari kompetitor ya di lintasan balap. Mau septi di jalan raya lebih lemot dibanding kompetitor, ban metiknya lebih gede, fitur sss lebih duluan ada, iss uda ada, iritnya juga semua pada tau
Honda selalu lebih unggul
ban meticnya lebih gede….
tapi ban motor sportnya cacingan….
wkwkwkwk……
Gak salah tu
ada 3 macem ukuran bro, cacingan, proporsional, dan gambot.
mungkin buat orang yang “mikir” mereka tau kalau nvl itu gambot, untuk cb150r itu proporsional, dan yang bro bilang cacingan itu mungkin vixion lawas
tapi Honda CS-1 yg cc.nya cuma 125,bisa tu ngasepin MX,megapro,bahkan Vixion sama Byson. . .
padahal kan cuma 125 cc. .
nyimak
http://78deka.wordpress.com/2014/06/22/motor-tidak-sekedar-power-dan-torsi-kalah-atau-menang/
analisis om gokil apa emang pernyataan honda ni?? suruh honda jual motor listrik ajah om, apa jangan produksi semua mesin bakar lagi, mending jadi produsen sepeda kayuh…
#edisi lidah gatel abis baca artikel
motor listrik cost production msh trlalu mahal. klo dijual blm tntu kebeli sm golongan mnengah ke bawah.
Makanya cs1 kurang laku, krn terlalu kenceng, boros, aneh dan desain mendahului jamannya
saya setuju dngan artikel ini tapi… mskipun hnda bkin mtor knceng atau lemot untuk konsumen blom tentu mw kebut kebutan semua,bila bkin mtor kencang ya harusnya mnydrkan diri dan mmberikan pelajaran2 safety bgi org indonesia , kebut kebutan jga bsa diminimalisir,,,, meskipun honda bkin mtor lemot ttep saja bagi speedlover suka memodif motornya hinnga kencang, ya berarti ini kembali kepada manusia manusianya
Memang lidah tak bertulang,,,,aku rak popo
wow…..
karena lagi rame bahas sport 250cc, dan ternyata hond cbr250 kalah telak sama kompetitor, makanya artikel seperti ini keluar…..
kemana tuh koar2 dohc overbore superior paling powerfull paling canggih dan paling kencang…?
kemana larinya ejekan dari fbh “sport koq sohc, sport koq overstroke, sport koq komuter, sport koq mikirin efisien…??
apakah cb150 sang dohc overbore superior paling powerfull paling kencang semi race yang gak mikirin efisien udah dihapus dari muka bumi…?
hahaha….., memang lidah tak bertulang seperti komen diatas…..
DOHC superior hanya tuk di circuittt, DOHC yg dipasarkan masih perlu ini itu demi septi
Trus yg iklannya dohc superior dijalanan sruntulan itu motor apa ya….xxixxixiix….jujur memang menyakitkan…tpi klo munafik…woles bae…aku yes am bro nobita…
nah buktinya motor.a yamaha aja jadi ikut2an DOHC…tuh r25 bru namanya motor…motor yamaha lain.a mah apaan?? hahahaha
Masa kalah telak ? Lah wong saya lg disentul nonton irs menang cbr 250r milik wahana dunia motor team. Sebenarnya dkt plg juara 2 tp berhubung juara satu jatoh ditikungan terakhir sentul. Kebangetan lupa ngegas terus. Kelemahan kawasaki susah belok di tikungan palagi pas saat hard breaking. Mesti dibenahin tuh settingan mesin udah berimbang tp handling masih buruk
lihat r25 itu pake mesin tipe apa? SOHC atau DOHC? Kalau ngomong pikir2 dulu. Kalau r25 pake SOHC baru ente boleh bilang gitu.
itulah ideologi honda skrg dlm mekahirkan sbuah produk…ga sprti bbrapa dekade silam. Buat daily use ok…dimodif racing pnya potensi utk kncang. Diferensiasi utk harian dan racing.
