Semakin Besar Powernya, Semakin Panas Knalpotnya

comb chamber

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di jalan sampai ke tujuan

Kecenderungan motor sport yang dirilis ahir-ahir ini semunjukkan power semakin besar. CBR250 2014 tenaganya lebih besar dari yang lama, bahkan disinyalir honda akan mengeluarkan v-twin 250cc dengan tanaga yang lebih besar lagi. Yamaha merilis yzf r25 dengan power yang lebih besar dari ninja250. Kawasaki nggak mau kalah (rumornya) akan mengeluarkan sport 250cc 4 silinder dengan tenaga yang kemungkinan lebih besar lagi. Bisa jadi lama-lama power motor sport 250 cc mencapai 40 hp, gawat bisa semakin panas nih udara, terutama di kota-kota besar pinggir pantai.

Kok bisa udara tambah panas dengan tambahan power mesin sepeda motor ? Mari kita diskusikan

Sebenernya tenaga yang sampai ke roda belakang hanya sekitar 30% dari tenaga hasil pembakaran. Sisanya berubah menjadi panas yang tersalur ke radiator, oli mesin dan gas buang di knalpot.

power losses

Jadi wajar saja kalau motor bertenaga besar akan menyemburkan hawa panas yang luar biasa di sekitar kaki. Semakin besar volumenya akan semakin panas. Semakin tinggi rasio kompresinya akan semakin panas. Dan sebagian energi panas yang dibuang lewat kanalpot begitu besar, bahkan bisa lebih besar daripada yang digunakan untuk menggerakkan motor. Meskipun demikian, yang ane tau motor yang ada dijalan, hawa panasnya masih bisa ditahan/bisa ditolerir. Buktinya banyak rider yang merasa power motornya kurang besar, padahal sering juga mengeluh kakinya kepanasan.

Tapi jika sudah sampai seperti ini knalpotnya, sepertinya nggak ada yang berani naikin nih motor. Bisa-bisa garing tuh kaki

knalpot panas

Itulah makanya terjadi global warming, selain pohon-pohon banyak ditebangin, sementara jutaan knalpot membahana menebar hawa panas membara.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

Advertisements

0 responses to “Semakin Besar Powernya, Semakin Panas Knalpotnya

  1. kompresi besar juga,, makin hot, cepat panas, knalpot cepat nguning :v

  2. instruksi bro motogokil, jika tenaga yg sampai ke roda belakang cuma 30% dari tenaga hasil pbakaran, bagaimana dg kasus power BMW S1000RR yg punya power asli 193 HP sementara di roda belakang masih bisa menyentuh 180 HP-an(berdasarkan hasil dyno akrapovic.com), bagaimana tanggapan anda?

  3. Artikel menarik,dah terlalu bnyk y bahas speed dan speed. Tp jg penting untuk memperhatikan efek samping,ok kt fun tp boleh jd ada y dirugikan.polusi suara,udara,panas,bhkan ada polusi cahaya y efeknya kt g bs melihat indahnya bintang2 dngn mata telanjang. Biker sebaiknya g menilai sebuah motor hanya dari kencang n suara galak. Tp jg tentang lingkungan,efisiensi,safety. Langkah kecil dikali jutaan biker akan mberi perbedaan besar. Kita berhemat subsidi dr devisa negara bs dtekan,polusi brkurang signifikan. Kenceng boros lu seneng tp egois,kenceng irit brarti efisien efektif,untung 2x,paling gak mjalankan pola hidup sederhana,sak madyo

  4. Panas Knalpot semakin bertumbuh juga ternyata ๐Ÿ˜€

    • Tugas para ilmuan mbuat engine y lebih efektif. Misal panas y dbuang knalpot makin kecil n mjadi tenaga.
      Motor kenceng n irit
      nah salah satu tanggung jawab biker mungkin melakukan gaya brkendara y efisien,n g lebay

      • mesin bakar menghasikan radiasi panas yang tersebar kesemua komponen mesin. hanya sedikit sekali kalori yang terpakai untuk tenaga. percuma sehebat apapun ilmuwan tsb.

        alternatif memanfaatkan mekanisme gaya gravitasi dan sentrifugal bisa jauh lebih efisien.

  5. joss

  6. Asik nih topiknya
    Oiya gan soal pengaliran tenaga coba bikinin ulasan ttg rantai dong
    Tentang kelebihan kekurangan rantai o-ring x-ring xw-ring dkk
    Sy sempet baca forum katanya yg udah pake ring2 gitu awet tapi trlalu banyak draging. Apa itu yg bikin beda on-crank sama on-wheel jadi jauh?
    Trims

  7. setuju mas.. dan kemungkiban 2020 kota2 besar bakalan macet total dan panas total.. ngeri ๐Ÿ™

    nitip mas : http://alfido.com/2014/06/21/hati-hati-sama-polisi-cirebon/

  8. wimpi nurochman

    terus gimana cara meminimalkan loss powernya.. biar gak rrugi banyak

  9. Hati cepat panas juga efek dari Global warming loh…

  10. Kapan nih mau bahas tentang seting suspensi depan, jangan tentang meain terus dong

  11. jln raya sering macet, untuk mnekan populasi kendaraan brmotor dg cara mnaikkan pajak tdk efektif ttp aja gk bisa mnekan.
    ttp mngkin 1 cara ini yg perlu segera direalisasikan,, bbm tdk perlu ada subsidi alias cabut subsidi bbm trus uang subsidinya buat apa?? dikorupsi?? jgnlah lbh baik buat pengembangan infrastruktur..shg stdknya bisa mngurangi panas akibat knalpot..he.he.he.e

  12. gak nyambung…pemanasan global tu karena makin tipisya atmosfer yg disebabkan gas buang kendaraan bermotor….bukan karena snalpot panas…..bkkkbkkk

    • he he he
      ente salah bro, coba brosing lagi
      selain karena efek rumah kaca, suhu udara lokal juga semakin panas.
      jika seluruh kota besar di bumi, suhu udaranya naik karena pemanasan lokal, akibat efek pembakaran pabrik, knalpot, kurangnya pohon dll maka bisa dipastikan udara di bumi akan naik.

    • bro axa
      ya kan bener
      knalpot panas kenapa, karena gas buang kan, gas buang kok panas knapa, karena abis dibakar kan, hasil dibakar apa co + co2 kan, terus kok knalpot tambah panas knapa, ya karena yg dibakar smakin banyak (mbulet ya :D)

      tapi bukan atmosphernya menipis bro, tapi kandungan co2 menebal ozon menipis o2 menipis
      atmosphere = udara, gak pernah berkurang ato bertambah, yg berubah2 kandungannya

      pelajaran ipa sd kelas 4 bro ๐Ÿ˜€

      • maaf tp sth googling tetep gak nemu..panas mana kompor ma snalpot….mungkin snalpot berperan tapi sangat kecil bahkan bisa di abaikan di banding panas dari efek rumah kaca itu.sendiri…

  13. Armored Rider Gaim

    Pke motor listrik aja kya gtu ๐Ÿ˜€

    2tak noh yg knalpotny pnas bgt

    Kena dikit melepuh
    ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

  14. jado kayak ac yah, kalo ac nyembur hawa dingin. kalo knalpot dan mesin2 bakar lainnya nyemburin hawa panas. lama2 udara di bumi ini jadi panas juga.. tp emang blakangan ini udara terasa lebih panas dari tahun2 kmarin. pasang ac 16 aja tetep kringetan.

  15. Hehe ntar 250cc 4silinder mulai keluar dan reaksi kebijakan pemprov JKT bikin ERP masuk 50rb buat roda empat dan motor dilarang. Nah loh mo jalan dimana? Plg di sirkuit aja yah. (kemarin liat wawancara Plt gub dki jakarta)

  16. katanya dari bensin juga pengaruh ke panas knalpot,misalnya motor yg sama pake premium beda panas kalo pake pertamax…bener ga pak gokil?

  17. Semoga dimasa depan, energi yg terbuang bisa dipakai untuk melakukan kerja daripada terbuang sia-sia.

  18. Global warming?
    kecoak dan sapi bagaimana pak RT?

Silahkan komen, anda sopan ..kami segan