Siapa Saja Calon Konsumen Honda CS1 DOHC 150cc ?

CS1 dohc konsumen

Assalmu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Dalam artikel sebelumnya, perancangan motor new cs1 haruslah safety. Baik ditinjuau dari kestabilan dan hendling, yang hal ini terkait dengan pemilihan frame dan roda/ban. Kemudian pertimbangan lainnya terkait dengan faktor konsumen adalah, “Nantinya cs1 dohc 150 cc ini mau dijual ke siapa, siapa saja konsumennya ?” Jangan2 sudah bikin susah2 dan keluar biaya banyak, malah nggak laku. Kalo rugi kan percuma bikin motor baru, mendingan facelift motor lama yg dah laku, dah keliatan pangsa pasarnya.

Jika kita jadi orang ahm, mungkin data2 ini yang dilihat terkait dengan pemilihan calon konsumen dari new cs1 dohc 150cc.

1. Pangsa motor matik yang naik pesat, motor bebek yang semakin turun dan pangsa motor sport yang mulai naik perlahan.

pertumbuhan modelperbandingan model

Kalau dari data ini, kayaknya prospek model bebek trendnya menurun, sedangkan matic yg naik pesat dan sudah dikuasai honda. Sedangkan sport memang masih dikuasai yamaha, tapi honda mengalami kemajuan yang lumayan pada tahun 2013, mencapai 130.27%. Jadi sudah lumayan kuat.

MS motor sport 2013[Sumber : 7Leopold7.com]

2. Akan tetapi denger2, pasaran suzuki satria FU 150 “nggak ada matinya”, stabil dengan rata2 di atas 20 ribu / bulan, hmmm, gurih banget nih. Mana harganya naik terus tapi tetep laku, mungkin sekarang sudah tembus Rp. 19 juta-an. Jadi bisa diambil kesimpulan sementara, bebek low performance pasarannya turun, sementara bebek high performance masarannya naik.

3. Motor matik memang sudah dikuasai honda, akan tetapi masih ada kemungkinan memberikan tambahan MS di bagian matik ini. Perhatikan gambar berikut.

rangking matik [Sumber : http://motor.otomotifnet.com]

Terlihat bahwa matic gambot, memiliki banyak peminat. Dan memang sering terlihat di jalanan vartek125 banyak dipakai laki2. Mungkin juga terpikirkan untuk mencangkokkan engine dohc 150cc ke matic gambot, wah mantab nih.

Dari 3 buah data statistik di atas, maka bisa diprediksi calon konsumen new CS1 dohc 150 cc adalah

  1. Remaja putra (mengambil market share satria fu dan jupiter MX), maka new CS1 dohc 150 cc dibentuk mirip fu. Jika konsumen ini yang disasar, maka motor harus ramping, sasis kokoh (bisa pake model cbr125 atau cb150), jangan lupa ban gambot depan 80/90 belakang 100/80.
  2. Remaja putri (mengambil market share satria fu juga), maka CS1 nggak perlu dohc, pake mesin CS1 lawas, model kecil kaya fu, pasti laku. Lha sekarang banyak wanita berbadan kecil/ramping naik Fu.
  3. Jika mengakomodir model sport+matik (khusus matik gambot berbagasi besar), yang trend-nya naik terus, maka model ini cocok buat pria pekerja kantoran (banyak bawaan; laptop, buku, tab, hp dll). Dan modelnya bisa jadi diharuskan memiliki fitur bagasi besar, tenaga besar, nyaman dan tampilannya eksklusif, mungkin modelnya bisa mirip2 kayak gini :

Ada bagasinyaframe mirip bebek/matik tapi kokoh memegang mesin 150cc.

honda-700-frame mirip bebekBentuknya bisa jadi begini

honda-nc700x model0Atau yang ekstrim malah jadi begini

matic sport

Begitulah, perkiraan model yang berkaitan dengan calon konsumen new CS1 dohc 150cc. Semoga berguna, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

41 responses to “Siapa Saja Calon Konsumen Honda CS1 DOHC 150cc ?

  1. cenderung ke design yg warna merah

  2. Mas maaf nyuwun tulung klo roda depan botak sebelah kenapa mas klo oli sok ga sama terus sebelah yang botak yang banyak oli apa yang kurang maturnuwun banget mas

    • Tekanan di dalam tabung sok bukan cuma karena oli tapi juga per nya. Jadi per sebagai pemberi gaya rebound, dan oli yang mebuat baik naik dan turun lebih smooth. Kalo oli sok nggak sama banyak, bisa membuat sok nggak imbang, salah satu akibatnya ban botak sebelah, harus yang botak yang olinya banyak. wallohua’lam

  3. Yang model sport no3 bagus dan asia banget pendek sesuai posturnya setuju yang sport oke banget,kedua jadiin matic 150 lokal esp,iss pasti laku.

