Sisi lain dari engine sepeda motor, Combustion Engine


Bingung juga sebagai pemula dalam hal ngeblog, mau nulis apa?

Sementara para Blogger senior dah banyak mengulas mengenai dunia permotoran, akhirnya…………. setelah merasakan sulitnya mencari bahan bacaan mengenai daleman yang lebih dalem dari mesin/engine sepeda motor, combustion engine, ane al-fakir yang awam ini mencoba berbagi kepada brother semua mengenai apa yang ane pernah dapatkan ketika ane berusaha meneliti mengenai “Aplikasi CDI Terprogram dalam Meningkatkan Kinerja Motor Bakar  Empat Tak”. Meskipun latarbelakang ane elektro, hal ini tidak menyurutkan semangat ane untuk mempelajari perihal permotoran, mulai dari engine sampai implikasinya dalam kehidupan khususnya masayarakat Indonesia. Karena ane sendiri sudah menjadi biker sejak 1993 jadi ane merasa dunia permotoran merupakan bagian dari sejarah kehidupan ane.

Beberapa hal yang sempat ane pelajari yang mungkin bermanfaat bagi bro sekalian adalah :


1. Kinerja mesin bakar dipengaruhi banyak hal, misalnya : kelembaban udara, suhu udara, debit udara yang masuk sebagai fungsi rpm, jenis bahan bakar, timing pengapian dll.

2. Dalam kondisi mesin standar, konstruksi mesin tetap, kita bisa mengetahui kinerja mesin dengan menggunakan perhitungan matematis, untuk praktisnya ane menggunakan matlab.

Dengan mengubah timing pengapian kinerja mesin berubah dan bisa langsung dilihat. Dengan menggnati bahan bakar juga demikian, dsb.

3. Untuk meningkatkan kinerja mesin standar, bahasa kerennya “korek harian”, bisa dawali dengan analisis yang tepat supaya tidak mubazir. Tahap analisisnya :

  • a. Optimasi CFM, debit udara disertai kehomogenan campuran udara bensin, terpaksa karbu, camshaft harus ikut dimodif.
  • b. Optimasi timing pengapian untuk mendapatkan peak pressure position di sekitar 16 derajad ATDC, untuk mendapatkan ini kita bisa menggunakan CDI programmable.

Grafik tekanan ruang bakar

Advertisements

One response to “Sisi lain dari engine sepeda motor, Combustion Engine

  1. thank you for sharing the article was very interesting to read and understand, I like this

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting