ganti-oli-bloger

Ternyata Special Tool Untuk Sebuah Motor Memang Spesial

Diposting pada

mur pengunci kampas kopling

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalana sampai di tujuan.

Untuk membuka mur pengunci rumah kopling dan rumah fiter sentrifugal butuh kunci khusus (special tool) seperti kunci sok dengan gigi empat, dengan diameter mirip dengan kunci sok 17. Karena sudah sore, toko juga sudah pada tutup, ya diakalin aja pake kunci “Y” yang 12-14-17. Digerinda untuk membuat gigi2/mahkota-nya, kemudian dua gagang yang lain (12 dan 14) diluruskan. Akan tetapi karena hari agak redup/sore, dan badan juga “cape”, bikinnya juga peke gerinda, jadinya nggak presisi, penampakannya seperti gambar ini.

sp tool kunci mahkota abal2

Buat bro2 semua yang kreatif, mending bikin kunci mahkota seperti di atas, dari pada beli, lumayan mahal. Yang abal2 di comboran Rp.22.000,- dan yang bermerek 67.500,-. Supaya jadinya presisi dan lebih ok, mungkin bisa menggunakan tip n trik ini.

  1. Mal mur pengunci dengan menggunakan kertas. Kertas ditekan2 saja ke mur-nya, nanti akan tercetak polanya.
  2. Ukur seberapa besar yang dijadikan gigi/mahkota dan seberapa besar yang harus dihilangkan pada kunci “Y”, dgn menggunakan pola tsb.
  3. Jepit kusci “Y” yang ingin kita modif menjadi kunci mahkota, dgn menggunakan ragum
  4. Gerinda secara hati2 bagian yang akan dihilangkan dengan menggunakan gerinda tangan. Jangan sampai menyentuh batas pola.
  5. Sisanya dihilangkan dengan menggunakan kikir panjang segi empat, Insya Allah Jadinya akan lebih ok dari pada beli, modalnya juga murah.

Berhubung siangnya ane gawe, pulangnya ane sempetin hunting kunci mahkota (dah nggak sempet bikin). Pertama-tama ane kunjungi penjual kunci2 kaki-5. Tanya ngalor-ngidul, ok barangnya ada tapi ditempat lain, dimbilkanlah oleh pedagangnya. Barang sampe, ….ane perhatiin…ya kalo yang ini sih kegedean, sepertinya cocok untuk motor honda. Karena nggak enak sama pedagangnya, udahlah beli aja Rp. 22.000,-, kapan2 bisa dipake buat bongkar CS1 dan supra, inilah penampakannya.

sp tool kunci mahkota besar

Besoknya cari2 ke ACE, nggak dapet, cari ke toko2 alat mekanik di jalana Ade Irma Suryani, Malang dapet yang bermerek tapi mahal Rp 67.500,-. Nggak apa2 beli aja, emang keliatan lebih keran sih, dan diameter sok sesuai dengan yang ane butuhin. Sampe di rumah langsung ke garasi, keluarin kunci dan colok ke murnya, dan…….nggak bisa nggigit bro, kunci mahkotanya seperti kekecilan.

Cek dengan menggunakan mur pengikat rumah kopling, yang sdh dibuka secara paksa dengan menggunakan obeng dan palu, jangan lupa untuk pulsar, arah membuka murĀ untuk bagian kopling justru ke kananĀ  dan untuk filter sentrifugal ke kiri. Ternyata memang gigi2nya nggak bisa masuk ke coakan murnya, karena gigi2nya terlau tabal. Ya… kerjaan lagi nih.

Jepit kunci mahkota tsb dengan ragum, ambil kikir dan mulai mengurangi ketebalan gigi2nya. Sambil selalu dicek apa sudah klop/match atau belum, jangan sampai terlalu tipis, bisa mengurangi kekuatan gigi2nya tsb. Awalnya ketebalan gigi 5 mm, setelah dikikir jasi 2.5 mm, dan inilah hasilnya

sp tool kunci mahkota kecil modif

Dan sekarang sudah klop dengan 4 buah coakan di mur-nya.

sp tool kunci mahkota match

Lanjut arahkan kunci ke filter sentrifugal, dan ternyata pake tangan ane yang kekar, nggak bisa membuka mur pengikat filter sentrifugal dangan hanya ngandalkan gagang kuci yang kecil tsb (12 cm). Ambil pipa besi, potangan pipa ledeng, masukin gagangnya, putar ke-kiri, dan …berhasil dengan mudahnya, alkhamdulillah. Dan inilah hasil bongkarannya.

copotan kopling dan fiter sentrifugal pulsar 180ug4

Sampai disini dulu bro bongkar2nya, maklum bro buat sambilan, jadi dikit2. Semoga masih diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk melanjutkannya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.