Saya suka dengan ini: dimodif racing pnya
potensi utk kncang
me too
#modif
apakah dohc overbore superior paling powerfull dan paling kencang cb150sf udah R.I.P..?
meminjam istilah motogokil dari artikel R.I.P salam 6 detik…. “makanya dohc overbore superior paling powerfull dan paling kencang (sebenarnya lemot) cb150 jangan sombong”
behahahahaha………
Yg meleduk siapa? Yg DNF siapa? Emang blum juara karna ada FU, tapi uda bisa ngebuktiin kalo V***** emang bisa dikalahin di sirkuit
baru beberapa waktu lalu di kelas sport 150cc naked, fbh koar-koar overbore superior paling powerfull dan paling kencang, real sport, real sport tidak perlu mikirin efisiensi kayak NVL sohc overstroke komuter….. “sport koq komuter, komedi puter dll” 😆
tapi sekarang fbh mulai lagi mencla mencle….
karena sport dohc overbore 250cc full fairing-nya paling memble…..
behahahaha…..
Ni si kodok budug nyampah aja luh
pliss deh…, gak usah ngomongin modif racing segala…..
bebek aja klo di modif untuk racing bisa juga kencang, bahkan sekarang bebek balap masih lebih kencang dari sport 150cc dohc overbore balap milik tim ART pabrikan sekalipun….
hahahaha ya lebih kencenglah tapi liat circuit.a donk…
klo sama sama di modif ya beda aja…wakakakakakak
layout circuit besar ga bakal menang lah bebek wek wek…
contohlah biaya modif.a sama bebek sampe ratusan juta vs 150 batangan dengan biaya yg sama…bebek.a ttp aja keliatan bego hahhahahaha
ratusan juta dari hongkong…..
tuh bebek balap jupiterz1 indoprix harganya cuma 80 jeti…. tong…
fbh pada munawaroh sok suciwati….
hahahaha….. preeeett dah…
fbh ngaca dong.., pelototin tuh muka2 munawaroh kalian di kaca…..!!
masih gak sadar koar 2 ente semua selama ini….??
selama ini bangga dengan dohc overbore yang boros dan tetap lemot….
selalu ngejek nvl yang keren dan efisien komuter…
sekaran mencla mencle ngomongin efisien…… preeett dah….
beha-hahahaha…..
Kasian…
Semoga hati kt dipenuhi cinta dan kedamaian
Adakah yg ayan?
Para cunguk fby pada ayan gara2 motorsport nya luemott semua di jalanan apalagi sirkuit
Motto honda
power is nothing without control..
no sales without safety…
mantap
Motto fby:
no dumb without idiots…
xixixixixixi
Bukannya sudah kesepakatan protokol kyoto ttg emisi carbon, kalo perusahaan besar (salah satunya honda) harus mengurangi emisi karbon, makanya motor dibuat pelan alias safety trus di iritin jd yah sesuai dgn pengurangan emisi karbon. CMIIW
honda dilawan, yo ra iso cooyyyy
Yg aneh itu ko ya ad FBY yg udah bnyak koar2 tntg R25 n bangganya selangit??motor di naikin aj blm??sbnernya nista sekali menurut sya..memuja2 sesembahan benda mati yg dipraktekan sndri aj blm tpi mimpinya luarbiasa.. ini mungkin karena para petinggi and sales2 yamaha yg trllu sering menebar mimpi..sehingga FBY terllu terlelap akn alam mimpinya… ktika mereka bangun dri tidur..yg di ceritakan ya yg ada dimimpinya..kasian kan?CMIIW yah.. yg jls mmbuktikan race di sirkuit aj blm@_@ r15 yg udah turun itu yg sdah membuktikan..dan hasilnya?? DNS dan DNF..trus yg bsa dibanggain dari sisi apanya?? SOHC superiornya Yamaha sperti itu??kalo gitu mending DOHC lemot downgradenya Honda dg yg bsa naek podium…haaah… smga lekas terbangun dan sadar akan mimpi2nya… salam satu aspal..
http://dapurpacu.com/wp-content/uploads/2014/06/IRS-3.jpg
om…
tolong donk share ini….itu yamaho knp ya…???
Ini dah di share…hehe.. gtw tuh kang..nungkin petingginya kasih target ketinggian..jd sgala cara dilakukan..termasuk BC pnya honda.. pdhl ya kualitas sebenernya seperti itu… mtor standarnya aj udah maximal..jd klo dioprek lgi ya mbledug..brbnding trbalik sma clan CBR yg standarnya mmg sgja dipangkas habis2an buat harian…biar kalo mau race bisa dioprek scara maximal.. jd gak aneh kalo hasilnya sperti itu.. CMIIW..
honda langsung ban 2 tak ketika ada 4 tak .
tp kl mtor honda bt ngbut oke juga, gk klh ma kmpttor.
fbh pada munawaroh sok suciwati….
hahahaha….. preeeett dah…
fbh ngaca dong.., pelototin tuh muka2 munawaroh kalian di kaca…..!!
masih gak sadar koar 2 ente semua selama ini….??
selama ini bangga dengan dohc overbore yang boros dan tetap lemot….
selalu ngejek nvl yang keren dan efisien komuter…
sekarang mencla mencle ngomongin efisien…… preeett dah….
beha-hahahaha…..
gak usah ngomongin motor kenceng lah AHM mah buat motor sport ganteng aja gak bisa.jadi gk perlu kenceng2 lah kalo bisa buat motor sport ganteng asli desain AHM baru deh berbicara masalah performa.
Om motogokil mau tanya nich, ini opini pribadi atau emang berasal dari honda sendiri entah global/ahm. Mksudnya sumbernya, suwun
pertanyaan yg sama dengan saya. artikel ini makin meyakinkan saya kalau om gokil emang fbh atau emang salah satu org dalam ahm. entahlah…
tapi lebih gentle kalau kita mengakui kalau kita emang fansboy suatu merk daripada membikin artikel penggiringan opini kayak gini. kalau udah ngaku kan lu mau bela merk lu kayak gimana juga kita dah ngerti…hehheehheh…
#inget2.bloger.yang.mengakui.dirinya.fby.
aripitstop.com
ferboesrichardson.com
bro rr..
blogger lain mau ngaku dia fby terserah dia, kalau memang itu jati dirinya
terus kalau ane nulis tentang honda harus jadi fbh ?
Wah om kalo memang kerja di AHM bagian engineering analysis nih. Bisa analisis mesin honda sekaligus kompetitor. Serem lebih tau duluan kondisi lawan… 😛
he he he
coba tulis di google ” spark ignition engine combustion optimization filetype:pdf ”
download dan baca semua yang ditampilkan google, pasti faham dengan apa2 yg mempengaruhi performa engine, apapun mereknya
Wah thank you om referensinya. Ane cari dahulu.
kasian banget byk fanboys waktu dan pikirannya tercurah untuk bela produk & jelekin produk kompetitor. padahal kebanyakan tujuan motor cuma untuk transportasi, cari nafkah, anter sekolah, dll
Honda memang unggul.
jadi yg coment bilang si nvl kenceng.. Dah,,hahaha,,lebai… Data pribadi kali tuh,,kalo cb masih bisa di adu am FU,,nah kalo NVL,,?
nvl vs cs1 saja cukup. hehe
Di IRS semua motor2 yamaha melempem tuh! Tanya kunaon?
Apik
Pak Gokil coba main ke jakarte sini. Disini raja jalanan y honda beat, paling banyak dan paling suka sruntulan plus bermanuver layaknya freestyler nenggak topi miring 1 krat.
Safety? Ah bullshitttt
emisi? Jelas penyumbang no 1 honda. Plototin tiap lampu merah jakarte pasti minimal 10%nya ada honda beat
Beat g kenceng,topspeed g ada 100kmpj,hanya karena lintasan dkota lebih cocok buat metik,knp bukan mio!? Karena beat lbh laku lbh bnyk. Dkota capa y paling cepat menggapai 60-80kmpj y menang.sport bs 150kmpj tp gak kepake.be smart
itu individunya pakdhe,.
haha,..
jaman mio blm ada lawan apa ngga sruntulan juga?
menggeneralisir untuk ranah seperti ini bukan hanya tindakan yang keliru, tetapi juga ceroboh dan konyol
Menurutku kita tdk boleh melihat jumlah motornya krn jika kita melihat jumlah motor tentu kita akan menganggap semua motor membawa dampak yg kurang baik krn, misal emisi gas buang 1 motor 0,9. jika ada motor sejuta maka kita bisa menghitungnya sendiri. hal itu juga berlaku utk motor lain jika 1 motor emisi gas buangnya 0,x maka jika ada motor sejuta kita bisa hitung sendiri. Jadi mari kita lihat 1 produk/motor tsb. kita bisa menganalisa dgn melihat data spesifikasinya, dari data tsb akhirnya kita bisa melihat: konsumsi bhn bakarnya, kadar gas buangnya (sesuai Euro 2, 3, dst). Kita juga harus melihat motor dari keluaran pabrik bukan yg sdh dimodifikasi shg kita bisa menganalisa/menafsirkan maksud diproduksinya motor tsb apakh utk komuter, sport, classic, mudah dikendarai, dll.
kira2 itu mnrt pandangan saya 🙂
@sam
gak perlu speed diatas 100 utk terjadi accident. Riding zigzag dan main potong jalur dgn speed 60kpj udh lbh dri ckup bkin kcelakaan.
Ane udah kenyang sport jantung dilibas zigzag dan dipotong jalur oleh rider beat.
Jd klo ada beat mending ane ngalah dan ngasih jalan walo motor ane cc nya jauuuh di atas beat
Jadi inti acident it karena motorx ato orangx? Walo tdk tepat matic y ringan n pendek lbh memungkinkan zigzag,kalo pake sport zigzag lbh bahaya lg.
Poinx matic cocok wat kota,zigzag pake matic brbahaya,pake sport lbh bhaya lg
Bro billy benar sering mio dan beat lbh bnyk lg,tp it salah alayer,ada jg y sopan. Jd g stuju ada kalimat safety bullshit
wah ternyata udah banyak yg ayan, trik om iwan maenin para fanboy sejauh ini berhasil. Selamat om iwan
@sam
lha noh pak gokil diartikel nulis honda bkin lemot motor produksinya biar meminimalisir kecelakaan? Jd pak gokil menggiring opini motor kenceng itu bahaya dan bkin kecelakaan sdg mtor lemot honda lbh safety. Hayooo gimana… Ridernya apa motornya? Speednya apa gaya ridingnya? Dan nyaris smua rider beat disini kyk gtu krn mang motornya memungkinkan bermanuver sprt itu 😉
Parameter berbeda.
1.matic sama sport sama2 bisa zigzag. Matic memungkinkan gak nyenggol,sport kemungkinan nyrempet.jd matic buat zigzag lbh safety dr sport
2.matic g bs menyamai sport soal kecepatan pada trek panjang.nah ktk kcepatan tinggi bth konsentrasi,blindspot makin bnyk.wkt reaksi lbh sdkt.jd sport brpotensi bahaya.kalo dbwa pelan? Mubazir krn boros.pd kcepatan sama lbh irit motor kecil.
Biasanya orang yang kalem dalam riding, akan cari motor yang kalem, nggak perlu kenceng yang penting irit dan nggak banyak masalah
Jika orang kalem membawa motor yang agresif, maka akan dibawa kalem (juga) jadinya boros, ketika terpancing untuk dibawa ngebut, maka sangat riskan kecelakaan, karena seringnya kalem (nggak biasa ngebut)
Rider agresif membawa motor kalem atau agresif, akan dipake ngebut terus, tapi motor kalem akan lebih irit daripada motor agresif.
Dan motor agresif akan memancing jiwa agresif ridernya, jika terpncing, maka jadilah “ngebut”.
Dan kemungkinan kecelakaan ketika ngebut di jalan umum jauh lebih besar dari pada naik motor kalem.
nah, jadi sebenarnya artikel ini murni analisis/ pendapat pribadi anda ttg honda atau emang ini pernyataan resmi dr ahm/honda global.. karna artikel ini lebih terlihat sebagai pembelaan ketika produk honda dikatakan lemot padahal dilapangan malah motor2 pesaing yg lebih lemot..
#cb150r bs nvl
#jupiter mx vs cs1
#byson vs megapro
#cbr150r vs yzf r15
Ayan?
Mayoritasnya bagaimana itu tujuan utama,efisien safety
minoritasnya bgaimana it tujuan pamer teknologi,flagship marketing
strategi marketing bro…..anggap sja memang motor honda plg lemoot…tpi……?
ah udhlah kita smua jga udh tau.. 😀
🙂 I see
coba ente buka tentang world.honda.com, kemudian coba baca bagian ini
“Balancing customer satisfaction and the global invironment” di sini http://world.honda.com/environment/report/products/discussion/index.html
Kelihatan sekali jika ini yang menjadi dasar honda dalam mengembangkan engine, maka pruduknya akan mengedepankan efisiensi dan rendah emisi, akibatnya produk-produk masalnya dalam penggunaan yang wajar sehari-hari (throttle 1/4 -1/2), akan terasa lebih lemot dari rival2nya
hahaha….
smakin yakin nih klo
motogokil adalah seorang fbh tulen len len…
ayo ngaku aj.. jgn malu malu gt donk..
Kalo uda yakin diem aja,kecuali jd masalah buat anda,y brarti anda seorang hater. Biasa saja
di sirkuit tadi siang kenceng semua pak dosen..
Live Report IRS Seri 2
http://satria155.com/kejurnas-sport-150cc-irs-seri-ii-fu-masih-dominan-cbr-tampil-menantang/
Wah jdi rame gni yaa..
Sbnernya ngak perlu dijelasin juga lah jti diri orang lain. ckup kita”” aja yg tau
toh pmikran stiap orang bda”
Ambilah hal” positifnya dri tayangan ini dan buanglah hal” negatifnya karna kesempurnaan itu hanya milik yg diatas.
Dan tetap di mr…… Ehhhh. 😀
mungkin ini juga yg jadi alasan untuk oprek speedometer…. pernah bandingin lari motor ma Mobil, ga nyangka aja hampir 20km/h kesalahan di motor… mungkin ini juga alasan ke-irit-an nya… apa ga termasuk pembohongan publik ni mazbro?
iya, berbohong demi keselamatan dan keamanan
di eropa juga gitu, nggak masalah
nafsu seorang rider speed lover adalah mencapai topspeed setinggi2nya dari speedoemeter
jadi tipuan itu selain karena keterbatasan speedometer, juga memberikan kesan kenceng walaupun aslinya lebih lambat.
setuju…
mas wan, aku nyuwun tulung dijelasin bedane vtwin sama paralel boleh yo? salam saking madiun
mungkin artikel pendek ini bisa membantu
https://motogokil.com/2014/03/15/paten-motor-superbike-honda-v-4-terungkap-bisa-jadi-sebentar-lagi-akan-diproduksi/
Jadi ingat artikel om Gokil… “Panduan Memilih CB150R atau New Vixion Lightning (Analisis Performa)”…
sederhana aja bro……klo emang ahm serius terhadap safety, lha tag line-nya si cbsf kok “TANTANG NYALIMU !!!” bukannya ” WOLES AE KANG, TITI DJ”, gimana bro gokil, ada penjelasannya ?
sepertinya oleh ahm sudah disediakan salurannya yaitu omr cb150r, dengan motor yang sudah disediakan
omr cb150 bisa di ikutin berapa orang?
berapa persen pengguna cb150?
kalo rider cb150 sulawesi pengen ngebut musti daftar omr dulu?
klo menurut saya sih utk pabrikan tanggungjawab masalah safety adalah bagaimana menyediakan motor yg berkualitas & tidak banyak masalah dalam pemakaian sehari-hari. sedangkan utk di jalanan adalah tanggungjawab masing2 rider ttg bagaimana perilaku mengemudinya, bukan pada lemot atau tidaknya kendaraan. pabrikan peduli safety? mnrt sy itu cuma gimmick, krn dikepala mereka hanyalah sale, sale & sale…
Ngikutin fb sbelah repot om..
Dkatakan honda superior dbantah habis2an ma fb
dkatakan honda lemot dbantah jg habis2an ma fb yg sama
mgkn om bikin artikel “mengapa honda cepat rompal?” mgkn mrk tetep aja bantah..
Bawaan benci kliatan kq om..
Tp kritik nih buat om,jgn mdh kpancing aja ya om? Nnti njenengan jg ikut2an salah..
iya terimakasih kritiknya
kalo tujuannya efisiensi…
kenapa 150 cc pake dohc???
terbukti sohc lebih irit, torsi lebih besar.
penggunaan di jalanan lebih cocok.
bahkan 125cc…
sonic, cs1, cbr
untuk efisiensi kah???
makanya walaupun 150 dohc, fc-nya dicekik sedemikian rupa (lewat modif nokenas) sehingga powernya turun
CS1 juga powernya diturunkan dibanding sonic
masalah motor lain lebih boros tapi kalah kenceng itu urusan mereka
makanya walaupun 150 dohc, fc-nya dicekik sedemikian rupa (lewat modif nokenas) sehingga powernya turun
CS1 juga powernya diturunkan dibanding sonic
masalah motor lain lebih boros tapi kalah kenceng itu urusan mereka
apa hasilnya jadi lebih irit dari SOHC?
anda bilang Honda bikin mesin efisien?
lalu apa tujuan di buat diferensiasi mesin SOHC dan DOHC?
yang dohc bandingkan dgn dohc (cb150r vs satria fu) mana yang lebih boros
yang sohc vs dohc (verza, megapro vs byson, vixion, klx150) mana yang lebih efisien
masalah sohc dan dohc, itu adalah keniscayaan perkembangan teknologi untuk motor high performance.
Masa perusahaan besar macam honda ngotot pake sohc sementara lainnya dohc?
“Keseimbangan antara keinginan pelanggan dan kualitas lingkungan hidup”
Apakah kata2 ini sulit difahami?
kalau perusahaan besar macam honda gak ngotot bikin SOHC kenapa anda yg ngotot membela honda bikin mesin efisien?
keseimbangan pelnggan dan kualitas lingkungan hidup?
pelanggan yg mana?
250cc?
150cc?
apa mereka beli DOHC 250cc honda untuk efisiensi?
atau untuk gengsi?
agar lebih efisien dibanding kompetitor untuk keseimbangan antara keinginan pelanggan dan lingkungan hidup?
kok malah gak laku?
jadi untuk pelanggan atau untuk pajangan?
verza vs cb
mana yg lebih efisien?
mana yg lebih laku?
untuk tujuan apa?
buyer verza yg mayoritas orang tua dan buyer cb yg mayoritas anak muda, golongan mana yg lebih mementingkan efisien?
kalau saya masukkan vixion kedalam peta permainan untuk melawan cb, dari mana sisi superioritas mesin DOHC cb?
performa?
pliss deh, berbagai tester independen membuktikan DOHC bahkan lebih inferior di kelas ini…
uji di lintasan DOHC menang?
seberapa jauh sih?
sudah pernah coba menggunakan ban sama besar?
efisiensi?
gak perlu dijawab…
kwalitas?
no comment deh…semua sudah pada tau…
cb vs fu?
pliss deh, sekarang tujuan utama honda merakit cb untuk apa sih?
nyaingin fu?
agar lebih efisien dibanding fu?
sadar bung…
untuk mewujudkan keinginan pelanggan untuk memiliki motor lebih kencang dari fu?
pliss deh, anak smp juga tau mana yg lebih kenceng…
lalu dimana letak dasar opini anda?
bung, ane coba bantu ente berfikir ya…
=di awali dari permntaan pelanggan
=cb diciptakan jelas untuk menyaingi performa SOHC yamaha
=hasilnya nol besar
=power dan torsi di roda masih kalah
-kalau ente ngeyel power on crank lebih besar
=mau jalan crankcase langsung ditempelin aspal?
-di jalanan lebih cepat
=coba deh buka coret2annya lagi, bukannya ente lebih percaya dengan hasil coretan
=hitung dari power di ban belakang ya…jangan crank yg nempel aspal!!!
=balik ke no. 2 tujuan awal diciptakannya untuk apa
=tetep mau ngeyel masukin fu disini?
=jangan gila!!!
=DOHC 150cc gak akan pernah bisa lebih efisien dibanding SOHC 150cc dengan teknologi yg sama!!!
=kalau honda memiliki teknologi untuk tujuan efisiensi, kenapa mereka harus menggunakan teknologi DOHC kalau mereka bisa menggunakan basis SOHC?
=jelas tujuannya bukan itu
ane percaya honda sebagai pemilik teknologi terbaik saat ini dalam hal menciptakan konfigurasi engine khususnya roda dua
dan ane juga percaya teknologi yg terus dikembangkan honda adalah untuk meningkatkan efisiensi energi yg tersedia
tapi untuk memenuhi keinginan pelanggan dan kualitas lingkungan hidup?
DOHC bukan jawabannya!!!
cara berfikir andalah yg termakan oleh filosofi honda!!!
masalahnya bukanlah pada honda yg menciptakan motor lebih inferior demi alasan lingkungan, tapi arah pemikiran andalah yg menciptakan opini itu
kalau honda ingin jadi pelopor efisiensi energi, maka seharusnya haram hukumnya bagi mereka menciptakan teknologi yg mengesampingkan lingkungan sebab itu jelas bertentangan.
masih ngeyel dengan alasan DOHC honda lebih efisien dibanding DOHC lawan???
ah, yasudahlah…
berhentilah pengaruhi orang lain dengan penggiringan opini!!!
kecuali ente mengaku benar sebagai jongos honda, ane janji gak akan komentar lagi disini.
well said gan..
tp tetep komen yah..
kalo kagak kesian ini blog, bakal jadi 3atmono jilid 2 dah..
modus dah mirip2 kan ini..
tinggal jurus jaring bala-bala moderasi aja nih yg belum keluar.. qqq..
he he he
nafsu banget ngasih komentarnya, jangan-jangan ente yang mencoba menggiring opini supaya setuju dengan ente
tapi nggak apa2 juga sih, disini bebas untuk beropini dan berekspresi, asalkan masih santun
btw, terimakasih dah mau menulis komentar banjang lebear seperti ini, semoga bisa jadi bahan pemikiran bagi yang lainnya
sebenernya dari isi tulisan ente ane (juga yang lainnya) tahu maksudnya dan tujuannya…
ah, coba anda lebih berfikir jernih dalam membuka diskusi pasti tanggapannya akan lebih adem…
tujuan orang beropini memang untuk itu bung…
buat apa kita ngomong panjang lebar kalau tidak ada yg mendengar…
penggiringan opini dalam tukar pendapat itu pasti…
tapi ke arah mana tujuannya itulah yg harus diperhatikan…
untuk meracuni atau untuk mengobati?
kalau pembaca yg lain sudah mengerti arah berfikir saya, yah biarlah mereka sendiri yg menyimpulkan…
ya memang harus begitu,
jadi (menurut ane) silahkan beropini, tapi jangan sok benar, jangan terlalu PD kalau opini dirinyalah yang paling benar, dan opini orang lain salah semua, bahkan diakhiri dengan “menuduh”
yang seperti ini yang menurut ane “tidak berfikir jernih” dan arogan
karena jika demikian orang akan memperdalam pengamatannya kepada opini tersebut, dan ternyata opinya banyak yang salah
jadi saya yg menuduh anda sebagai yg salah atau anda yg menuduh saya sebagai yg salah?
jadi disini saya sebagai tukang tuduhnya atau anda sebagai tukang tuduhnya?
jadi saya yg sok benar atau anda yg sok benar?
wkwkwkwkwkwk
ada ada saja…
karena didasari pemikiran saya bahwa anda hingga detik ini memanglah bukan jongos honda,
karena alasan itulah saya terus berkomentar…
oh iya,
dalam kasus SOHC vs DOHC kalau anda mengira saya lebih mengunggulkan SOHC yg kebetulan dimilki tetangga memang benar, sebab karena itulah parameter pengukurannya.
tapi dalam lingkup apa?
tolong perhatikan lagi penekanannya dimana
jangan mengambil kesimpulan dari sepotong kalimat
kalau anda percaya bahwa celakalah orang yg shalat tanpa melanjutkan membacanya maka niscaya benar2 celakalah orang yg shalat dalam keyakinan anda.
oo begitu to
maksudnya cb150r overbore dohc vs nvl overstroke sohc, menurut ente unggul nvl…ya nggak masalah
btw ane hampir mengira ente jongos nya yamaha lho…
wkwkwkwkwkwk
bisa aja bapak dosen ini…
padahal saya kira orang dengan kapasitas seperti anda akan dengan mudah mencerna kata kata saya…
ujung ujungnya, ternyata kosakata “efisiensi” yg anda besarkan malah hilang anda kubur sendiri dalam justifikasi anda…
ah, yasudahlah…
memang benar benar celakalah orang yg shalat…
sebenernya jastifikasinya ada di artikel, tapi ente yang coba membuatnya melebar dan jadi kabur
“sesungguhnya jika seseorang mengatakan si fulan fasik, jika ternyata si fulan tidak fasik, maka pernyataannya akan kembali ke dirinya sendiri”
hahahaha artikel yg sangat menghibur…….
hhahaha pak de pak de
kayaknya semua pabrikan gitu deh utama safety
Maju terus bro motogokil. Ajak kami berpikir ilmiah, sehingga tidak perlu melongo ketika ada motor yang terlihat wow. Juga sebaliknya, tidak perlu menghina ketika ada motor yang terlihat wew.
pantesan supra x 125r karbu gw dulu terasa lemot banget, ternyata oh ternyata, itu alesannya..
tapi memang saya orangnya kalem sih kalo naek motor, muntir gasnya pelan2,,, so, jangan heran, saya pernah tes konsumsi bahan bakar secara kasar si supra x 125r ini mencapai 65 km/l.. wkwkwkwkwkw..
wes rapopo mau bela Yamahmud sampe mati terserah, yang penting honda c70, astrea grand, suprax, GL, masi banyak berkeliaran,
kemana tuh kripton, vega R, F1zR, dah pada punah ya? apa udah diloak ckckckckckckckckc
Alesan mu min…min… dbyr brp sama honda?? Lebay banget… bilang jujur aja,materialnya gk kuat diajak ngebut dan berkitir di rpm tinggi,krn untuk menekan biaya produksi dan dpt untung banyak… sok lebay alasan mu..
he he he belum ada yg bayar tuh
ente dibayar berapa sama rivalnya honda, kok seneng menyerang orang yang nggak cocok sama ente
memangnya cs1 lawan mx menang mana ?
memangnya limiter cs1, old cb150r tinggian mana dengan mx, nvl, mxking, r15 ?
baru kenal motor ya ?
wwkwkw sampe nyari2 artikel lama buat nyales
Wkwkwk…ane bkn seles,cuma kebetulan aha buka2 blog lawas… Alhamdulillah ekonomi ane dh mapan,jadi gk perlu jual mtr,,,ane malah koleksi… tapi bkn merk pabrikan motor rompal pastinya,,kayak y & h…
Hahaha… kebetulan ane bkn pengguna 2 merk motor yg jongos honda (dibaca ente) sebutin…wkwkwk..
Blm ada yg byr ya min?? Ckckck… kasian,,dh cari muka capek2 gk dbyr jg…
sdh ada yang bayar kok, tapi bukan atpm, dan jauh lebih besar dari hasil nge-blog, santai saja
sementara ngeblog buat iseng saja, iseng-iseng berhadiah.
maklum bukan/belum jadi blogger profesional, yang cari makan lewat blog
ente gimana, komen nggak etis (kurang pendidikan), mirip kayak anak kecil kehilangan mainan, apa ada yg bayar ?
Alesan mu min…min… dbyr brp sama honda?? Lebay banget… bilang jujur aja,materialnya gk kuat diajak ngebut dan berkitir di rpm tinggi,krn untuk menekan biaya produksi dan dpt untung banyYak… sok lebay alasan mu..
Nonsense, mau lingkungan hidup kek mau kecelakaan kek, gak ada hubungannya. Kalau alasannya lingkungan hidup, tetap saja namanya mesin pembakaran dalam itu bikin polusi, namanya kendaraan yang masih makai manusia sebagai supir nya masih mungkin terjadi kecelakaan. Kalau mau aman, bikin kendaraan listrik sekalian, dan bikin kendaraan otomatis.
Menurut saya honda cenderung lebih senang menjual produk yang overall lebih bagus, tidak ada yang menonjol di satu sisi, tapi secara umum lebih unggul dibandingkan pesaingnya. Meskipun saya akui produk mereka juga banyak menjual gengsi.