  4. pengalaman pake cs1, untuk ngebut top bngt, dibawa meliuk2 jg ok, tp kl diperkotaan kondisi padat ngrayap enak pake matic, kbtulan tiap hr pc cs1

  5. mas, masih ingat mengenai desain awal dari ahm yg di ajukan ke jepang buat cs1 dulu,..? tpi lahir’ny malah kyak yg sekarang,,,
    sedenger-dengernya saya, dari bgian r’n’d ahm, bkalan pake desain awal itu,tpi masih di revisi, yg udah di godhok skrng ini cb150rr, pake fullfairing, ada 2 konsep, 1mata headlamp dan 2mata headhlamp’nya. entah mana yg di pake, ban lebih gambot dari 150sf

  6. ow ya mas mau tnya,
    mesin fxr sma fu itu ktnya mirip,
    bisa gak kira2 di swap engine?
    sasis nya plek gak ya, kyk sonic sm cbr

    • sepengetahuan ane, penampakan luarnya sama persis, hanya saja powernya yg beda jauh. Mungkin perbedaan di CR dan profil camshaftnya

      • klo lubang buat nahan mesin di sasis sma ga?
        mngkin fu bisa pake head fxr mas klo mau ngasepin sonic dohc, hehe

        • Kayaknya sih sama bro.
          Mesin FXR kan juga digantung ke frame.
          Sepasang lubang engine mountingnya ada di atas intake carburator (kalo gak salah).

          Jika ternyata diameter klep-nya sama, mendingan tetap pake head FU tapi diporting polish + perbesar klep & ganti karbu skep biasa yg berventuri minimal 28mm.

  7. Mas bro jangan bawa-bawa MS dong,kecuali sport…
    nanti ada yg protes lho !!

    kwek kwek kwek

  8. Calon konsumen new CS1 150cc DOHC yg jelas PASTI bukan FBY :mrgreen:

    FBY udah PASTI gengsi donk beli produk Honda (AHM), meskipun sebagus & sevalue apapun itu 😆

  9. Btw itu desain futuristik sangar ,,,sayang tangki bbm bakal kecil ngga bisa buat touring,,,!!

  10. Kirain analisanya pake “Rondo Matric” wkwkwk…

  11. wah…, kalo cs1 bermesin 150 DOHC, bisa ngelawan donk nie sama satria FU…

  12. bentuknya seperti nc series atau cbx series aja..tangki depan minim 8 liter..itu baru pas dengan dohc 150 cc..jangan bebek atau ayago yang enteng..
    kalo basis mesin memang fs125cm atau cs12a1rr mending tetep 125 cc aja..ayago atau bebek nggak papa..

  13. salam satu aspal bro,ane sekarang pengendara CS1 dan sangat tertarik dengan ulasan anda sekarang. saya pengeng share saja apa yang ada di kepala ane,kalau misalnya tangki bensin cs1 dipindahkan kedepan dan bagasi dipindah ke bawah jok,kira-kira memungkin kan gak bro?kira-kira punya vision gak kayak gimana modelnya??
    terus terkait mesin, CS1 ane sudah 2 bulan terakhir ini gak bisa langsam dan setiap kali saya starter baik kick maupun elektrik starter selalu keluar letupan kecil (kadang juga nyaring) dari knalpot.kira-kira masalahnya karena apa dan solusinya apa bro?oiy, kalau saya pake pertamax letupan nya gak terlalu sering tapi kalau minum premium biasanya akan sering seperti itu. thanks before (KEN)

    • kalo menurut ane, paling memungkinkan pake tangkinya vixion, karena agak kecil dan penyesuaiannya ke rangka underbone-nya nggak banyak.
      coba diinget2, udah berapa lama nggak ganti busi, mungkin businya 1/2 mati. Atau settingan karbunya nggak pas, mungkin terlalu miskin atau terlalu kaya

  14. cakep jg tuh yg sering dibully dgn sebutan dombagarut

  15. pratama ramadhan

    wah keren ane jg rider cs1 tp ane lg demen ma disain new cbr rencana mau d modif kesana dengan mempertahankan dimensi std
    kira2 ada masukan apa aja dr suhu iwan

    • kalo nanti ganti segelondong mesin cbr150, cari yang ada surat2nya, jangan yang bodong
      yang modif jadi sport juga sudah ada, dan bagus (proporsional). sempet lihat di internet, tapi lupa nyimpen

      • pratama ramadhan

        iya mksd ane jg cmn nyontek desing y aja mas ane pengen mesin ma dimansi ttp sama
        kalo boleh nanya lg pengaruh diameter vleg (misal”17 jadi “16) ngaruh y apa aja mas sama variabel y

Silahkan komen, anda sopan ..kami segan