Fenomena Dunia Blog Otomotif Indonesia, Indonesia Banget …


indomotoblog

 

Assalamu’alaikum wR wB,


Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Setelah selama ini (dah 3 th), ane menjadi silent reader, komemtator dan blogger ecek-ecek (nubie), ane mendapat sedikit gambaran tentang dunia maya di bidang otomotif, khususnya roda dua.  Hal ini baru terlihat jelas ketika memperhatikan perkembangan statistik pengunjung di semua artikel yang ane buat. Sebenernya hal ini juga mungkin terjadi di hampir semua blog kondang yang ane jadikan rujukan, dan bisa ane katakan inilah “Fenomena dunia blog otomotif indonesia”, yang bisa ane rumuskan berdasarkan statistik dari blog ane sendiri (mungkin ini tidak berlaku buat blog lainnya)

 

fenomena blog indonesia

 

1. Artikel yang membahas isu tentang produk yang “hot” karena sedang dihadapkan dengan “penantangnya” maka akan memiliki rating yg sangat tinggi (kotak merah). Misalnya New Vixion Lightning (NVL) karena saat ini kedatangan penantangnya yaitu CB150R, maka topik2 mengenai NVL maupun CB akan banyak menarik perhatian, begitu pula sebaliknya.

2. Artikel yang “Pengetahuan” mengenai produk yang membahas suatu bagian motor yang sering “dimodif”  seperti mesin dan knalpot juga cukup menarik perhatian, meskipun jauh lebih rendah jika dibandingkan artikel yg pertama.

3. Artikel yang berisi ilmu permotoran yg agak berat, tidak menarik, karena cuma bikin pusing aja. Mungkin sebagian besar pengunjung cuma ingin mendapatkan info singkat dan hiburan untuk mengisi waktu santai setelah penat seharian bekerja. Jelas, sudah pusing bekerja, nggak mau dong baca blog malah tambah pusing.

4. Artikel mengenai perbaikan perilaku, jiwa dan mental (muslim bilang “ngaji”) sangat tidak diminati

Meskipun demikian, ane akan coba terus berkarya buat ane sendiri dan juga bro2 semua, semoga blog ini memiliki manfaat yang sebesar2nya. Sehingga bro2 pengunjung semua tidak merasakan artikel disini sebagai artikel yang “basi” karena dimakan oleh waktu. Oleh karena itu ane mencoba, untuk tidak melulu membuat artikel jenis 1,…..

bahkan ane memperbanyak artikel jenis 2 dan 3. …

Dan kalo pas momennya, ane sangat bahagia bisa membuat artikel jenis 4 (ngaji), karena mungkin dengan artikel ngaji inilah yang akan menjadi artikel yang berisi ilmu yang “paling” bermanfaat bagi ane di alam barzah nanti.

Sebenernya sangat disayangkan, fenomena ini terjadi di Indonesia Raya Tercinta ini. Karena waktu ane berkunjung ke beberapa blog luar-negeri, isinya bener2 sangat mencerahkan. Ada yang menyumbangkan ilmu, ada yang memberikan perbaikan pernyataan komentator sebelumnya dll. Pokoknya setelah mbaca, kita bener2 mendapatkan wawasan yang semakin luas.

Kalo di Indonesia, artikel jenis 1, akan mengundang komentator2 yang suka rusuh, provokator, tukang menghina, tukang mesuh (mengumpat) dll, yang membuat blog menjadi tidak enak dibaca. Pengunjun jadi suka langsung memberikan komentar, setelah membaca artikel, tanpa mau melihat komentar2 diatasnya, ya karena banyak komentar rusuh tadi.

Coba kalo komentar2nya bagus, pengunjung justru bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang lebih banyak dari komentar2 tersebut ketimbang artikel-nya. Ya wajar, penulis artikel cuma punya otak satu, sedangkan komentator memiliki otak sebanyak pengunjungnya. Jadi ya jelaslah, seluruh komentator jauh lebih berilmu jika dibandingkan blogger-nya (penulis artikel).

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

31 responses to “Fenomena Dunia Blog Otomotif Indonesia, Indonesia Banget …

  1. pertamax tengah malam

  2. 20 poin lumayan lah
    🙂
    urutan 1, 2, 3, 4 pas bgt sma otak saya
    memang seperti itu lah org indonesia, suka’a yg rusuh2
    tp malu2in jg kalo rusuh’a ngajak temen/ cuma berani kroyokan

  3. absen podium.. mudah2-an blog motogokil jadi semakin bersinar

  4. selamat hari bloger…selamat berkarya

  5. Bukan main pakbro…
    Pakét ilmu yang selalu sampéan sampaikan dalam bentuk
    tulisan seringkali memang “tidak terbaca” inti tulisannya…
    Tapi sebenarnya sangat dalam bila dicerna

    Memang saat ini lebih sering dan disuka sesuatu yang instan
    Yang merepotkan jarang sekali disuka
    Proses seringkali terabaikan, tapi hasil akhir yang banyak dilihat
    Bahkan mungkin termasuk saya 🙁

    Maaf pakbro…
    Nyubi segalanya nih :((

  6. Sebenarnya mas-mas para komentator di blog tersebut kebanyakan berwawasan tinggi tentang otomotif. Akan tetapi sangat disayangkan kalau anugerah ilmu tersebut menjadi sia-sia ketika kita saling menghujat satu sama lain.

    Kita mungkin bisa menang dalam memaksakan pendapat dan kehendak kita kepada orang lain, akan tetapi sampai
    kapanpun kita TIDAK akan pernah bisa menang memaksakan kehendak terhadap hati nurani kita sendiri.
    Ingatlah teman, hari pertanggung jawaban itu Maha Benar dan Adil.

  7. Maaf, saya bukanlah orang baik yang merasa sok paling benar, akan tetapi saya hanyalah orang biasa yg terus berusaha membenarkan setiap kesalahan dalam hidup saya.

  8. ya seperti yang suda dijelaskan,
    artikel ini termasuk artikel “ngaji”, dan sangat sedikit yang tertarik

    mungkin dalam artiket hot issue bisa diselipin saran” yang bijak, dan dalam artiket seperti ini bisa diselipin artikel hot issue, biar seimbang

  9. otak orang” indonesia skrang kan dah di butakan yg berbau otomotif… Jdi klo artikel lain yg misalnya berbau agama ya jdi kurang dminati…. Yg di otaknya skarang cuman motor,2 cilinder,knalpot,fairing,pelek,injeksi dll dsb dst heheheheee…. Innalillah generasi indonesia

    • oleh karena itu kita yang punya kemampuan untuk melakukan perbaikan, jangan berputus asa, mari kita terus berkarya mencerdasakan masyarakat.
      teringat kata2 sesepuh di kantor,” Monyet aja bisa nari kalo diajarin dengan telaten”, pastinya manusia lebih bisa untuk belajar meningkatkan kemampuan diri.

  10. Ane suka sm blog antum mas, adem bnyk dpt pengetahuan, aneh jg dgn komentator yg pada sradak sruduk belain motor sampe keluar kata2 kotor, ga tau deh mgkn mereka hanya hobi bikin rusuh, blog d jadikan alat untuk rusuh2an bkn untuk cari informasi atau pencerahan. Maju terus mas

    • terimakasih atas dukungannya bro.
      mungkin saja komentator yg suka bikin rusuh tersebut lagi gundah atau stress, dan dgn komen2nya tsb stress-nya berkurang.
      do’ain aja semoga mereka segera insyaf, karena apa2 yg kita perbuat akan diminta pertanggungjawaban kelak di akhirat

  11. s7 masbro…. Sperti apa yg masbro tulis dsini kan mencerdaskan dan memberi pencerahan… smoga aja bagi mreka yg suka mendiskriminasi sgera di bukakan pintu hatinya… moga pola pikirnya akan lebih positif kedepan… Jgan sampe mudah di adu domba oleh pihak lain…

  12. Maju terus dan terus menulis PakBro… Palingan ane cuman bisa contribute dengan sedikit comment ataupun pertanyaan supaya dapet pahala silaturahim..

    Saya tidak punya background di permesinan tapi ane ngerasa bisa belajar di blog ini.. Thanks banget..

  13. mantab gan
    ane dpt bbrpa ilmu tntg otomotif dri blog njenengan
    dan yg trpntg adalah komentar2 yg mencerdaskan bukan saling mencaci
    nubie mau tanya gan, agak oot ya
    knpa pabrikan terkenal tidak melakukan tindakan hukum terhadap plagiat a.k.a biasanya motor cina, ex cbr old dtiru sma minerva,
    keep posting

  14. 2-3…seng gelem moco yo arek seng paham mesin brooo…salam biker Sby 😀

  15. lagi buka2 artikel ni lapak asli adem..kayaknya ga bakal ada jin seruntulan dimariH ..gud mas bro..

  16. Udah pada lihat ini gan?
    http://mobilterbaru.info/
    Seru … mobil yang jarang diulas disini ada .

  17. Thanks Gan sama Infonya sangat menarik, lihat juga juga Gan di situs http://autofresh.net/ banyak berita dan tips seputar otomotif yang menarik…

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting