Berkenalan Dengan Pasar Loak Comboran Malang


1 pasar comboran siang

Assalamualaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Sabtu pagi tadi, setelah sambang ke ibu dan bude ane yang berada di Temenggungan Malang, ane sempetin maen2 ke pasar loak comboran. Sekedar olah raga (jalan kaki) sekalian refreshing liat2 orang susah, sehingga kita menjadi lebih bersukur dengan anugrah dari Allah SWT kepada kita. Bagi bro2 yang seneng motor dan segala yang berkaitan dengannya, jalan2 ke comboran sangat menyenangkan. Karena di sana terdapat banyak barang bekas (juga yang baru) yang terkait dengan motor.

Bagi seorang Arema, comboran bukan tempat asing, tapi bagi pendatang, atau touringer yang kebetulan lewat Kota Malang, mungkin akan menjadi pengalaman yang baru dan menarik jika sempet mengunjungi comboran. Ane coba berbagi informasi sedikit sekitar comboran, mudah2 an bermanfaat, berikut situasinya…Comboran terletak di selatan pasar besar (matahari) Kota Malang, tepatnya di sekita Jl. Prof. M. Yamin, Jl. Irian Jaya dan Jl. Sartono SH. Bagi pendatang yang kebetulan sudah berada di Alun2 Kota Malang, tinggal menyusuri Jl. Sutan Syahrir dan Jl Halmahera, setelah ketemu Jl Irian Jaya, belok kiri, dah masuk kawasan comboran. Bagi yang lewat jalur antar kota (lewat Jl. Jend. Gatot Subroto), sebelum jalan layang Martadinata, ambil kiri, kemudian belok kanan di lamer (kolong jalan layang), bro akan memasuki kawasan comboran lewat Jl.  Sartono SH.

0 peta comboran malang

Kemudian peta barang dagangan di sekitar comboran kira2 sebagai berikut :

peta comboran malang

  1. Jualan buah
  2. Helm, pancing, sepatu bekas
  3. Remote tv segala merek
  4. Knalpot baru KW segala merek ( Satria FU full set Rp. 250 rb).
  5. Onderdil motor antik (ane pernah liat vespa jadul antik) letaknya di belakang lapak pinggir jalan.
  6. Besi bekas, yang mau bikin alat bisa beli besi bekas kilo-an di sini
  7. Barang antik
  8. Swalayan permotoran, di sebelahnya juga ada toko asesoris motor lumayan besar, juga lumayan lengkap + bengkel
  9. Es degan
  10. Reparasi radiator
  11. Pasar tradisional
  12. Pasar onderdil mobil bekas
  13. Pasar sepeda onthel bekas (baru juga ada), di belakang bedak penjual sepeda bekas ada beberapa toko teknik besar, dengan dagangan lumayan lengkap
  14. Ahli kunci (banyak banget di sini)
  15. Lapak kaki-5, biasanya Rp.10.000,- dapet 3
  16. Jaket kulit bekas
  17. Dompet kulit, sarung tangan kulit, stiker dll
  18. Toko asesoris motor besar, toko sepatu safety
  19. Tukang tambal ban
  20. Bengkel mobil
  21. Lapak kaki-5 jual tools bermerek, barang bagus
  22. Jual laher bekas, pasisi di bawah pohon
  23. Tukang bubut, deket rel

Selain dari yang sebutkan, barang dagangannya umum misalnya tool bengkel, fairing bekas, helm, sok depan motor sport, gigi transmisi, knalpot, box filter dll.

Bagi yang sempet jalan2 ke sana, mungkin beberapa hal ini berguna;  jaga sikap, belagak sok tahu aja (jangan kayak orang culun), berani nawar yang wajar (sudah tahu harga toko-nya), dompet di jaga baik2 (pindahkan saja ke kantong depan), jika parkir motor mending parkir di Matahari, usahakan sudah tahu barang yang mau di beli.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

Advertisements

8 responses to “Berkenalan Dengan Pasar Loak Comboran Malang

  1. kalo beruntung nemu barang super langka 🙂

  2. dulu sering kesini
    nyari kaset bekas 🙂

  3. Mampir gan…Arema Lawang

    😀

  4. mampir juga gan arema arjosari

  5. minta tolong gan , pendapat para ahli ttg pasar comboran apa yah ? buat tugas sekolah nih -_-

  6. jadi ingat sekolah di ST Negri 4 dulu….sekarang aku di perantauan…salm kagem mas-mas dan mbak-mbak ngih

  7. Hati2 belanja disini, pernah kejadian di depan saya seorang yang mencari onderdil motor dikerubutin calo/ penjual. Kemudian org tersebut tidak jadi beli karena harganya tidak masuk penawarannya. Org tersebut (keturunan china) malah dipaksa suruh bayar oleh 5 org tersebut tanpa membawa barangnya. kalau bisa jangan belanja disini…banyak toko murah atau pasar loak lain.

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting