Inilah Rahasianya,….. Mengapa Honda Tetap Akan Mempertahankan Mesin 250cc Satu Silinder dalam Menghadapi Kawasaki Ninja 250Fi


mesin 1 vs 2 silinder

Assalamu’alaikum wR wB Salam sejahtera buat kita semua,

semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.


Seiring dengan pergantian tahun, para produsen motor mengumbar janji2 dan spyshoot mengenai motor terbaru yang akan diluncurkan di akhir tahun 2013 ataupun di awal tahun 2014. Begitu pula dengan honda, akan meluncurkan motor sport 250cc (atau mungkin 300cc) terbarunya, yang masih nggak jelas juntrungannya.

Jika melihat dari penjualan CBR250 dibandingkan dengan Ninja250, jelas sekali CBR250 babak belur, bahkan beberapa bulan tidak ada distribusi ke deler. Tapi yang aneh, kalo balapan di sentul, CBR250 sering unggul jika bertarung dengan Ninja250 di sirkuit. Kenapa bisa begitu??? Mungkin analisis di artikel kali ini bisa sedikit menjelaskannya, atau bahkan bisa memperkirakan berdasar alasan itulah honda akan tetap mempertahankan mesin 250cc satu silindernya untuk disematkan di CBR250 versi 2014.

Sebenernya dari perhitungan spek mesin, dalam kondisi standar CBR250 memang bukan tandingan Ninja250. Hal ini sangat jelas jika kita coba menghitung, berapa HP daya yang dikeluarkan, dengan menggunakan kalkulator yang disajikan di http://hpwizard.com/engine-horsepower-calculator.html, kita bisa membandingkan keduanya. Performa mesin Ninja 250 standart

N250 stdTerlihat dengan stroke yang pendek, mesin ninja250 meskipun berputar 11000 rpm, piston speed-nya masih sekitar 15 m/s, masih sangat aman. Sekarang kita perhatikan performance mesin cbr250 standart

. CBR250 stdTenaga mesin cbr250 memang kecil 25 HP di putaran mesin 8500 rpm. Rupanya memang desain awal cbr250 dibuat bukan untuk balapan, karena peak power-nya cuma berada di 8500 rpm.

Lalu bagaiman kita bisa menjawab pertanyaan, “Kok kalo balapan di sentul (dengan regulasi tertentu), cbr250 sering menang melawan ninja250?” Jawabannya adalah ini….

CBR250 11000rpmKetika cbr di-tune pada rpm 11000 (sama dengan ninja) maka power cbr bisa setara dengan ninja std. Ditaambah dengan ergonomi dan sumbu roda cbr250 yang lebih pendek dari ninja250, menjadikannya lebih mudah ditekuk di tikungan, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk melibas tikungan menjadi lebih pendek.

Lalu bagaimana dengan ninja250 yang juga bisa di-tune untuk balapan? Kok masih kalah? Bisa jadi karena rpm masih bisa ditingkatkan lagi, maka peningkatan power bisa dilakukan. Akan tetapi peningkatan rpm memberikan konsekuensi yang cukup berat, diantaranya

1. Per klep harus bagus, untuk menghindari floating.

2. Kekuatan klep harus bisa mengimbangi tekanan rebound dari per klep

3. Efisiensi volumetrik jelas turun, jadi harus dilakukan porting ulang yg sangat presisi dll

dan ternyata tersiar kabar, bahwa kekuatan klep std ninja250 tidak akan mampu mempertahankan kepresisiannya jika digebuk dengan rpm tinggi terus2an (seperti saat balapan). Dan inilah yang membatasi usaha meningkatkan performance ninja250 dengan cara meningkatkan putaran mesinnya (rpm).

Mungkin, dengan pertimbangan inilah honda tetap memperthankan mesin 250cc satu silinder untuk CBR250 terbarunya.

*Mau buat harian? SIlahkan standar aja

*Mau buat balapan? Silahkan korek aja sampe 11000 rpm, dah setara ninja250 std.

Sekian analisis (kira2) yang menggambarkan kinerja mesin cbr250 dan ninja250. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

77 responses to “Inilah Rahasianya,….. Mengapa Honda Tetap Akan Mempertahankan Mesin 250cc Satu Silinder dalam Menghadapi Kawasaki Ninja 250Fi

  1. mas bro maksute kalimat ” Silahkan korek aja sampe 11000 rpm” ini gmana? maksute ‘korek’ itu di utak atik mesinnya . . . atau hanya geber sampai 11000 saja?

  2. wadaw.. rada berat neh.. tapi si adek bukannya >10rebu tuh peak powrenya..??

  3. Artikel yg sangat bermanfaat mas. Semoga sedulur2 suhu roda dua lainnya seperti sampeyan (yang selama ini masih menjadi silent reader) sudi kiranya membagikan wawasan otomotif kepada kita lewat artikel seperti ini.

  4. Ninja diameter batang klepnya terlalu kecil, per1silinder dibagi 4 jadi kurang kuat, otomatis per klepnya juga kecil

  5. brarti ninja gak perlu korek mesin terlalu extrim. cukup perbaikan yang berhubungan dengan handling (bener gak nulisnya) dijamin cbr mudah dilewati.
    tp nyante saja. kalah balapan tak mengapa, yg penting masih untung besar secara pe jualan. la wong ada balapan guna mendukung penjualan kok. la kalo sudah laris ngapain repot2.

  6. cebong pengen dua silinder

    satu lagi yg penting…berat badan cebong jauh lbh enteng dibanding ninin

  7. Suaranya cbr apa bisa di akalin?

    • kayaknya bisa bro, ane pernah liat link2 dari luar, gimana caranya bikin dua suara dengan menggunakan klep, satu suaran standart, satunya lagi suara gahar, blarr.
      Kalo menurun ane, suara bisa dibikin seperti dua silinder, dengan memberi cabang knalpotnya. Salah satunya dibuat lebih panjang =satu siklus mesin x kecepatan suara.

      • om iwan, mw request artikel utk yg ini dong,
        meski satu silinder tp suara bisa mrdu, mski gak tepat sbgmn dual cyl.
        cz pernah dnger scorpio & vixion deket kosan di jogja knalpotnya spintas merknya tdk bgtu trlihat krena kilauan kromnya tp suara wuenak poll dan ademm,. klw pas k purwokerto mei ini ada cbr jg yg baru (bkn yg thai version)
        entah 150/250 bahna knalpotnya ngg bgtu kinclong, cuma liat dari jarak 40 an meter tp suaranya ngebas & mndekati stereo (apa karena Purwokerto dket purbalingga yg nota benenya banyak begawan knalpot di sana)
        emmhh satu lagi, jumah klep ngefek ke suara ketukan suara yg kluar dari exhaust ga yah,.?
        ibarat kata mbandingin suara stasioner suzuki FU dgn honda tiger,.
        IMHO scara standaran aj mreka di rpm stasioner lbh bnyak ketukan suara ex untuk yg valvenya lbh bnyak,
        trmkasih,..

  8. mantab suhu, penjualan CBR tidak hanya di indonesia saja. diluar juga laku
    http://sarikurnia980.wordpress.com/2013/10/28/yamaha-fino-fi/

    • hahahahhaaa…. orong2 baca artikel nya di cimahi… justru di luar yang laku cbr, orang luar mindset nya udah : EKONOMIS sekarang, baca di kompas otomotif tuch, di inggris sampai di bela2in habis kerja ngak pada pulang, tapi tidur di mobil, biar ekonomis… 😀 … bensin 27rb…. coba di sini harga bensin segitu.. hiks…

    • betul tuh rong, tapi karena ane bikin artikelnya buat pemirsa Tanah air, ya pake kondisi di Indonesia aja

  9. Jadi kalau mau kenceng, pake di sentul terus aja ya wkwkwkk…

    Kalau bicara motor standar, kan berarti dipake harian…nah pengen motor kek apa yg buat harian mendekati sempurna?
    Buat saya, Z dan Ninin…kenapa? Ah panjang lah kak, keknya kakak juga tau kenapa2nya, alasanya mirip2 lah sama yg pada beli ninja/Z hehehe…

    • kalo dah kayak gini, sensitif, nafsi2 dan sangat subjektif

      • kalau lebih jauhnya memang ujung2nya akan balik ke selera dan keinginan individu, kalau sudah smp situ ya no further discussion, slesai end of story…motor aing kumaha aing, duit aing kumaha aing ujung2nya wkwkwk…

        tapi bukan itu yg kita cari, tidak cari benar atau salah juga, tapi membuka mata dan pikiran.
        saya pribadi gak bilang CBR jelek, dan CBR sbnrnya adalah kesukaan dari jaman dulu..
        CBR baru memang punya mesin teknologi terbaru, dr awal dia muncul saya dah cari tahu infonya, dan mesinnya mmg didesain dr baru/awal.
        masalahnya, CBR lahir gak sendirian, disekelilingnya terutama di Indonesia, sudah ada Ninja yg sudah melekat dgn 2 silindernya, dan dari tahun ke tahun, konsumen hanya di sodori 1 silinder untuk motor dengan kategori harga terjangkau.
        Nah kalau nama CBR tidak ada yg spesial, hanya yg fanatik nama yg akan beli, sisanya ya bener kata Kang Haji taufik, kita pasti pilih yg ‘lebih-lebih’, tambah lagi kawasaki bukan merek abal2…mgkin akan berbeda kondisinya jika CBR tetap seperti skrg dan kompetitornya walau lebih baik tapi minerva misalnya mereknya, pst CBR tetap yg akan laku.

      • Like this guys, Indonesia terlalu kenyang dengan satu silinder, ada sesuatu yang baru dari the bigfour, adalah hal yang sangat menarik.
        ada CB200 twin reborn pasti juga menarik, apalagi VTR V-twin yang keluar, asal harganya bersaing.

        Kalau diluar negeri jelas beda kondisinya, multi silinder udah….. biasaah. Cbr 250 dibuat untuk……pemulaah

        dan kendaraan massal dijual secara mainstream tentunya buat transportasi keseharian.

  10. yg ngerti mesin dah ngerti dr zaman dulu.
    tp bg fby yg cuman ngerti pokoknya ninja yg begitulah sampe kapanpun bebal otaknya 😀

  11. masalah kehebatan mesin CBR250 v N250 juga pernah di bahas mbah dukun indobikermags dot com.
    Salah satu faktornya juga karena mesin ninja yg dah TUA sedang mesin&teknologi CBR250 sangat baru.
    tp ya tetep fby gak bs menerima pemahaman yg beginian PADAHAL pemilik ninja saja faham dan sadar kalo motornya memang gak sehebat CBR.

  12. technology honda ndak bohong kang, ada yg penting juga, life time nya terbukti panjang umur…

  13. salut buat team ninja yg udh mau ikut meramaikan balap IRS walaupun kalah dgn CBR tapi ninja emang gentlement
    coba liat pabrik piano ama seruling berlogo garpu tala diajakin balapan kelas 150cc utk mencari bibit pembalap hebat di kemudian hari mlh gak brani katanya teknologi montor GP
    apa kata dunia????

  14. Maaf ane nubie, kenapa cbr250 cuma 8500rpm, sedangkan cbr150 bisa 10000+rpm juga cs1.
    Mohon penjelasannya

    • sepertinya cbr250 diposisikan bukan sebagai motor balap, perhatikan sasisnya, juga iklannya. Sehingga puncak power di 8500 dah cukup. Dan lagi jika dipaksa powernya berada di 11000 rpm, yang mana pistonspeed-nya dah mendekati batas bahaya 21m/s, maka mesin akan lebih cepet rusak. Ini bisa dimaklumi, karena stroke termasuk panjang (55mm), kelebihannya adalah torsi bisa dikail di rpm bawah, jadinya lebih irit.
      sedangkan cbr150 kebalikan dari cbr250, stroke pendek (47mm), peak-power di rpm tinggi, cocok buat balapan. Kelemahannya torsinya kurang nendang di rpm bawah, buat harian cenderung lebih boros dibandingkan 150cc lainnya.

  15. Cbr itu sebenernya bentuknya bohay, mesinnya cukuplah buat di kota2, tarikannya juga nendang, bensin katanya sih lumayan irit malah pake premium oplos pertamax (menurut patner kerja sy yg nawarin alat tehnik di SBY, sering mampir k lombok buat nawari barang).. Sempet kepingin, tapi gara2 harganya 40jt lebih yah gak sesuai sama kompetitor yg 50jt-an 2 silinder.. Kalo 40an jt utk 1 motor 1 silinder yah mending buat modal usaha, timbang maksa diri cuma buat gaya.. Wkwkwk.. Enak beli second om wkwkwk

  16. Makasi kang, kayanya cuma sampai 150cc aja yg single silinder yg sanggup sampai 11000 rpm dalam kondisi standar, karna ane udah coba tuh mesin turunannya cbr150 yaitu cb150r. Pada saat statis rpmnya sanggup diatas 10000rpm.
    Begitu juga honda cs1 yg malah lebih tinggi lagi, diatas 11000.
    Maaf kang.
    Ada ga mesin motor single big silinder diatas 200cc yg bisa teriak diatas 10000rpm,? Jika tidak ada, berarti mantab dah buat minang cb150r.
    Cbr250 jadiin mesin tiger fi aja, motor ber dna balab ko cuma limit d 8500rpm, ga beda aja sama tiger jadul, juga scorpio…
    Bikin malu klan cbr aja… 🙁

  17. dengan kata lain performa cebong di press abis2an dari pabrikan? sementara user nini di tanah air ‘dimanjakan’ dengan diberikan performa ‘maksilmal’ dari si nini tanpa banyak ubahan?

  18. Om saya pernah liat ada yg jual cbr 250 hrc, itu speknya kurang paham sih tp dijual khusus buat race dan gak boleh digunaiin di jalan. Mungkin itu cbr yg bisa libas ninin sentul. Makasih, maap kalo salah.

  19. Lebih kepada strategi dagang aja sih..

    Dah dibahas di mana2, cebong, PCX, itu cuma strategi flagship. Yg diandalkan penjualannya ya turunan/ downgrade dari flagshipnya…

    Karakteristik AHM : kalo belum kepepet, belum mau kasih produk yg killing..

  20. std ninja nyusss
    namun buat stop n go enakan mesin trail aka cbr250
    memang untuk balap sebisanya jangan buat acuan, apalagi kabar klep kawasaki meleset pantekannya, bisa jadi, modal cuma cukup untuk klep std? waduh

  21. Cbr cukup oke kalem dan tidak sombong

  22. makasih pencerahannya kang.
    “ilmu di bagi tdk akan berkurang malah bertambah.”

  23. Blognya susah dibaca, mungkin lebih bagus kalau latar belakang tulisan warna polos saja. Atau kalau mau gambar, diblur habis2an.

  24. Wah, habis komen tampilan berubah, jadi malu…

  25. Dextromethorvan

    Kalo di sini komentarnya dewasa, berbobot serta mendidik. Adem..semoga berkah mas, semoga ilmu yang disuguhkan bernilai ibadah..Aamiin..

  26. komen2nya enakk dibaca, mendidik dan menambah wawasan. males baca komen2 diblog lain yg penuh dgn umpatan dan makian antar FB, makasih ilmunya bro.

  27. drag 800m…..ninja menang.
    drag 1200m…ninja makin menang.
    drag 2km…….ninja makin jauh di depan.
    drag 50 meter…cbr jomblo juara..wkwk

    ninja kalah di sentul krn regulasi…tp ninja juara di jalan raya…..
    tahun depan r25 jawaranya….

  28. Maap kakak, ane dapet info dari ex-teknisi ahm. klo cbr series pake mesin balap cuman untuk yg 250 dibikin 1 silinder. Kalo ninja pake mesin biasa cuman dibikin 2 silinder supaya jadi moge.
    mohon pencerahanya ya kak, maklum ane masih bocah..pemula banget. Terima kasih

  29. kalo perhatiin dari awal kejurnas 250cc digelar (2012), seri 1 pemenangnya honda cbr kalo gk salah posisi 1,2,3 direbut honda cbr dan tdk ada scrud ( pemeriksaan mesin untuk yg masuk podium ) kalo gak salah hanya panitia hanya periksa diameter trotle body aja, daleman mesin sama sekali gk dibongkar
    seri 2 pemenangnya ninja posisi 2 dan 3 honda cbr
    dan saat itu mesin ninja langsung dibongkar oleh panitia sampai bongkar head dan dinyatakan tdk menyalahi regulasi saat itu
    seri selanjutnya sampai skrg honda cbr selalu mendominasi kejurnas kelas 250cc
    dari sini bisa dilihat kalo balapan kejurnas 250cc ada indikasi kecurangan
    coba aja kalo panitia membongkar mesin cbr yg jadi pemenangnya, kalo cbr tdk melanggar regulasi coba buktikan
    ternyata dari awal seri thn 2012 sampai seri terakhir 2013 tdk pernah sekalipun mesin honda cbr yg dibongkar oleh panitia balap kejurnas saat itu
    kalo ninja yg menang ( seri2 thn 2012 ) kenapa langsung dibongkar sampai silinder headnya
    ADA APA INI ?
    kalo mau jujur jujuran dibalap kejurnas mesin 1 silinder dgn volume mesin yg sama pasti kalah dgn mesin 2 silinder
    dan masyarakat kita udah gk gampang dibodohin lagi
    maka dari itu penjualan cbr250 selalu keok

    • bijak itu baik

      setuju dengan anda…jangankan IRS.lahh tau SENDIRI INDONEDIA..AKIL MOHTAR ketua MA juga bisa d suap..indonesia gitu loh.

      masih ingat betul .ketika waktu SMK ada lomba volli antar provinsi..aku kalah ama semarang ..ternyata ohh ternyata SMK semarang tuh sekongkol ama panitianya ..pemain voli ambil dari pemain junior tingkat nadional..umurny juga jauh d atas saya .badahal ada priksa gigi kenapa pemain semarang bisa lolos ambil pemain luar

    • bijak itu baik

      setuju dengan anda…jangankan IRS.lahh tau SENDIRI INDONEsIA..AKIL MOHTAR ketua MA juga bisa d suap..indonesia gitu loh.

      masih ingat betul .ketika waktu SMK ada lomba volli antar provinsi..aku kalah ama semarang ..ternyata ohh ternyata SMK semarang tuh sekongkol ama panitianya ..pemain voli ambil dari pemain junior tingkat nadional..umurny juga jauh d atas saya .badahal ada priksa gigi kenapa pemain semarang bisa lolos ambil pemain luar

  30. Pingback: Dari Sisi Power dan Harga, Mau Diposisikan Dimana Kawasaki 250 Single Cylinder ? | motorgoodness

  31. Pingback: Jika Sport 250cc Yamaha Berbasis WR250X, Maka yang Lain Harus Waspada | motorgoodness

  32. Pingback: Kekhawatiran Kawasaki Terhadap P200NS | motorgoodness

  33. Pingback: Dari Sisi energy dan Harga, Mau Diposisikan Dimana Kawasaki 250 Single Cylinder ? | UratMalu

  34. Pingback: Jika recreation 250cc Yamaha Berbasis WR250X, Maka yang Lain Harus Waspada | UratMalu

  35. Honda pelopor superbike (80' cb750)

    Sekedar informasi yang membedakan mesin 1 silinder CBR250R dengan 1 silinder biasa adalah :

    Overbored engine (76 x 55 mm).
    “The engines in these bikes use technology developed in Formula One racing engines. Honda uses an over-square engine design, this means that the diameter of the cylinder is larger than the stroke of the piston. This allows for higher engine speeds and a reduction of reciprocating mass.”
    Kutipan tersebut saya ambil dari wikipedia dan bisa saya simpulkan bahwa mesin CBR masuk dalam kategori overbored engine yang artinya mengutamakan power. Jadi pendapat yang mengatakan bahwa CBR mesin trail dan torsi kayak badak agak sedikit menyimpang dari yang saya dengar dari honda. Pasalnya CBR adalah Overbored engine.
    Counterbalance shaft.
    Teknologi yang membuat cbr250r tidak memiliki getaran yang biasanya 1 silinder punya. CBR250 cenderung mempunyai getaran mesin mutiple cylinder.
    Didesain dari awal oleh honda untuk sportbike, bukan trail. mesin ini pertama kalinya di aplikasikan ke CBR250R, bukan ke CRF250L.
    mesin CBR250 kalau dibandingkan speknya dengan NSF250 hampir mirip. Jadi bisa disimpulkan CBR adalah hariannya NSF.
    5.Roller cam. Biasanya roller cam Honda suka dipakai oleh rider yamaha karna teknologi ini sangat berpengaruh akan kelincahan mesin. mereka bilang semenjak pakai roller cam, motor mereka torsinya terasa lebih nge-bak. lebih torqy

    itu yang bisa saya simpulkan dari mesin CBR. Meski ninja 2cyl. lebih bertenaga(power), CBR juga. Tetapi Honda mempunyai nilai + dalam segi ekonomis, ketangguhan(torque), kemudahan dalam berkendara(ease to ride) dan yang paling terkenal dari honda adalah daya Tahan jangka panjang (Long-term durability).

    klo boleh saya simpulkan karakter mesin mereka:
    1.Ninja250FI : puncak power(11rb+ rpm). halus sampai rpm atas(cirikhas kawasaki). agak loyo buat narik bawah. harus dijaga lebih dari 9000 rpm agar tidak disusul CBR. suara berharmoni nan indah

    2 CBR250R : power menengah keatas(7,5-9,5rb rpm). kapanpun butuh power selalu ada. naik-turun rpm sangat cepat ala superbike. getaran terasa banget di rpm <4rb. suara gahar spt harley saat rpm bawah, seperti ducati saat rpm atas.

  36. @ pelopor superbike….mmang betul daya tahan mesin honda CBR lebih baik daRI n250…aqu punya cbr 150 old ’04 aja untuk turing bisa meninggalkan ninja 4 tk & 2 tk…karena apa di rpm 11.000 lebih mesin CBR makin beringgas dan ngak ada matinya…

  37. bijak itu baik

    anda dosen .anda juga bnyak pengetahuan,.tapi sayng pemikiran anda dangkal dan hanya mentok di honda..

    sejujurny anda dosen yg bukn berpikiran bijak.sebaikny anda sering jalan jalan kluar negri .jadi tau motor mana yg d gemari para pecinta motor 250.

    saya akui anda cerdas bahkan sangat cerdas..tapi anda metutup sebelah mata ketika ngomongin balapan.karna bagi anda honda segala galanya..sebaikny anda buat artikel khusus tentang regulasi balap di indonesia.anda tau IRS:tolong jabarin tentang BERAT YG BEDA 21 KG antara CBR250 dan NINJA FI,tolong ANDA jabarin juga kenapa honda boikot ga ikut IRS kalo berat d kurangin..ANDA JUGA PASTI TAU PERATURAN BALAP DI MOTOR GP DAN WSBK.

    ARTikel anda hanya mencuci otak dngn brita yg sama dan berulang ulang

    • ya sudah, coba ente yang buat artikel yang lebih mencerahkan, nanti ane terbitin disini
      “Artikel Kiriman dari Komentator Bijak itu Baik ”
      Bisa bro ?

  38. Excellent blog here! Also your website loads up fast!
    What host are you using? Can I get your affiliate link to your
    host? I wish my website loaded up as quickly as yours lol

  39. Thanks in support of sharing such a fastidious idea, piece of writing is good, thats why i have read it entirely

  40. Secara pribadi, menaiki Ninja 2 cylinder gua lelh, krn mau top Speed jaln kagak memungkinkan, dan ada teman gue nekad nyoba top Speed di jlan raya mlah tews Krena aspaal berlobang. Akhirnya gue coba naik CBR250, al hasil, kenyamann dapet, tdk ingin adu kuat, hati tentram, Ninja era lama gua tinggalin. Gue percaya 1 halo, hond tetp yang Terbik jika ngomong sol motor pabrikan Jepang. Dan sekali lagi Honda tetap yang Terbaik bagi saya. Yang lain, tidak.

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting